- Advertisement -

Solusi Lupa EFIN, Tidak Perlu ke Kantor Pajak Lagi

EFIN merupakan nomor identitas yan penting bagi para wajib pajak agar dapat melakukan transaksi elektronik dengan Direktorat Jenderal Pajak (DJP). Lantas bagaimana bila yang bersangkutan lupa EFIN?

Lupa EFIN menjadi kendala bagi wajib pajak (WP) melapor SPT online. Bagaimana solusinya jika mau lapor SPT online tapi lupa EFIN?

4 Langkah yang Bisa Dilakukan Ketika Lupa EFIN

1. Telepon nomor resmi KPP

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Wajib pajak dapat menyampaikan permohonan layanan lupa EFIN melalui nomor telepon resmi KPP. Nomor telepon resmi KPP tempat Anda terdaftar dapat dilihat pada link www.pajak.go.id/unit-kerja. Yang perlu diperhatikan, satu panggilan telepon/WhatsApp call dari wajib pajak hanya untuk satu permohonan layanan lupa EFIN.

Hal ini dimaksudkan untuk mencegah penyalahgunaan kode EFIN wajib pajak. Untuk memastikan penelepon tersebut adalah wajib pajak yang bersangkutan, petugas akan melakukan verifikasi dan membutuhkan data Proof of Record Ownership (PORO).

PORO adalah proses konfirmasi data wajib pajak untuk memastikan bahwa yang menelepon atau melakukan permohonan melalui surel, adalah wajib pajak/pengurus badan yang bersangkutan. Hal ini dilakukan untuk menjaga kerahasiaan data wajib pajak dan mencegah penyalahgunaan data wajib pajak.

BACA JUGA:  Jadwal Pencairan Gaji 13 dan THR PNS Tahun 2023

2. Mengirim permohonan lupa EFIN ke surel resmi KPP

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Wajib pajak dapat menyampaikan permohonan lupa EFIN melalui surel resmi KPP. Satu surel wajib pajak hanya dapat digunakan untuk satu permohonan layanan lupa EFIN. Permohonan wajib pajak lewat surel dilengkapi PORO.

Persyaratan yang harus dikirimkan saat lupa EFIN yaitu:

  • Scan formulir permohonan EFIN, centang pada jenis permohonan cetak ulang.
  • Formulirnya dapat diunduh di www.pajak.go.id/id/formulir-permohonan-EFIN. Pastikan nomor telepon dan surel yang ditulis di formulir masih aktif.
  • Foto identitas (KTP bagi WNI, KITAP/KITAS bagi WNA)
  • Foto Surat Keterangan Terdaftar (SKT) atau NPWP
  • Swafoto/selfie dengan memegang KTP dan kartu NPWP

Petugas melakukan pengecekan kesesuaian data yang diberikan oleh wajib pajak dengan database DJP. Apabila semua data sesuai, petugas akan mengirim pemberitahuan EFIN dalam bentuk PDF melalui surel.

3. Menghubungi agen Kring Pajak

Layanan konsultasi langsung melalui telepon Kring Pajak 1500200 untuk sementara waktu dialihkan. Wajib pajak dapat mencoba mention ke akun twitter @kring_pajak, surel ke informasi@pajak.go.id untuk informasi pajak atau surel pengaduan@pajak.go.id untuk pengaduan, live chat di situs pajak www.pajak.go.id saat jam kerja.

BACA JUGA:  Jadwal Pencairan Gaji 13 dan THR PNS Tahun 2023

4. Kirim pesan melalui fitur direct message (DM) ke akun media sosial KPP tempat wajib pajak terdaftar

DJP mengelola akun media sosialnya dengan sangat bagus. Media sosial DJP digunakan untuk menyebarkan informasi perpajakan di era digital seperti saat ini. Wajib pajak dapat menanyakan informasi terkait cara permohonan layanan lupa EFIN melalui akun media sosial KPP terdaftar.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Bisa melalui Twitter, Facebook, atau Instagram resmi KPP. Format nama akun media sosial pajak sudah terseragam, nama akunnya @pajak (kemudian diikuti nama daerah), contohnya @pajaktemanggung untuk akun media sosial resmi KPP Pratama Temanggung atau @pajakwonosobo untuk akun resmi KP2KP Wonosobo.

Setelah mengirimkan DM ke akun media sosial KPP terdaftar, memang wajib pajak tidak langsung diberitahu kode EFIN Anda, mengingat adanya PORO tadi. Nanti setelah DM di media sosial KPP, wajib pajak akan mendapatkan informasi mengenai penjelasan pelayanan yang dibutuhkan, persyaratannya apa saja, dan apa yang harus dilakukan.

Bagikan

BACA JUGA:

30 Daftar Gaji PNS DKI Jakarta 2022, Mengapa Lebih Tinggi dari Daerah Lain?

Gaji PNS DKI Jakarta 2022 memang yang tertinggi dibandingkan dengan gaji PNS di pemerintah daerah lain. Ada berbagai tunjangan yang membuat PNS DKI Jakarta...

60+ Daftar Jenis Aglonema beserta Harganya, Mulai Ratusan hingga Jutaan Rupiah

Daftar Jenis Aglonema beserta Harganya, Mulai Ratusan hingga Jutaan Rupiah. Tanaman aglonema hingga saat ini masih cukup populer di kalangan pecinta tanaman hias. Motif...

PPN 11 Persen Mulai 1 April 2022, Berikut Daftar Barang dan Jasa yang Dipungut PPN

Tarif pajak pertambahan nilai (PPN) bakal naik dari 10% menjadi 11% mulai besok, Jumat 1 April 2022. Kenaikan tarif PPN menjadi 11% akan meningkatkan...

3 Penyakit Gagal Ginjal yang Dijamin oleh BPJS Kesehatan, Apa saja?

Penyakit gagal ginjal merupakan kategori penyakit katastropik yaitu membutuhkan perawatan medis cukup lama serta berbiaya tinggi. Penyakit katastropik termasuk gagal ginjal menjadi salah satu penyakit...

Langkah Bangun Brand Online Agar Mudah Diingat Konsumen

Tantangan besar yang kerap dihadapi oleh para entrepreneur ketika memulai perencanaan bisnis online mereka adalah pada rancangan dan pengembangan brand. Umumnya, yang menjadi pertanyaan...

POPULER

Pendaftaran Program IISMA 2023 Segera Dibuka Februari

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) kembali menyelenggarakan Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA), program beasiswa yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa Indonesia untuk mengikuti...