11 Pemain Inti Timnas Indonesia U-23 Terbaik untuk Piala AFF

FAJAR Pendidikan

Timnas Indonesia U-23 akan memulai pemusatan latihan di Bali mulai hari ini, Kamis (3/2). Berikut starter ideal Garuda Muda di Piala AFF U-23 2022.

Kejuaraan yang baru berlangsung dua kali ini akan dihelat di Kamboja mulai 14 Februari. Syahrian Abimanyu dan kawan-kawan dijadwalkan melawan Laos pada 15 Februari di Stadion Prince Phnom Penh.

Untuk ajang ini Shin Tae Yong membawa 29 pemain. Daftar nama tersebut telah dirilis PSSI dan mulai berkumpul pada Kamis (3/2). Rencananya pemain akan mulai berlatih pada Jumat (4/2).

Untuk posisi penjaga gawang, Muhammad Riyandi sepertinya bakal jadi pilihan utama. Jam terbang kiper Barito Putera ini unggul dibanding dua kiper lainnya, Adi Satryo dan Cahya Supriadi.

Untuk posisi bek kanan tak menutup kemungkinan diberikan kepada Amiruddin Bagas Kaffa. Meski tak masuk daftar panggil Timnas Indonesia, jam terbang Bagas dibanding pemain lain di kompetisi paling tinggi.

BACA JUGA :   Profil dan Biodata Iqbal Gwijangge, Kapten Timnas U16 dan Pemain Terbaik

Jika mengacu Piala AFF 2020 (2021), dua posisi bek tengah akan dipercayakan kepada Rizky Ridho dan Alfeandra Dewangga. Keduanya sudah teruji, baik di level U-19, U-23, maupun Timnas Indonesia.

Selanjutnya bek sayap kiri hampir pasti milik Pratama Arhan. Pemain PSIS Semarang ini tampil stabil dalam asuhan Shin, bahkan meningkat pesat. Bek sayap lainnya harus sabar menunggu giliran.

Beralih ke tengah, jika Shin menggunakan formasi 4-3-3, posisi gelandang bertahan akan jadi milik Rachmat Irianto. Pemain Persebaya ini jadi salah satu pemain yang sangat dipercaya Shin.

Adapun posisi gelandang serang bisa diberikan kepada Syahrian Abimanyu dan Marselino Ferdinan. Pemain lain yang sangat berpeluang mengisi tempat utama di posisi ini adalah Gunansar Papua Mandowen.

BACA JUGA :   Sultan Zaky, Pemain Andalan Timnas U-16 yang Kaya Akan Prestasi

Untuk trisula di lini depan, sisi kiri sepertinya bakal diberikan kepada Ramai Rumakiek. Pemain 20 tahun asal Persipura ini menunjukkan kualitasnya makin terasah sejak tampil di play off Kualifikasi Piala Asia 2023.

Beralih ke kanan kemungkinan diberikan kepada pemain muda Ronaldo Joybera Kwateh. Pemuda 17 tahun ini mulai percaya diri saat berseragam merah putih garuda, yang itu ditunjukkan saat melawan Timor Leste.

Terakhir posisi ujung tombak bisa diberikan kepada Taufik Hidayat. Pemain Persija ini meski sering tampil angin-anginan, cukup disukai Shin. Perannya bakal mirip Dedik Setiawan bersama Timnas Indonesia.

Meski demikian, jika mengacu racikan Shin di Piala AFF 2020, tak ada komposisi pasti. Hanya ada beberapa pemain kunci, yang sisanya dirotasi. Ini membuka peluang pemain lainnya untuk mendapatkan tempat utama.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI