Sunday, July 5, 2020

Terima Bantuan 4.000 Alat Rapid Test, Unhas Akan Periksa Seluruh Dosen

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Universitas Hasanuddin (Unhas) kembali menerima ribuan alat kesehatan penanganan Covid-19 dari Gugus Tugas Provinsi Sulawesi Selatan.

Penyerahan alat kesehatan penanganan Covid-19 tersebut diserahkan langsung oleh Gubernur Sulsel (Nurdin Abdullah) kepada Rektor Unhas (Prof Dr Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA) di rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Makassar, Rabu (24/06).

Alat kesehatan tersebut  berupa masker non-medis 3.000 buah, APD UEA 2.500 buah, masker N95 100, Googless 1.000 buah dan alat rapid test 4.000 unit.

Rektor Unhas, Prof Dr Dwia Aries Tina Pulubuhu menyampaikan terima kasih atas komitmen bersama Pemerintah Provinsi untuk melakukan proses percepatan penurunan angka penularan Covid-19 di Makassar.

“Bantuan ini akan kami manfaatkan dengan baik. Terutama 4.000 alat rapid test tersebut akan kami gunakan untuk kembali melakukan tes kepada para dosen di Unhas. Ini menjadi wujud sinergi yang sudah kita bangun bersama pemerintah. Kami harap, dengan kolaborasi tersebut membantu upaya pemerintah dalam menekan laju penyebaran Covid-19,” jelas Prof Dwia.

Sebelumnya Unhas telah melakukan tes massal kepada para pegawai dan tenaga kependidikan. Unhas berencana untuk melanjutkan tes kepada para dosen. Selain sebagai upaya pencegahan, tes juga sebagai langkah edukasi kepada masyarakat luas yang menolak rapid test.

“Kita ingin memberikan contoh ke masyarakat bahwa rapid bukan hal yang harus ditolak. Positif itu bukan aib, justru kita menjadi pahlawan karena telah melindungi orang-orang disekitar kita. Makanya kemarin kita lakukan rapid kepada 2.000 pegawai secara massif, kita ingin menunjukkan bahwa ayo kita sterilkan. Kalau kita mau memutuskan mata rantai, kita bersihkan institusi terdekat atau lingkungan sekitar kita,” sambung Prof Dwia.

Lebih lanjut, menurut Prof Dwia rapid test untuk para dosen di Unhas menjadi bentuk kesiapan Unhas menerima calon mahasiswa baru.

Apalagi dalam waktu dekat akan diselenggarakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang mana para panitia yang terlibat didominasi oleh para dosen.

“Momen baik juga, rencananya 5 -13 Juli akan berlangsung UTBK. Panitianya para dosen, kasihan jika para peserta yang dalam keadaan sehat tersebut harus tertular jika diantara panitia ada yang terindikasi positif. Jika terdeteksi dini kita bisa melakukan upaya pencegahan,” ungkap Prof Dwia.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah menyampaikan bahwa bantuan tersebut menjadi langkah strategis yang diupayakan oleh pemerintah Provinsi guna menekan laju penyebaran Covid-19.

Sampai saat ini, Pemerintah telah melakukan beberapa upaya strategis sebagai upaya dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19, salah satunya dengan melakukan berbagai kerja sama dengan instansi maupun lembaga kemasyarakatan guna memberikan edukasi kepada masyarakat terkait penanganan Covid-19.(*/FP)

- Advertisement -

Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

Seto Mulyadi

Pemerhati Anak
MAJALAH FAJAR PENDIDIKAN

TERKINI

Dituding Sebar Hoaks, Humas UIN Akan Laporkan Mahasiswa

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Humas UIN Alauddin Makassar membantah telah menyebarkan hoaks dalam rilis resmi yang beredar terkait pertemuan pimpinan dan lembaga kemahasiswaan, Rabu...

Di Gladak KRI Diponegoro-365, Danguspurla Koarmada II Serahkan Alkes Mabes TNI Kepada Danlantamal VI

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Komandan Gugus Tempur Laut (Danguspurla) Koarmada II Laksamana Pertama TNI Rahmat Eko Rahardjo, M.Tr. (Han), CHRMP., menyerahkan Alat Kesehatan...

Galakkan Operasi Aman Nusa, Yon C Pelopor Kelilingi Pusat Perbelanjaan

Bone, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Mengenakan pakaian seragam lengkap dengan senjata, regu Patroli Aman Nusa Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel, tampak menyambangi dan...

OPINI : Tidak Sense of Crisis, Cacat Bawaan Pemerintah Kapitalistik

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta para menteri membuat kebijakan luar biasa (extraordinary) untuk menangani krisis akibat pandemi Covid-19. Jika para...

Pos TNI AL Torobulu Amankan Puluhan Gas Elpiji 3 Kg Bersubsidi Di Pelabuhan Penyeberangan

Konawe Selatan, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Pos TNI AL (Posal) Torobulu jajaran Lanal Kendari berhasil amankan puluhan gas elpiji 3 Kg bersubsidi di Pelabuhan...

REKOMENDASI