Yuk, Kenalan dengan Ikan Nila Si Omnivora

FAJAR Pendidikan

Pembaca setia FAJARPENDIDIKAN.co.id ada yang doyan makan ikan nila? Tapi tahukah kalian ternyata ikan nila ini asalnya dari Afrika lho, tepatnya Afrika bagian timur.

Jauh yah? Namun kini, ikan nila dengan mudahnya dapat dijumpai di berbagai daerah di Indonesia, tak terkecuali di beberapa daerah di Sulawesi Selatan.

Ikan nila juga memiliki nama ilmiah lho yaitu, Oreochromis niloticus, dan dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Nile Tilapia.

Selain itu, masih banyak lagi lho fakta menarik tentang ikan nila. Pembaca setia FAJARPENDIDIKAN.co.id ingin tahu? Yuk, disimak sama-sama.

Apa Sih Penyebab Seperti “Rasa Tanah” pada Daging Ikan Nila?

Meski dagingnya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, namun terkadang daging ikan nila terasa seperti “tanah”. Kok bisa yah?

BACA JUGA :   Kenapa Semut Berjalan Berbaris? Ini Alasannya

Rasa seperti “tanah” disebabkan oleh geosamin dan 2-metilisoborneol yang dihasilkan cyanobakteria di air dan tanah sekitar tempat ikan nila hidup.

Apabila nila hidup di tempat yang jarang ditemukan cyanobakteria, maka dagingnya akan bebas dari “rasa tanah” yang sangat menganggu itu. Nila yang dipelihara pada kolam yang bersih juga akan terbebas dari rasa tanah tersebut.

Kulit Ikan Nila Bisa Mengobati Luka Bakar?

Nah, Pembaca setia FAJARPENDIDIKAN.co.id pasti penasaran kenapa ikan nila bisa jadi obat luka bakar ‘kan? Sebenarnya kulit ikan nila mengandung kolagen yang tinggi sehingga memberi kelembapan yang lebih lama.

BACA JUGA :   Urutan Pangkat Polisi dan Gaji: Perwira, Bintara, dan Tamtama.

Hal ini berguna untuk membuat jaringan baru untuk menggantikan jaringan yang terbakar. Selain itu, kulit ikan nila juga kaya akan omega 3 yang merupakan antioksidan.

Komponen ini dapat menenangkan peradangan yang terjadi sehingga pasien pun dapat merasa lebih nyaman selama proses penyembuhan. Penggunaannya pun aman karena kulit ini biokompatibel dengan kulit manusia.

 

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI