4 Tips Motret Estetik Ala Influencer


FAJARPENDIDIKAN.co.id– Sering kali kita mendapatkan hasil foto yang kesannya lebih estetik dan menarik, namun terkadang ekspektasi tidak sebanding dengan realita dan pastinya Kita langsung down kalau tidak sesuai. Kali ini kita belajar mengenai apa sebenarnya foto estetika itu sendiri ?

Apa estetika sendiri itu ? Menurut Dra. Artini Kusmiati sendiri pengertian estetika ialah suatu keadaan yang berhubungan dengan sensasi keindahan yang baru bisa dirasakan seseorang jika terjalin perpaduan yang harmonis antar elemen yang ada dalam suatu objek.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Dalam foto sendiri itu, estetika termasuk dalam foto seni. Dalam foto seni juga (Fine Art), ciri foto yang menunjukkan estetika yang menjiplak pencitraan gambar.
Seperti dalam buku Mudji Sutrisno dan Chris Verhaak, Estetika Filsafat Keindahan, Kanisius,1993 menggambarkan bahwa estetika dalam foto apabila telah ditemukan titik estetika yakni momentum pengalaman kesadaran roh manusia seniman maupun mengapresiasi seni yang persis berada di tengah-tengah antara yang rohani dan yang jasmani, di mana titik ini di alami sekejap namun bernuansa mendalam di dalam yang “tragis” (manakala:roh”dikalahkan”jasmani”), yang sublim (manakala roh menang atas kebaikan), dan yang asri (gracious : manakala kebaikan menang atas kebenaran).

BACA JUGA :   8 Tips Cara Menghilangkan Bintik Hitam di Wajah
- Advertisement -

Berikut tips memotret ala influencer :

  1. Angle dalam fotografi
    Sudut pengambilan foto yang menekankan posisi kamera pada situasi tertentu dalam membidik objek. Angle ini akan menciptakan foto-foto yang berbeda. Bila sebuah objek lebih menarik jika difoto dengan low angle, belum tentu akan menarik jika dipotret dengan angle lainnya.
  2. Kunci Fokus
    Pengaturan fokus sendiri sangat penting dan cukup mendasar dipelajari bagi mereka yang ingin belajar memotret secara profesional karena pengaturan fokus tentunya akan berpengaruh pada hasil pemotretan nantinya.Meskipun ada pilihan auto fokus yang disediakan di kamera yang berarti Anda bisa langsung bisa memotret tanpa perlu mengatur fokus secara manual dengan memutar ring lensa kamera.Namun untuk beberapa kondisi, mengatur fokus secara manual masih sangat dibutuhkan. Apalagi jika Anda menggunakan lensa khusus manual fokus, tentunya wajib hukumnya bisa menggunakan cara ini.
  3. Eksplor Komposisi pemotretan
    Penentuan komposisi dilakukan pada saat membidik obyek foto. Untuk itu diperlukan penataan terhadap unsur-unsur yang mempengaruhi kekuatan suatu gambar dalam sebuah bidang gambar, sehingga obyek fotografi dapat tampil sebagai point of interest (pusat perhatian).
  4. Editing
    Proses editing penting dilakukan agar mengetahui apa yang menjadi kekurangan foto lalu bisa diperbaiki agar hasilnya berkualitas. Proses editing sebuah foto membutuhkan waktu karena tidak semudah yang dibayangkan seperti menggunakan aplikasi instan edit foto. Misalnya kalian bisa memakai apk ; Photoshop,Lightoom, StoryArt, SnapSeed,dan Masih banyak yang lain. (RAI)
BACA JUGA :   Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Memilih Furniture Rumah

Bagikan

REKOMENDASI UNTUK ANDA
- Advertisment -

POPULER: