- Advertisement -

10+ Contoh Kalimat Persuasif Lengkap Sesuai Strukturnya

Hallo, Kali ini kita akan kembali membahas tentang Pelajaran Sekolah yaitu Contoh Kalimat Persuasif lengkap sesuai strukturnya, Simak penjelasan berikut ini.

Teks persuasif adalah sebuah teks yang bersifat membujuk. Jadi, dalam teks persuasif berisi tulisan yang bertujuan meyakinkan pembaca agar tertarik dan mengambil tindakan tertentu.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), teks adalah naskah yang berupa kata-kata asli dari pengarang. Teks juga berarti bahan tertulis untuk dasar memberikan pelajaran, berpidato, dan sebagainya.

Sedangkan, persuasif menurut KBBI adalah bersifat membujuk secara halus (supaya menjadi yakin). Jadi, pengertian teks persuasif adalah teks yang bersifat membujuk agar orang yakin.

Teks persuasif memang memiliki tujuan untuk meyakinkan pembaca bahwa ide, gagasan, atau pendapat dalam tulisan itu benar dan terbukti sehingga pembaca akan melakukan apa yang menjadi ajakan dari tulisan tersebut.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Dalam teknis penulisannya, teks persuasif mempunyai empat struktur, yaitu pengenalan isu, rangkaian argumen, pernyataan ajakan, dan penegasan kembali.

Jadi, dalam menyusun teks persuasif harus mengikuti urutan struktur tersebut. Jika masih bingung, ada beberapa referensi contoh teks persuasif yang bisa kamu perhatikan.

Berikut ini kumpulan contoh-contoh teks persuasif lengkap sesuai dengan strukturnya, seperti dilansir dari laman Serupa.id dan bola.com, Simak Berikut ini ?

Bencana Alam di Kawasan Cincin Api

  • Pengenalan isu

Indonesia terletak di tengah-tengah zamrud khatulistiwa yang memberikan banyak kelebihan. Tanah di sini subur, hampir semua tanaman produktif yang diminati pasar konsumsi dapat tumbuh. Namun, di balik keunggulan itu terdapat risiko yang harus dihadapi jika membicarakan letak geografis kepulauan republik Indonesia.

BACA JUGA:  Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6, Subtema 1 Halaman 42 43 46 Pembelajaran 4
-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Wilayah negara kita juga berada di wilayah yang dikenal dengan nama ring of fire atau cincin api. Ring of fire adalah wilayah pusat gempa dan gunung berapi yang melingkari Samudra Pasifik. Ya, Indonesia dilingkari oleh wilayah tersebut. Meski gunung berapi memberikan kita tanah yang subur, risiko bencana alam yang kita hadapi juga lebih besar.

Oleh karena itu, merupakan suatu kewajiban bagi kita semua sebagai masyarakat yang berada di wilayah geografis cincin api ini untuk selalu waspada dan memiliki kesiapan untuk menghadapi berbagai bencana alam yang rentan melanda rumah kita.

  • Rangkaian Argumen

Pertimbangannya banyak melibatkan berbagai pendapat yang sebetulnya sudah diutarakan oleh berbagai pihak. Baik pihak ahli dari lembaga penelitian dari berbagai universitas maupun Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Indonesia. Contohnya bagaimana BMKG rutin menggelar forum informasi cuaca iklim dan gempa bumi.

Bahkan, di beberapa daerah yang memang memiliki histori patahan gempa yang cukup berisiko tinggi, mereka akan menyosialisasikan perihal antisipasi gempa dan bencana alam pada warga sekitar yang tinggal di zona rawan. Misalnya, seperti di kawasan Lembang dan Cimahi, Jawa Barat. Di mana di sekitar sana terdapat patahan geser aktif dan berpotensi menghasilkan gempa yang dahsyat.

BACA JUGA:  Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4, Subtema 2 Halaman 93 94 95 97 98 Pembelajaran 6

Pengusaha, perusahaan, dan berbagai lembaga komersial lainnya pun selalu diminta untuk mematuhi protokol keamanan dalam membuka usaha di kawasan dengan risiko bencana. Caranya adalah dengan membangun bangunan anti gempa, memiliki kawasan berkumpul bencana, dan menyediakan berbagai pintu, tangga, dan peralatan antisipasi bencana lainnya.

  • Pernyataan Ajakan

Rasanya sudah sangat wajar kalau kita harus ikut berperan dalam mengantisipasi menghadapi risiko bencana ini. Pemerintah mungkin sudah melakukan berbagai upaya untuk menyelamatkan kita, tetapi kita juga harus mampu secara mandiri mempersiapkan berbagai hal yang tak terduga.

Siap dan tanggap terhadap bencana alam adalah suatu keharusan bagi kita semua sebagai pengarung cincin api dunia. Kita harus selalu melek akan berbagai informasi dan sosialisasi yang rutin diadakan oleh BMKG, mencoba mengaplikasikan bangunan anti gempa jika mampu, dan memilih kawasan yang cenderung lebih aman dan jauh dari patahan aktif jika memungkinkan.

  • Penegasan kembali

Sekali lagi, melek terhadap informasi mengenai bencana alam adalah peta kita untuk menjalani penjelajahan cincin api. Selalu bersiap, tanggap, dan cermat terhadap risiko bencana alam adalah satu di antara perlengkapan hidup kita di negeri yang subur, namun tetap menyibak misteri kemarahan alam di dalamnya.

Bagikan

BACA JUGA:

Daur Hidup Nyamuk – Siklus, Fase, Urutan Cara Berkembang, & Gambar

Daur Hidup Nyamuk – Siklus, Fase, Urutan Cara Berkembang, & Gambar, Nyamuk adalah salah satu dari sekian banyak jenis serangga dari kerajaan animalia, filum...

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 6, Subtema 3 Ayo, Menjadi Penemu Pembelajaran 6 Halaman 151 dan 152

Hallo! Kali ini guru dan ibu serta teman-teman kembali dengan pembahasan Kunci jawaban berikut dapat teman-teman jadikan sebagai pedoman dalam belajar, khususnya teman-teman Kelas...

Susunan Sistem Saraf Sadar dan Otonom, Lengkap!

Susunan Sistem Saraf Sadar dan Otonom. Pada sistem saraf tepi (perifer) terdapat dua sistem saraf yakni saraf sadar (somatik) dan sistem saraf tak sadar...

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 SD, Subtema 2 Halaman 67 68 69 70 72 73 74 Pembelajaran 3

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 SD, Subtema 2 Halaman 67 68 69 70 72 73 74 Pembelajaran 3, Materi dan pembahasan yang diambil...

Rumus Hukum Coulomb

Materi Hukum Coulomb khususnya Rumus hukum coulomb. Berikut penjelasan mengenai rumus hukum Coulomb secara lengkap. Hukum Coulomb membahas tentang gaya listrik dan muatannya dalam...

POPULER