Tren Phone Bleaching Kian Diminati Sebagai Cara Praktis Memutihkan Gigi

FAJAR Pendidikan

Phonebleaching adalah metode yang awalnya berkembang di Amerika Serikat dan Eropa. Disebut phone bleaching lantaran alat yang digunakan untuk membersihkan gigi membutuhkan ponsel atau baterai guna menyalakan alat yang disebut LED mouthpiece.

Pakar kesehatan drg Eka Yudi dari Indraprastha Dental Care menjelaskan bahwa home tooth bleaching pada dasarnya perawatan yang membantu pasien mendapatkan gigi putih tanpa perlu ke dokter.

Kini kita bisa mendapatkan gigi yang bersih dan putih dengan beragam pilihan yang tersedia di klinik dokter gigi atau pun melakukannya sendiri di rumah.

Salah satu yang sedang tren adalah phone bleaching. Berbeda dengan metode pemutihan gigi lainnya, phonebleaching termasuk teknik yang menggunakan sinar LED. Menggunakan alat yang disebut LED mouthpiece, alat ini perlu terhubung dengan smartphone dan baterai untuk menyalakannya.

Banyak selebritas memopulerkan phonebleaching di media sosialnya, antara lain Baim Wong, Roger Danuarta, Cut Meyriska, hingga Gisella Anastasia. Mengenai keamanannya, dokter gigi Eka Yudi dari Indraprastha Dental Care menjelaskan, perawatan phonebleaching termasuk aman, selama semua petunjuk penggunaan dipatuhi.

BACA JUGA :   15 Kode Promo Grab, GrabFood, GrabCar, GrabMart, GrabBike Kamis 28 Juli 2022, Bepergian Hemat Hingga 90%

Perubahan warna gigi menjadi lebih gelap atau kuning, menurut Eka terjadi karena kebiasaan mengonsumsi minuman berwarna gelap seperti kopi, teh, atau pun softdrink.

Fungsi bleaching adalah untuk menyerap noda yang menempel selama bertahun-tahun di gigi. Sehingga noda yang tadinya menutupi pori dan permukaan gigi, akan terserap gel bleaching sehingga mengembalikan warna putih gigi seperti semula.

Home Bleaching

Meski demikian, ia mengingatkan bleaching gigi bisa menyebabkan tingkat sensitifitas gigi bertambah. Untuk itu, setelah bleaching pasien disarankan menahan diri mengonsumsi minuman terlalu panas atau dingin, karena kondisi giginya sedang sensitif.

Agar gigi tidak kembali kuning Eka menambahkan, agar kita tidak mengalami gangguan gusi, produk home bleaching yang digunakan juga harus dipakai hati-hati. Hanya boleh terkena permukaan gigi. Karena jika gel-nya terkena gusi ada kemungkinan iritasi. Namun itu sementara, karena nanti bisa hilang sendiri tanpa diberi obat oleh dokter.

BACA JUGA :   22 Kode Promo Grab, GrabFood, GrabCar, GrabMart, GrabBike Kamis 4 Agustus 2022, Bepergian Hemat Hingga 90%

Phone bleaching Beaudelab memiliki dua varian dengan kisaran harga Rp 200.000 – Rp 300.000. “Sebaiknya pilih produk yang sudah mendapat ijin edar BPOM. Selain itu, produk pemutih gigi yang baik adalah yang memiliki bahan aktif dan metode seperti pemutih gigi di dokter,” katanya.

Meliani juga mengingatkan pentingnya menjaga higienitas home bleaching dengan cara tidak saling berbagi LED mouthpiece agar tidak terjadi perpindahan bakteri mulut. Selain itu, hindari pula berbagi gel pen produk home bleaching sebab di dalamnya terdapat bulu sikat yang bisa jadi sarana perpindahan kuman dari satu orang ke orang lain.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI