Tim Pengabdian Masyarakat FKM Unhas, Gelar Pemberdayaan Keluarga dalam Pendampingan Penanganan Ulkus Diabetes Melitus Type 2

Tim Pengabdian Masyarakat Program Kemitraan Masyarakat (PPMU-PK-M) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (Unhas) menggelar Pemberdayaan keluarga dalam pendampingan penanganan ulkus diabetes melitus type 2 di Kelurahan Labuang Baji Kota Makassar, Sabtu, 11 Juni 2023.

Tim pengabdian yang terdiri atas 5 orang yakni Dr. Ida Leida Maria, S.KM., M.KM., M. Sc. PH., Dr. Wahiduddin, S.KM., M.Kes., Dr. Ridwan Mochtar Thaha, M.Sc., Satriani, S.KM., M.KM., dan Maghfirah Handayani, S.KM., M,KM., melaksanakan kegiatan ini dengan metode interaktif bersama masyarakat Kelurahan Labuang Baji di Kantor Kelurahan Labuang Baji Kota Makassar.

Dr. Ida Leida Maria, S.KM., M.KM., M.Sc PH ย selaku Ketua Tim menjelaskan pola penyakit menahun yang disebabkan oleh penyakit degeneratif, diantaranya diabetes melitus di Indonesia mengalami pergeseran yang cukup meningkat dengan tajam.ย  Di Indonesia pada tahun 2030 diperkirakan prevalensi penyakit Diabetes Meliitus mencapai 21,3 juta orang. Tanpa upaya pencegahan diabetes melitus yang signifikan, maka angka morbiditas dan mortalitas serta permintaan pelayanan kesehatan akan terus meningkat. Oleh karena itu diperlukan upaya pencegahan dan pengobatan yang tepat dalam penanganan penyakit Diabetes Melitus.

- Iklan -
Baca Juga:  Pekan Ilmiah dan Olahraga HMJ-EI Gelar Lomba Olahraga Tingkat Fakultas seFEBI

Berdasarkan berbagai hasil penelitian, menyebutkan bahwa banyaknya penderita Diabetes Melitus dan memiliki berbagai permasalahan. Utamanya banyaknya komplikasi dan luka diabetes yang sulit sembuh.

“Berdasarkan hal tersebut, kami melakukan sosialisasi dan penyuluhan pencegahan DM dan Pendampingan Penanganan Ulkus DM. Dengan harapan metode yang diberikan dapat bermanfaat dan berpengaruh baik terhadap kesadaran dan perilaku terhadap pencegahan dan penanganan DM,” kata Dr. Ida Leida.

Baca Juga:  HMJ-EI UIN Alauddin Makassar Bersemangat Tutup Pekan Ilmiah dan Olahraga

Dirinya melanjutkan, bahwa kegiatan ini juga sekaligus memberikan pemeriksaan tekanan darah dan Gula Darah Sementara agar masyarakat lebih mengetahui status kesehatannya.

- Iklan -

Kegiatan diawali dengan pemberian buku saku pendampingan penanganan Diabetes kepada peserta dan edukasi oleh ketua tim, Dr. Ida Leida Maria, kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan, dan kegiatan diakhiri dengan pemberian bingkisan kepada masyarakat yang telah mengikuti kegiatan ini.(*)

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU