- Advertisement -

13 Fakta Menarik MotoGP Mandalika 2022, Usai Penantian 25 Tahun

Sirkuit Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) belakangan menjadi perbincangan publik. Fakta Menarik MotoGP Mandalika 2022.

Pasalnya setelah sukses menghelat Superbike WSBK 2021, sirkuit ini bakal jadi tuan rumah ajang balap bergengsi MotoGP Mandalika.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Sirkuit dengan nama resmi Pertamina Mandalika International Street Circuit memang dibangun pemerintah Indonesia sebagai tempat perhelatan berbagai ajang balap kelas dunia.

Dibalik statusnya yang masih baru, ternyata sirkuit ini menyimpan fakta menarik yang bisa disimak.

1. Jadwal Pelaksanaan

Rangkaian MotoGP 2022 akan dimulai dengan sesi Free Practice (latihan bebas) 1 dan 2 pada Jumat (18/3) pukul 08.00 WIB atau 09.00 WITA.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Sementara tahap Free Practice 3 dan 4 serta Kualifikasi akan berlangsung pada Sabtu (19/3) mulai pukul 08.00 WIB. Kemudian race atau balapan akan bergulir pada Minggu (20/3) mulai pukul 11.00 WIB.

Selain tiga hari seri MotoGP, Moto2, dan Moto3, Sirkuit Mandalika juga akan menggelar balapan dua balapan Asia Talent Cup pada 19 Maret dan 20 Maret.

2. Jumlah Pembalap

MotoGP Mandalika 2022 bakal diikuti total 24 pembalap dari 12 tim MotoGP. Kepastian jumlah pembalap ini juga telah diungkapkan oleh Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria pada beberapa waktu lalu.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Pembalap top dunia yang bakal hadir di MotoGP Mandalika di antaranya Marc Marquez, Joan Mir, Aleix Espargaro, Miguel Oliveira, juara bertahan Fabio Quartararo, dan pemenang seri pertama, Enea Bastianini.

3. Balapan 27 Lap

Para pembalap nantinya akan bertarung sebanyak 27 lap pada balapan MotoGP Mandalika 2022. Jumlah 27 lap dalam MotoGP Mandalika tersebut setara dengan yang dimiliki empat balapan lain, yang mayoritas berbasis di Eropa.

Keempat balapan lain pada MotoGP 2022 yang menggelar 27 putaran adalah: MotoGP Prancis di Sirkuit Le Mans, MotoGP San Marino di Misano, MotoGP Valencia di Ricardo Tormo, dan MotoGP Australia di Phillip Island.

4. 2 Pembalap Punya Tribune Khusus

Gelaran MotoGP Mandalika di Sirkuit Mandalika akan diramaikan oleh tribune khusus untuk dua pembalap. Dua pembalap yang punya tribune khusus di MotoGP Mandaika adalah Marc Marquez dari Repsol Honda dan Maverick Vinales dari Aprilia.

Para penonton atau fan Marquez dan Vinales yang hadir menyaksikan balapan dari tribune khusus tersebut nantinya memiliki kesempatan memenangkan hadiah spesial dari pembalap kesayangan mereka.

5. Tiket MotoGP Mandalika

Tiket MotoGP Mandalika terbagi dalam lima kelas, yaitu: General Admission, Standard Grandstand, Premium Grandstand, VIP Hospitality Suites kategori Premier Class, dan VIP Hospitality Suites kategori Deluxe Class.

Kategori General Admission, penonton akan menyaksikan balap di dalam area komersil. Standard Grandstand tersebar di tujuh titik yaitu di tikungan 1, tikungan 3, tikungan 6, tikungan 8, tikungan 12, tikungan 13, serta tikungan 14.

Sementara Premium Grandstand berlokasi di garis start dan finish, tikungan 1, dan tikungan 15. VIP Hospitality Suites kategori Premier Class terletak di lantai 2 Pit Building dan bisa berinteraksi dengan pembalap MotoGP.

Sedangkan, VIP Hospitality Suites kategori Deluxe Class, penonton bisa masuk ke VIP Village yang berdekatan dengan paddock. Fakta Menarik MotoGP Mandalika 2022

6. Catatan Positif Pol Espargaro dan Marini

Pol Espargaro dan Luca Marini menjadi pembalap tercepat dalam tes pramusim MotoGP di Sirkuit Mandalika.

Tes pramusim MotoGP telah berlangsung di Sirkuit Mandalika selama tiga hari yaitu pada 11 -13 Februari 2022. Pol Espargaro sukses mencatatkan waktu tercepat di tes hari pertama dan ketiga. Sedangkan, Luca Marini menjadi pembalap di hari kedua.

Kedua pembalap ini pun memiliki peluang untuk tampil bagus di MotoGP Mandalika, meskipun tetap harus berjuang keras mengingat lawan-lawan mereka juga telah melakukan banyak perubahan.

Bagikan

REKOMENDASI UNTUK ANDA
- Advertisment -

POPULER: