Tips Bagi Siswa untuk Mengelola Kelas Virtual

FAJAR Pendidikan

Pembelajaran jarak jauh bukanlah sesuatu yang baru, namun sudah menjadi hal yang wajar akhir-akhir ini. Ada berbagai alasan di balik fenomena ini, tetapi yang utama adalah meletusnya pandemi dalam beberapa tahun terakhir.

Kejadian ini mengakibatkan siswa mengikuti beberapa kelas virtual per hari. Banyak siswa telah menerima ini sebagai kenyataan baru, namun, beberapa merasa sulit untuk berpartisipasi dalam beberapa kelas virtual setiap hari.

Siswa-siswa ini menemukan diri mereka tidak dapat mengikuti kecepatan dan menemukan lingkungan kelas virtual tidak menarik dan alasan untuk membatasi moral mereka. Siswa tersebut perlu mempelajari metode yang efektif untuk mengelola kelas virtual. Kami telah memutuskan untuk membantu siswa yang merasa kesulitan untuk mengelola kelas virtual dengan menyusun beberapa tips yang efektif.

Bekerja dengan tips ini dapat membantu Anda tampil lebih baik di lingkungan belajar virtual. Rincian lebih lanjut diberikan di bawah ini:

Gunakan Kalender Tingkat Lanjut untuk Mengikuti Kecepatan

Sebagai siswa yang harus berpartisipasi dalam pembelajaran online melalui kelas virtual, penting untuk melacak waktu dan mengatur waktu untuk memastikan partisipasi yang tepat waktu di kelas tersebut. Instruktur dapat mengatur jadwal kelas virtual melalui aplikasi rapat online seperti Zoom.

Mereka umumnya memberi tahu siswa tentang jadwal melalui email, setelah Anda menerima email, Anda dapat langsung menjadwalkan acara dengan menggunakan kalender pintar seperti yang ditawarkan oleh Google dan Microsoft. Kalender pintar ini dapat memberi tahu Anda di seluruh perangkat, sehingga membatasi kemungkinan kelas yang terlewat.

Serahkan Tugas Anda Tepat Waktu

Dengan munculnya lingkungan belajar virtual, cara menilai siswa juga telah berubah secara signifikan. Anda tidak akan menemukan instruktur yang mengatur tes online atau secara langsung untuk diambil siswa terlalu sering. Instruktur biasanya lebih suka menilai siswa berdasarkan tugas yang mereka berikan dari waktu ke waktu.

BACA JUGA :   SMP 1 Amali Raih Juara Umum Perkemahan Jambore PKS

Sebagai seorang siswa, Anda harus bekerja keras saat mengerjakan tugas Anda dan menghasilkan penelitian dan pengetahuan yang diperlukan untuk mengamankan poin nilai yang baik. Selain itu, Anda juga harus mengirimkan tugas tepat waktu melalui saluran yang tepat.

Beberapa siswa mungkin menemukan masalah saat mengirimkan tugas mereka dalam bentuk file PDF melalui email. Cara terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah menggunakan alat kompres PDF yang dapat perkecil ukuran PDF hingga beberapa ratus KB.

Jika Anda mengalami masalah dalam menemukan kompresor PDF online gratis untuk tujuan ini, maka kami memiliki tautan untuk membantu Anda dalam hal ini;
https://www.duplichecker.com/id/compress-pdf.php. Cukup, akses alat melalui tautan ini dan kompres PDF file dengan mudah.

Hindari Gangguan Saat Mengambil Kelas Virtual

Cara paling efektif untuk tetap terlibat dan penuh perhatian dalam lingkungan belajar virtual adalah dengan menghindari semua gangguan. Anda perlu bertindak seperti orang-orang yang bekerja dari rumah.

Pastikan Anda memiliki ruang pribadi sendiri di mana tidak ada jalan orang lain dan kebisingan yang tidak perlu. Ini akan membantu Anda menciptakan lingkungan belajar yang damai untuk kelas virtual tanpa gangguan. Selain itu, jauhkan ponsel cerdas Anda saat menghadiri kelas virtual hingga sangat penting untuk menggunakannya selama lingkungan belajar virtual.

Gunakan Notebook dan Pena untuk Pembelajaran yang Efektif

Meskipun, instruktur memberikan transkrip seluruh sesi di akhir kelas virtual, namun, jika Anda ingin menghafal takeaways kunci secara efektif untuk pembelajaran yang mudah, maka catat poin-poin penting di buku catatan Anda selama sesi.

BACA JUGA :   Pelaksanaan BIAN di SD Negeri Parinring

Latihan ini akan membantu Anda secara efektif ketika Anda akan mulai mempersiapkan penilaian akhir di akhir semester. Selain itu, poin-poin yang akan Anda tulis di buku catatan selama sesi akan berguna ketika Anda akan mengerjakan tugas.

Jauhkan Buku dan Penyorot yang Relevan di Dekat Anda Anda perlu menyimpan buku-buku relevan yang disarankan oleh instruktur dan stabilo di tangan Anda saat menghadiri kelas virtual. Latihan ini memungkinkan Anda untuk menyoroti poin-poin penting dalam buku Anda dengan mudah dan memudahkan Anda untuk melewati poin-poin itu selama persiapan ujian.

Selain itu, banyak instruktur mengajukan pertanyaan dari sesi sebelumnya dari waktu ke waktu untuk melacak kemajuan belajar siswa mereka. Jika Anda telah menyoroti poin-poin penting dalam buku Anda, Anda dapat dengan mudah mengingat poin-poin tersebut dan memberikan jawaban cepat atas pertanyaan yang diajukan oleh instruktur selama sesi pembelajaran virtual.

Tetap Terhubung dengan Instruktur

Ada saat-saat ketika Anda mungkin menghadapi kesulitan dalam memahami konsep tertentu, tetapi Anda akan enggan untuk mengganggu alur pembelajaran yang sedang berlangsung dan memahami protokol lingkungan belajar. Sesi tatap muka memungkinkan Anda untuk meminta guru Anda tentang panduan mengenai topik tertentu. Namun, itu menantang bagi siswa untuk melakukan itu di lingkungan belajar virtual.

Perlu dicatat bahwa guru selalu tersedia untuk membimbing siswa mereka dan membantu mereka, terlepas dari situasinya. Jika Anda kesulitan memahami suatu konsep, Anda dapat menghubungi guru Anda melalui email atau saluran lainnya. Guru pasti akan menanggapi Anda dengan menjadwalkan sesi pribadi untuk durasi singkat atau mengirim rekaman video.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI