UHM Tawarkan Prodi Administrasi Publik Berbasis Teknologi Informasi

UHM Tawarkan Prodi Administrasi Publik Berbasis Teknologi Informasi. (INT)
UHM Tawarkan Prodi Administrasi Publik Berbasis Teknologi Informasi. (INT)

Universitas Handayani Makassar (UHM) kini menawarkan Program Studi S1 Administrasi Publik Berbasis Teknologi Informasi. Prodi baru dari UHM yang merupakan penggabungan STMIK Handayani Makassar dan Akademi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK) Rizky Makassar.

Selaku prodi baru akan tampil dengan ciri khas di era digital dengan melakukan kombinasi administrasi publik klasik dengan administrasi publik berbasis teknologi informasi, pembelajaran didesain menuju kampus metaverse.

Demikian ditegaskan Ketua Prodi S1 Administrasi Publik Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial UHM, Abdul Mahsyar kepada FAJAR PENDIDIKAN, Rabu (31/8). Dijelaskan, dua kampus yang digabung menjadi UHM selama ini menyelenggarakan pendidikan ilmu komputer dan teknologi informasi sehingga prodi baru pada universitas ini mengikuti pengembangan teknologi informasi yang didesain untuk kebutuhan penyelenggaraan administrasi negara dalam konteks E-Government ini antisipasi perubahan dalam memasuki era new normal.

Proses pembelajaran bagi mahasiswa telah dirancang dengan beberapa keunggulan dengan mengalokasikan sekitar 30 persen mata kuliah praktek dan kemahiran dan terampil dalam penggunaan teknologi informasi pada bidang administrasi publik.

BACA JUGA :   Dosen Muda CPNS Tekling Untad, Asal Maros Raih Juara di Ajang Konferensi International, Pacific Basin Consortium di Jeju Island, Korsel

Pada kajian administrasi publik seperti pada pelayanan publik berbasis online, transparansi keuangan publik, sistem penyusunan anggaran berbasis e-bugeting, administrasi perkantoran online sistem serta pengambilan keputusan berbasis sistem informasi support system. Selaku prodi baru untuk tahun akademik 2022/2023, mahasiswa angkatan pertama ini akan diterima 50 orang.

Pihak civitas akademika kampus kini sudah gencar dan masif melakukan sosialisasi dan promosi kepada semua kalangan yang berminat lanjut studi pada kajian administrasi publik berbasis teknologi informasi.

Media yang gencar digunakan memperkenalkan prodi administrasi publik di UHM adalah media sosial lewat platform face book, Instagram, WA dan media lainnya. Untuk info lengkap dapat dilihat pada portal website UHM https://handayani.ac.id. Hal sama juga dilakukan pada media massa cetak, radio, televisi dan media online lainnya.

Saat ini, pihak UHM telah melakukan silaturrahim dan sosialisasi ke pemerintah Kabupaten Gowa dan Kabupaten Maros, beberapa instansi di Kota Makassar untuk mengajak aparat pemerintah di kedua daerah untuk lanjut studi pada program studi administrasi publik berbasis online.

BACA JUGA :   FUD IAIN Bone Lepas 112 Mahasiswa KKLP, Ini Harapan Dekan

Prodi Administrasi Publik UHM juga bersiap menerima para pegawai negeri dan swasta yang akan memperbaharui sarjananya. Dan saat ini disediakan subsidi beasiswa bagi mahasiswa baru sebesar Rp1 juta/semester sampai 7 semester. Sehingga biaya kuliah cukup Rp 1 juta.

Kalau selama ini mahasiswa mempelajari administrasi publik klasik diberbagai kampus, maka saat ini terbuka peluang mempelajari administrasi publik berbasis teknologi informasi yang kelak mengarah pada e-government dan administrasi yang smart.

UHM mengelola dua fakultas yakni, Fakultas Ilmu Komputer dengan prodi yang ditawarkan, S1 Sistem Komputer, S1 Teknik Komputer, S1 Sistem Informasi, D3 Teknik Informatika, D3 Manajemen Informatika, D3 Komputerisasi Akuntansi.

Fakultas Ilmu Hukum dan Ilmu Sosial dengan dua prodi, yakni S1 Ilmu Hukum dan S1 Administrasi Publik. Selain itu juga mengelola S2 Sistem Komputer program magister satu-satunya di Indonesia timur dengan titel Magister Komputer.

Saat ini, UHM dipimpin oleh Rektor, Nasrullah; Ketua Yayasan, Imran Taufik dan Pendiri Yayasan Pendidikan Handayani, H Moh Alifuddin. (*)