FAJARPENDIDIKAN.co.id-Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim memahami jika pembelajaran daring belum optimal dan masih ditemui banyak kendala. Namun diharapkan guru dan siswa cepat beradaptasi.

“Jadi semua harus belajar dengan cepat adaptasi belajar daring ini dari rumah,” ujar Nadiem dalam video conference, di Jakarta, Selasa (24/3/2020).

Namun dia menyebut, pembelajaran daring bukan berarti sepenuhnya dilakukan secara digital. Guru diminta kreatif dalam menerapkan pembelajaran. 

Hal ini tentunya juga dalam rangka mengantisipasi kendala-kendala belajar daring. Nadiem memberi contoh, dengan melakukan pengiriman tugas lewat kurir.

“Proyek bisa diantar untuk diambil dan dijemput dengan kurir. Atau bisa bikin esai lalu ke warnet untuk ngirim,” lanjut Nadiem.

Berbagai upaya harus dicoba pada kondisi yang mendesak dan darurat ini. Pihak sekolah juga diupayakan saling berbagi tips dalam situasi negara yang belum membaik dari virus korona ini.

Baca Juga :   Karena Corona, UN Dihapus Lebih Cepat Setahun

“Sebab kita belum tahu kapan kondisi ini berakhir. Kami tentunya terus dalam perencanaan menghadapi skenario apapun termasuk yang terburuk,” ungkapnya. (*)