Syarat Beasiswa LPDP 2021 Tahap Kedua, Cek Jadwalnya di www.lpdp.kemenkeu.go.id

Memulai perkuliahan paling cepat Januari 2022 (tujuan Dalam Negeri) dan Februari 2022 (tujuan Luar Negeri).

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) menyelenggarakan program beasiswa magister/doktor untuk putra-putri terbaik Indonesia.

Selain itu, program beasiswa LPDP mendukung program beasiswa lainnya dari Kementerian/Lembaga terkait. Tahap pelaksanaan program beasiswa ini telah memasuki tahap 2.

Jadwal seleksi beasiswa pendidikan Indonesia dibuka tahap 1 dan tahap 2 untuk tujuan Dalam Negeri dan Luar Negeri. Baik tahap 1 maupun 2 diperuntukkan bagi pendaftar yang sudah ataupun belum memiliki LoA unconditional.

Dikutip dari www.lpdp.kemenkeu.go.id, LoA Unconditional adalah surat resmi dari perguruan tinggi (official admission) yang menyatakan bahwa seseorang telah diterima sebagai mahasiswa di perguruan tinggi tersebut dengan tanpa persyaratan.

Dalam hal ini kecuali persyaratan sponsor pendanaan, dokumen fisik ijazah dan transkrip nilai jenjang studi sebelumnya, dan/atau persyaratan tambahan yang tidak berisiko mengubah status diterimanya orang tersebut sebagai mahasiswa pada program studi yang dituju).

LoA Unconditional memuat nama lengkap, jenjang studi, program studi, serta durasi studi, lama studi, permulaan studi dan/atau akhir studi.

Apabila pendaftar mengunggah LoA Unconditional, maka harus memenuhi kriteria sebagai berikut:

  1. Perguruan Tinggi dan Program Studi harus sesuai dengan salah satu pilihan pada aplikasi pendaftaran.
  2. Intake studi harus memenuhi ketentuan yang ditetapkan LPDP terkait perkuliahan paling cepat yang diizinkan.
  3. Jika intake perkuliahan yang tercantum pada LoA Unconditional yang diunggah tidak sesuai ketentuan, maka wajib melampirkan Surat Defer dari Perguruan Tinggi yang menerbitkan LoA.
  4. Jika pendaftar mengunggah LoA Unconditional yang tidak sesuai dengan ketentuan LPDP, maka LoA tidak dianggap atau diabaikan (status menjadi ‘belum memiliki LoA’).
Ilustrasi situs LPDP.
Ilustrasi situs LPDP. (beasiswalpdp.kemenkeu.go.id)

 

Adapun tahap seleksi 1 dan 2 sebagai berikut:

Seleksi Beasiswa tahap 1

  1. Pendaftar yang melampirkan LoA Unconditional dapat memulai perkuliahan paling cepat Agustus 2021 (tujuan Dalam Negeri) dan September 2021 (tujuan Luar Negeri);
  2. Pendaftar yang tidak melampirkan LoA Unconditional memulai perkuliahan paling cepat Januari 2022.

Seleksi Beasiswa tahap 2

Memulai perkuliahan paling cepat Januari 2022 (tujuan Dalam Negeri) dan Februari 2022 (tujuan Luar Negeri).

Setelah adanya pengumuman hasil seleksi administrasi pada 24 September 2021 lalu, kini program beasiswa memasuki tahap seleksi substansi akademik dan kebangsaan. Tahap seleksi substansi akademik dan kebangsaan dilaksanakan pada 11-15 Oktober 2021.

Kemudian hasil seleksi substansi akademik dan kebangsaan akan diumumkan pada 19 Oktober 2021. Setelah pengumuman, para calon penerima beasiswa akan mengikuti seleksi wawancara pada 25 Oktober hingga 26 November 2021.

Hasil seleksi wawancara kemudian akan diumumkan pada 3 Desember 2021.

- Advertisement -

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- Advertisment -

TERKINI