11 Manfaat Daun Kemangi Bagi Kesehatan, Sangat Baik Untuk Tubuh

Daunnya yang berwarna hijau dan berukuran kecil memiliki aroma yang sangat khas.

Kemangi merupakan tanaman yang berasal dari Asia dan Afrika. Daunnya yang berwarna hijau dan berukuran kecil memiliki aroma yang sangat khas. Daun kemangi kerap digunakan dalam hidangan khas Nusantara untuk menambahkan aroma dan rasa.

Selain itu, daun kemangi juga bisa dijadikan teh dan memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan.

Kandungan daun kemangi pun begitu beragam. Tidak hanya serata, tanaman ini rupanya juga mengandung berbagai vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Agar tidak semakin penasaran, intip lebih jauh manfaat daun kemangi untuk kesehatan berikut ini.

Manfaat daun kemangi untuk kesehatan

Lain kali, saat ada lalapan terhidang di depan Anda, jangan hanya didiamkan. Ada manfaat daun kemangi yang bisa Anda rasakan berkat kandungan antioksidan.

Inilah manfaat makan daun kemangi yang berpotensi baik untuk kesehatan:

1. Mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh

Untuk membedah manfaat daun kemangi, ketahui bahwa tanaman ini mengandung vitamin A yang penting untuk perkembangan dan menjaga sistem imun di tubuh.

Selain itu, tanaman ini juga mengandung vitamin K yang penting dalam proses penggumpalan darah. Daun kemangi juga mengandung kalium yang berperan dalam mengatur tekanan darah. Berkaitan dengan penurunan tekanan darah, daun kemangi memiliki kandungan eugenol, dilansir dari studi yang diterbitkan Farmaka.

Dikutip dari penelitian British Journal Pharmacology, eugenol mampu membuat pembuluh darah melemas sehingga tekanan darah sistemik. Kandungan daun kemangi berupa mangan berguna untuk mengatur fungsi otak dan saraf, serta magnesium yang berfungsi mengatur fungsi otot, jantung, dan saraf.

manfaat daun kemangi
manfaat daun kemangi. FOTO: Int

2. Berpotensi melawan kanker

Daun kemangi ternyata juga dipercaya berpotensi melawan kanker karena kandungan fitokimia yang ada di dalamnya begitu beragam. Daun ini dinilai dapat membantu pencegahan beberapa jenis kanker di antaranya kulit, hati, mulut, dan paru-paru.

Meski begitu, penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan untuk memastikan manfaat daun kemangi yang satu ini.

3. Mengurangi efek yang timbul akibat stres oksidatif

Stres oksidatif adalah kerusakan sel yang terjadi akibat paparan radikal bebas. Saat jaringan mengalami stres oksidatif, maka berbagai penyakit bisa muncul.

Pada penelitian yang dilakukan pada hewan uji, konsumsi daun kemangi segar secara teratur selama 30 hari memberikan hasil yang positif. Sebab, setelah 30 hari, hewan uji tersebut mengalami penurunan kadar gula darah dan peningkatan aktivitas antioksidan, yang bisa mencegah stres oksidatif.

4. Mencegah penuaan dini

Paparan radikal bebas berlebih, juga dapat menyebabkan penuaan dini. Oleh karena itu, khasiat daun kemangi berpotensi bagus untuk menghambat dampak buruk radikal bebas, juga berpotensi mencegah penuaan dini.

Selain itu, kandungan daun kemangi bekerja sebagai antiinflamasi sehingga membantu mencegah timbulnya jerawat.

5. Menggantikan zat besi yang hilang ketika haid

Ada baiknya Anda mengonsumsi daun kemangi saat sedang mengalami PMS atau pre-menstrual syndrome.  Sebab, tanaman ini mengandung zat besi yang ada di dalamnya, bisa membantu menggantikan zat besi yang hilang selama Anda menstruasi.

6. Membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan

Ekstrak daun kemangi juga dinilai efektif untuk membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan di tubuh.

Manfaat daun kemangi ini diketahui dari sebuah penelitian, yang menyebutkan bahwa mengoleskan ekstrak daun kemangi, bisa membantu mengurangi pembengkakan hingga 73%, pada 24 jam setelah penggunaan. Hal ini dikarenakan kandungan berupa beta-caryophyllene bekerja sebagai agen antiinflamasi.

7. Memiliki kandungan antibakteri

Daun kemangi memiliki kandungan antibakteri dan dapat menghambat pertumbuhan beberapa jenis bakteri, di antaranya Listeria monocytogenes, Staphylococcus aureus, Escherichia Coli, dan Pseudomonas aeruginosa.

8. Berpotensi menurunkan gula darah

Pada sebuah studi dari Open Access Macedonian Journal of Medical Sciences, manfaat daun kemangi diketahui dapat membantu mengatasi efek jangka panjang dari gula darah tinggi. Namun, menurut investigasi lanjutan, hal ini masih perlu dikonfirmasi efektivitasnya pada manusia.

9. Menjaga kesehatan mental

Masih dari studi yang sama di atas, daun kemangi mengandung nutrisi yang dapat membantu menghilangkan stres, gangguan kecemasan, dan depresi.

Bahkan, daun ini juga dapat meningkatkan kemampuan untuk berpikir logis, mencegah pikun akibat penuaan, hingga menghilangkan stres akibat masalah tidur dan seksual.

10. Berpotensi mengurangi batuk

Dikutip dari riset terbitan Nature Public Health Emergency Collection, daun kemangi merupakan kerabat Ocimum yang kerap digunakan sebagai ekspektoran atau membantu keluarnya dahak dari saluran pernapasan pada pengobatan ayurvedic.

Bila Anda ingin merasakan manfaatnya, Anda bisa rebus daun kemangi bersama dengan cengkeh dan sejumput kecil garam. Lalu, saring dan minum airnya.

11. Berpotensi menjaga kesehatan penis

Lantas, bagaimana dengan daun kemangi bisa memperbesar alat vital? Rupanya, manfaat daun kemangi hanya berpotensi membantu menjaga ereksi penis.

Sebab, dikutip dari riset Comparative Clinical Pathology, kandungan berupa fenolik eugenol berpotensi merangsang ereksi. Namun, penelitian ini baru diuji coba pada laboratorium, perlu penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efektivitasnya secara pasti.

Kandungan daun kemangi yang kaya nutrisi membuatnya memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Dalam dua sendok makan kemangi segar yang sudah dipotong-potong, terkandung sekitar 27% vitamin K dari total rekomendasi konsumsi harian. Tanaman ini juga mengandung vitamin A, mangan, dan magnesium yang baik untuk kesehatan Anda. Berikut ini kandungan nutrisi secara lengkap, yang ada dalam setiap 100 gram daun kemangi.

- Advertisement -

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- Advertisment -

TERKINI