Tim Pengabdian FKM Unhas Gelar Penyuluhan dan Skrining Penyakit Kardiovaskular di Makassar

Makassar – Tim Pengabdian Masyarakat FKM Unhas sukses menggelar Pengabdian Masyarakat di Kelurahan Tamalanrea Indah sebagai rangkaian kegiatan Program Hibah Internal LP2M Universitas Hasanuddin.

Tim pengabdian yang terdiri dari tiga dosen dan enam mahasiswa menggelar kegiatan penyuluhan dan skrining penyakit kardiovaskular pada wanita pra-lansia di Kota Makassar. Tim ini dipimpin oleh Dr. Ida Leida Maria, S.KM., M.KM., MSc.PH, dengan anggota Dr. Ridwan Mochtar Thaha, M.Sc, dan Dr. Wahiduddin, SKM., M.Kes.

Tim Pengabdian FKM Unhas Gelar Penyuluhan dan Skrining Penyakit Kardiovaskular di Makassar
Tim Pengabdian FKM Unhas Gelar Penyuluhan dan Skrining Penyakit Kardiovaskular di Makassar

Kegiatan pengabdian masyarakat ini meliputi penyuluhan tentang pencegahan penyakit kardiovaskular, pemeriksaan tekanan darah, gula darah, kolesterol, dan asam urat.

- Iklan -
Baca Juga:  Pembukaan dan Technical Meeting II PMP-OMK XXVII: LPM Penalaran UNM Dorong Generasi Inisiatif dan Kolaboratif

Dr. Ida Leida Maria, S.KM., M.KM., M.Sc PH, menjelaskan bahwa penyakit kardiovaskular merupakan salah satu penyebab kematian terbesar di dunia. Menurut data World Health Organization (WHO) pada tahun 2019, dari 56,5 juta kematian di seluruh dunia, 17,9 juta (32%) disebabkan oleh penyakit kardiovaskular (WHO, 2021). Di Indonesia, penyakit jantung koroner (PJK) memiliki prevalensi tertinggi dan merupakan penyebab morbiditas dan mortalitas yang signifikan.

“Upaya penekanan kasus penyakit kardiovaskular dapat dilakukan melalui skrining dengan penilaian faktor risiko, terutama pada wanita pra-lansia,” ujar Dr. Ida.

Baca Juga:  Gandeng Angkatan 2021, Prodi PBI UINAM Sukses Gelar Seminar Nasional Kedua

Kegiatan ini dimulai dengan sambutan dari sekretaris lurah Tamalanrea yang sekaligus membuka acara pengabdian. Selanjutnya, ketua tim pengabdian menyampaikan penyuluhan mengenai upaya preventif penyakit kardiovaskular pada wanita pra-lansia, diikuti dengan pemeriksaan kesehatan.

- Iklan -
FKM Unhas
FKM Unhas

Acara ditutup dengan sesi foto bersama dan pemberian plakat sebagai tanda terima kasih kepada Kelurahan Tamalanrea yang telah menjadi tuan rumah kegiatan pengabdian masyarakat ini. Selain itu, para peserta pengabdian menerima souvenir sebagai bentuk apresiasi.

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU