Lepas Tim Relawan Peduli Gempa Sulbar, Dekan FKM Unhas Ingatkan Tetap Patuhi Prokes

FAJARPENDIDIKAN.co.id – Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas), Dr. Aminuddin Syam, SKM, M.Kes., M.Med.Ed., secara resmi melepas tim relawan peduli gempa di Sulawesi Barat yang berlangsung di gedung FKM Unhas lantai 1, Kamis, 21 Januari 2021.

- Advertisement -

Dalam sambutannya, Dekan FKM Unhas menyampaikan bantuan kemanusiaan ini adalah bagian dan bukti dari kepedulian FKM Unhas dan Unhas secara keseluruhan sebagai humaniversity, sebuah universitas yang peduli terhadap lingkungan sekitarnya dan aksi-aksi kemanusiaan.

- Advertisement -

“Gempa Sulbar ini ada dua hal yang kita hadapi, yaitu gempa atau bencana alam yang menelan banyak korban kematian, kecelakaan, kesakitan dan masalah kesehatan lainnya. Disamping itu kerugian ekonomi juga banyak yang menelan korban terutama yang sudah meninggalkan rumahnya akibat gempa tersebut,” jelas Dekan.

- Advertisement -

Kedua, sambungnya, masalah lainnya adalah gempa non alam yaitu pandemi Covid-19 yang belum berakhir.

“Kita bisa bayangkan bagaimana potensi penularan Covid-19 ini di daerah gempa tersebut, sudah tidak ada orang yang menggunakan masker, jaga jarak dan prinsip penerapan protokol kesehatan (Prokes) lainnya. Mereka tentu adalah kelompok yang sangat berisiko,” ungkapnya.

BACA JUGA :   283 Jenis Produk Mahasiswa Tersaji di Expo Kewirausahaan UNM

Oleh karena itu, kata Dekan, Tim FKM Unhas harus tetap waspada dan itulah sebabnya sebelum tim diberangkatkan, mereka juga harus harus melakukan rapid antigen, minimal dapat meminimalisir risiko.

“Terima kasih kepada Kepala Dinas Kesehatan Sulsel dan Tim yang telah memfasilitasi pengambilan rapid antigen ini,” ucapnya.

Dekan lebih lanjut mengatakan bahwa, ke depan FKM Unhas sudah saatnya memiliki tim atau unit secara khusus yang menangani kebencanaan.

“Sehingga bukan berarti bencana harus ditunggu atau diharapkan, namun jika terjadi, FKM Unhas harus lebih siap lagi baik saat terjadi bencana, dan juga termasuk setelah bencana yang dampaknya pasti sangat tidak sedikit, terutama dari aspek lingkungan, penyakit-penyakit menular, gangguan mental dan masalah lainnya,” terangnya.

BACA JUGA :   Pelepasan Mahasiswa Sakura Science Program Unhas – Ehime University 2022

Dekan juga mengucapkan terima kasih atas bantuan kepada semua pihak yang telah memberikan donasi kepada korban gempa di Sulbar.

Sumbangan ini berasal dari para dosen dan keluarga, pegawai, mahasiswa, dharma wanita, relasi dan berbagai sumber donasi lainnya.

Bantuan ini juga didukung penuh oleh Perhimpunan Sarjana dan Profesional Kesehatan Masyarakat Indonesia (PERSAKMI) Sulawesi Selatan yang juga menggalang donasi dari berbagai relasi tidak hanya berasal dari Sulawesi Selatan, tetapi juga berasal dari Papua, Kalimantan, Jawa Timur, Jawa Tengah dan beberapa daerah lainnya.

Tim ini dipimpin oleh Dr. Syamsuar Manyullei, SKM, M.Kes. bersama beberapa para dosen dan mahasiswa bergabung dalam tim ini.

Selain itu, juga akan ikut bergabung mahasiswa FKM Unhas yang berasal dari Sulbar dalam gerakan kemanusiaan ini.

Bagikan

REKOMENDASI UNTUK ANDA
- Advertisment -

POPULER: