ADV A1

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 4, Subtema 1 Perjuangan Para Pahlawan, Pembelajaran 5 Buku Tematik Halaman 38, 39, 40, 42, 43, 44, 45 dan 46

FAJAR Pendidikan

Hallo! Kali ini guru dan ibu serta teman-teman kembali dengan pembahasan kunci jawaban Tema 5 Kelas 4 SD/MI halaman 38, 39, 40, 42, 43, 44, 45, 46, Pembelajaran 5. Pembelajaran 5 yang dimulai dari halaman 37 sampai 46, merupakan materi Subtema 1 Perjuangan Para Pahlawan.

Buku Kelas 4 Tema 5 berjudul Pahlawanku, terdapat pada Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017. Kunci jawaban Tema 5 Kelas 4 ini diharapkan dapat membantu guru dan orang tua siswa dalam mengoreksi tugas anak.

Kunci Jawaban Halaman 38 – 39

Pada akhir masa Kerajaan Hindu-Buddha, muncullah tokoh-tokoh yang membawa kejayaan Kerajaan Maja pahit. Kerajaan Maja pahit dikenal sebagai salah satu kerajaan terbesar di Nusantara. Siapakah mereka? Mari, kita cari tahu!

Bersama kelompokmu, diskusikan hubungan antar gambar tersebut! Tuliskan hasilnya pada kolom berikut!

Jawaban: Gajah Mada adalah Patih tertinggi pada saat pemerintahan Hayam Wuruk sebagai raja Majapahit.

Mahapatih Gajah Mada

BACA JUGA :   Contoh Soal Materi Globalisasi, Lengkap Kunci Jawabannya

1. Gajah Mada adalah seorang panglima perang dan tokoh yang sangat berpengaruh pada zaman kerajaan Majapahit. Saat remaja, ia merupakan seorang pemuda yang mempunyai keahlian bela diri yang sangat hebat serta berilmu tinggi. Pada usia 19 tahun, Gajah Mada berhasil menyelamatkan rajanya, Prabu Jayanegara.

2. Oleh karena kecakapannya, pada tahun 1319, ia diangkat sebagai Patih Kahuripan. Dua tahun kemudian, ia diangkat sebagai Patih Kediri.

3. Pada tahun 1329, Patih Maja pahit yang bernama Aryo Tadah menunjuk Gajah Mada untuk menggantikan dirinya. Gajah Mada menolak penunjukan itu karena ingin membuktikan pengabdiannya terlebih dahulu kepada Kerajaan Maja pahit, yaitu menghentikan pemberontakan Keta dan Sadeng. Gajah Mada akhirnya diangkat sebagai Patih Maja pahit pada tahun 1334, setelah berhasil menaklukkan Keta dan Sadeng.

4. Pada tahun 1336, Gajah Mada mengucapkan Sumpah Palapa, yaitu janji bahwa ia tidak akan memakan buah palapa, sejenis rempah-rempah, bila belum berhasil menguasai pulau-pulau di Nusantara.

BACA JUGA :   Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4, Subtema 2 Pembelajaran 1, Halaman 50 51 52 53 54 55 56 57 58

5. Perjuangan Gajah Mada mencapai puncaknya pada zaman pemerintahan Prabu Hayam Wuruk (1350-1389). Pada masa itulah, Majapahit mencapai keemasannya. Dari Kitab Negarakertagama dapat diketahui bahwa daerah kekuasaan Majapahit hampir sama luasnya dengan wilayah Indonesia yang sekarang, bahkan pengaruh Kerajaan Majapahit sampai ke negara-negara tetangga.

Berdasarkan cerita sesuai urutan arah panah pada halaman sebelumnya, tuliskan kembali dengan singkat mengenai Gajah Mada!

Jawaban: Gajah Mada adalah seorang panglima perang dan tokoh yang sangat berpengaruh pada zaman kerajaan Majapahit. Akibat kecakapannya, di tahun 1319, ia diangkat sebagai Patih Kahuripan. Pada tahun 1329, Patih Majapahit yang bernama Aryo Tadah menunjuk Gajah Mada untuk menggantikan dirinya. Pada tahun 1336, Gajah Mada mengucapkan Sumpah Palapa. Perjuangan Gajah Mada mencapai puncaknya pada zaman pemerintahan Prabu Hayam Wuruk (1350-1389). Pada masa itulah, Majapahit mencapai masa keemasannya.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI