Jumat, Februari 26, 2021

Tips Mencuci Masker Kain ala Reisa Broto Asmoro

Jakarta, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Pemerintah telah mengimbau masyarakat untuk mengenakan masker kain sebagai upaya pencegahan corona Covid-19 saat bepergian ke luar rumah. Hal ini sejalan pula dengan rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Centers for Disease Control and Prevention (CDC).

Selain soal pemakaian, penting pula mengetahui perawatan masker kain seperti cara mencucinya. dr. Reisa Broto Asmoro memberikan tutorial pencucian masker yang baik dan benar melalui IG TV di akun Instagram pribadinya.

“Walaupun masker kain tampak sederhana, namun cara mencucinya tidak boleh asal-asalan agar efektvitas dan kebersihannya terjaga,” kata Reisa dalam video yang diunggah pada Minggu, 12 April 2020.

Yang diperlukan untuk mencuci masker kain adalah detergen atau penghilang noda, air mengalir atau air hangat dengan suhu minimal 30 derajat celcius, baskom, sarung tangan dapur, jepit dan jemuran pakaian, dan handuk bersih.

“Pertama, jangan lupa mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun. Kedua, isi baskom dengan air dan isi dengan detergen atau pemutih sesuai dengan instruksi yang ada pada kemasan, campur larutan dengan merata,” lanjutnya.

Langkah ketiga, rendam masker ke dalam larutan, diamkan selama 10 menit. Lalu yang keempat, setelah 10 menit tekan masker dengan lembut dan perlahan menggunakan tangan.

“Jangan mengucek masker terlalu kuat hal ini penting untuk menghidari kerusakan serat kain serta menjaga efektivitas masker kain bilas masker dengan air mengalir pastikan tidak ada sisa pembersih di dalam kain,” ungkap Reisa. (WLD/*)

- Advertisement -

Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

Seto Mulyadi

Pemerhati Anak

TERKINI

Nurdin Abdullah Resmi Lantik 11 Kepala Daerah Sulsel

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah Resmi Lantik 11 Kepala Daerah, Kemudian mengambil sumpah Jabatan Kepala Daerah yang berlansung di Rumah...

Kakan Kemenag Bone ke Pejabat Baru: Lahirkan Inovasi Ukir Prestasi

Bone, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Kepala Kantor (Kakan) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bone Dr. H. Wahyuddin Hakim, M.Hum meminta pejabat yang menjabat jabatan...

Ketua DPW Kemenag Bone: Bantuan Sekecil Apapun Akan Manfaat

Bone, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Ketua DWP Kemenag Bone Hj. Asmawaty, S. Kep., Ns M.Kes. bersama pengurus inti mendatangi kantor Baznas di lantai dasar Masjid...

Besok, Pelantikan Bupati dan Wabup Barru Diadakan Secara Virtual

Barru, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Jumat Besok, merupakan hari pertama bagi lembaran baru kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Barru Periode 2021-2024. Untuk pertama kalinya, pelantikan...

KIR MAN 3 Kota Makassar Membuka Peluang Untuk Berkarya Bertajuk Journalist Competion

Makassar,FAJARPENDIDIKAN.co.id – Dalam rangka meningkatkan kreativitas dan inovasi di Era New Normal ini, Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) MAN 3 Kota Makassar membuka...

REKOMENDASI