Unifa Gelar Pelatihan DUDIKA, Communication Skill dan Work Life Balance

Peningkatan Kualitas Mahasiswa Unifa dalam PKKM 2022

FAJAR Pendidikan

MAKASSAR – Sebagai upaya peningkatan kualitas mahasiswa Unifa dalam Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM), Unifa melaksanakan kegiatan pelatihan Dunia Usaha Dunia Industri Kerja (DUDIKA), Communiaction Skill, dan Work Life Balance.

Kegiatan yang bertujuan meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam menghadapi DUDIKA dengan keterampilan berkomunikasi yang mumpuni serta mampu menyeimbangkan antara profesionalisme dan kehidupan pribadi tersebut digelar pada 8,11, dan 22-23 Agustus 2022 mendatang.

Rektor Unifa, Dr. Muliyadi Hamid menjelaskan, kegiatan tersebut menghadirkan professional trainer dalam bidang masing-masing dan diikuti oleh sekitar 200 mahasiswa yang akan menghadapi masa praktek lapangan khususnya program magang merdeka belajar kampus merdeka.

“Mereka akan mengikuti program pemagangan kampus merdeka, baik melalui program MSIB oleh Kemdikbudristek, PMMB FHCI, MBKM Internal Terpusat Unifa, maupun magang mandiri mahasiswa pada berbagai perusahaan mitra Unifa”, papar Muliyadi.

BACA JUGA :   Mahasiswa Magang PKIP Unhas Ikut dalam Monev di Puskesmas Banggae I

Ditambahkannya, saat ini ada dua program studi yang mendapatkan hibah PKKM yakni Prodi Teknik Sipil dan Akutansi S1. Diungkapnya bahwa pelatihan tersebut hanya merupakan salah satu dari sekitar 40 kegiatan yang diagendakan Unifa sebagai aktifitas dalam PKKM hingga Desember mendatang.

“Kami bersyukur dengan adanya hibah tersebut, akan makin meningkatkan kinerja Unifa berdasarkan Indeks Kinerja Utama (IKU) perguruan tinggi yang ditetapkan kementerian yang tentunya juga akan meningkatkan mutu luaran yang dihasilkan nantinya. Khusus untuk hibah PKKM berikutnya akan menyusul prodi lainnya untuk diusulkan.”, ungkap Muliyadi kemudian.

Sementara itu Ketua Prodi Teknik Sipil Unifa, Fatmawati Rachim, ST., MT., menyatakan bahwa mahasiswa sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut karena memang muatan yang disajikan sangat dibutuhkan sebagai bekal dalam memasuki DUDIKA.

BACA JUGA :   Mahasiswa Magang PKIP Unhas Beri Penyuluhan Napza dan HIV/AIDS pada Remaja

“Mahasiswa yang akan menikuti kegiatan magang, sangat bersemangat untuk ikut pelatihan ini karena akan memberikan mereka gambaran bagaimana situasi yang akan mereka hadapi dilapangan nantinya,” tutur Fatma.

Senada dengan itu, Ketua Prodi Akuntasi S1 Unifa, Yasmi, SE., Ak., M.Si., mengungkapkan bahwa pelatihan tersebut akan menambah bekal kompetensi penting yang perlu dimilki mahasiswa diluar kompetensi keilmuan masing-masing.

“Kami berharap dalam masa magang nanti, mahasiswa dapat mengimplementasikan dengan baik pengetahuan yang didapatkan selama kuliah dan juga dapat terus mengasah soft skill yang telah didapatkan melalui pelatihan ini”, ujar Yasmi.

 

 

 

Bagikan:

- Advertisment -
REKOMENDASI UNTUK ANDA
- Advertisment -