Tanda-tanda Mendekati Kematian Jika Ini Terjadi, Kata Gus Baha

FAJAR Pendidikan

Kematian merupakan sesuatu peristiwa keluarnya ruh dari jasad manusia. Dalam Islam, kematian menjadi awal perpindahan dari alam dunia ke alam barzah, roh manusia yang wafat akan tinggal di alam barzah hingga kebangkitan manusia dari kuburnya saat kiamat kelak. Kematian seseorang tinggal menghitung hari jika tanda ini muncul kata Gus Baha.

KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus baha menyarankan agar cepat bertobat jika alami tanda ini. Itu dikatakan Gus Baha dalam tausiyahnya, di mana jika tanda ini muncul maka kematian tinggal menghitung hari atau semakin dekat.

Kata Gus Baha, sebelum terlambat harus segera bertobat, sebab kematian makin dekat jika tanda ini muncul. Apa tanda kematian makin dekat yang dimaksud Gus Baha tersebut?

Gus Baha menyampaikan hal itu dalam salah satu tausiyahnya yang tayang di kanal YouTube NGAJI OFFICIAL “Inilah tanda kalau orang mau meninggal dunia” diunggah 25 Juni 2021 lalu.

BACA JUGA :   Bir 0 Persen Alkohol Halal? Ini Penjelasan MUI

Menurut Gus Baha, tanda itu akan muncul di bagian belakang kaki tepatnya di betis. “Orang yang meninggal itu kejang-kejang betisnya,” kata Gus Baha.

Berbeda dengan kejang-kejang biasa, yang muncul pada seseorang jelang kematian sangatlah identik. Sakit yang dirasakan pada betis ini pun sangat berbeda dari sakit biasa. “Kejang-kejangnya itu antara betis ditempel-tempelkan ke betis. Rata-rata betis ditempelkan, digesek-gesekkan,” kata Gus Baha.

Seseorang yang merasakan tanda seperti itu, kata Gus Baha, sudah dipastikan akan meninggal atau mengalami kematian. “Jika sudah begitu maka alamat akan meninggal,” kata Gus Baha.

BACA JUGA :   Tata Cara dan Niat Puasa Arafah yang Dilaksanakan 9 Dzulhijjah

Lanjut Gus Baha, banyak ulama memaknai jika kejang-kejang pada betis itu bukanlah terjadi pada fisik melainkan pada nyawa atau roh. “Ulama memaknainya bukan fisik,” kata Gus Baha.

Jika sudah waktunya, maka setiap manusia akan menemui kematian. Proses kematian atau meninggal dunia setiap orang berbeda-beda, sesuai garis takdir yang Allah SWT berikan.

Hanya saja, kapan waktu untuk seseorang menemui kematian, tidak ada yang tahu, hanya Allah SWT. Namun demikian, kata Gus Baha, jika seseorang makin dekat dengan kematian maka akan muncul salah satu tanda tersebut.

Pesan Gus Baha, segera bertobat kepada Allah SWT sebelum kematian menjemput. Demikianlah tanda di mana kematian tinggal menghitung hari kata Gus Baha

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI