Wagub Sulsel Lantik Sekretaris Prodi SAA UIN Alauddin Sebagai Ketua GEMA FKUB Sulsel

FAJARPENDIDIKAN.co.id – Bertempat di Aula Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Sulawesi Selatan, Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, S.T.  melantik Pengurus Generasi Muda Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Sulawesi Selatan.

Dalam sambutannya, Wagub berharap agar lembaga ini tidak hanya sekedar nama semata namun dapat memberi kontribusi positif pada perkembangan generasi muda di Sulawesi Selatan. 

Ketua Forum FKUB Sulawesi Selatan Prof.  Dr. H. Rahim Yunus dalam penjelasannya menyebutkan bahwa  pembentukan Generasi Muda FKUB ini adalah upaya mendekatkan  FKUB pada kalangan anak muda karena isu kerukunan adalah isu yang penting disuarakan di kalangan anak muda saat ini. 

- Iklan -

Rahim Yunus juga menyebutkan bahwa sengaja jumlah pengurus GEMA FKUB yang dikukuhkan sebanyak 28 orang karena secara filosofis Sumpah Pemuda jatuh pada tanggal 28 Oktober. Pengurus GEMA FKUB sendiri merupakan utusan dari Majelis setiap agama yang ada di Sulawesi Selatan.

Baca Juga:  Tim Mahasiswa dan Dosen Fakultas Keperawatan Universitas Hasanuddin Mengadakan Program Psikoedukasi Penyalahgunaan Obat Resep di UPT SMPN 2 Galesong Utara

Terpilih sebagai ketua GEMA FKUB Sulawesi Selatan adalah Syamsul Arif Galib yang juga merupakan Sekretaris Prodi Studi Agama-Agama (SAA) UIN Alauddin Makassar.

Arif berharap bahwa sebagai perpanjangan dari FKUB, GEMA FKUB akan menjadi sebuah lembaga yang hadir untuk mengenalkan semangat perjumpaan lintas iman di kalangan anak muda. Selain itu, dirinya juga berharap dapat berkolaborasi dengan lembaga-lembaga lainnya yang juga memiliki fokus yang sama.

- Iklan -

“Di Makassar sendiri, ada banyak lembaga yang fokus pada gerakan lintas iman. Sebut saja Jalin Harmoni, Gusdurian, Persaudaraan Lintas Imna, Mahabbah Institute, Bersama Institute, Peace Institute of South Sulawesi, Peace Gen Makassar dan lembaga-lembaga lainnya.”

Baca Juga:  Tim Mahasiswa dan Dosen Fakultas Keperawatan Universitas Hasanuddin Mengadakan Program Psikoedukasi Penyalahgunaan Obat Resep di UPT SMPN 2 Galesong Utara

Kepala Kanwil Kemenag Sulsel, Drs. KH. Khaeroni, M.Si yang juga turut hadir dalam pelantikan ini sangat mengapresiasi apa yang dilakukan pihak FKUB dan juga Pemerintah Sulawesi Selatan.

Kakanwil Kemenag Sul Sel yang juga merupakan Alumni Prodi Perbandingan Agama Sunan Kalijaga ini menyebutkan bahwa keharmonisan antar ummat beragama sangat perlu dijaga dan untuk itu Kanwil Agama Sul Sel akan selalu siap mendukung kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh GEMA FKUB.

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU