13 Tips Agar Jadi Pintar di Semua Pelajaran Sekolah

13 Tips Agar Jadi Pintar di Semua Pelajaran Sekolah
13 Tips Agar Jadi Pintar di Semua Pelajaran Sekolah
Hallo! Kalian pasti masih bingung untuk awal mula mencari cara agar bisa belajar dengan baik dan bisa nyaman serta konsisten. Coba deh, Kamu bisa memulai dengan hal-hal sederhana yang ada di sekitar kamu.
Cara agar menjadi pintar di semua pelajaran sekolah bisa dilakukan siswa dengan menjalankan kebiasaan rutin dan mengubah gaya belajar.

 

13 cara agar menjadi pintar di semua pelajaran sekolah, Apakah bisa menjadi pintar di semua mata pelajaran sekolah? Pertanyaan tersebut biasa diajukan siswa. Kini, ada cara untuk menjadi pintar di semua mata pelajaran, terutama matematika.

Cara Agar Menjadi Pintar Semua Pelajaran Sekolah

Pernahkah kamu bertanya pada diri sendiri tentang cara menjadi anak pintar dan berprestasi di sekolah? Jawabannya pasti tidak terlepas dari harus menguasai mata pelajaran yang diajarkan di sekolah. Dengan memahami mata pelajaran yang diajarkan, nilai mata pelajaran tersebut juga akan bagus.

Sayangnya, siswa mengalami kesulitan belajar, terutama matematika. Soal hitungan yang membingungkan ditambah dengan rumus-rumus rumit membuat siswa sulit paham matematika. Kamu tidak perlu khawatir karena di artikel ini Mamikos akan memberikan informasi terkait cara agar menjadi pintar di semua mata pelajaran sekolah, terutama pelajaran matematika.

1. Mempersiapkan Seluruh Materi Sebelum ke Sekolah

https://unsplash.com/@eliottreyna

Sebagai siswa yang tugas utamanya belajar, persiapkan materi pelajaran yang akan dibahas pada hari tersebut sehari sebelumnya. Kamu juga bisa mempersiapkannya jauh-jauh hari. Ketika materi tersebut diajarkan oleh guru, kamu sudah memiliki gambaran dan bisa bertanya terkait hal-hal yang kurang dipahami.

BACA JUGA :   Update! 2 Cara Bikin Kartu Kuning Online & Offline 2022, Ini Syaratnya

2. Membeli Buku Catatan Khusus

https://unsplash.com/@eliottreyna

Apakah kamu tipe orang yang mencampur seluruh catatan mata pelajaran pada satu buku yang sama? Kamu bisa memisahkan masing-masing mata pelajaran agar lebih mudah ketika akan belajar atau mengulang kembali. Berikan ruang kecil untuk menulis catatan penting atau penjelasan guru yang tidak ada di dalam buku. Selain itu, bagian tersebut juga dapat kamu pakai untuk mencatat rumus matematika yang sulit diingat.

3. Memaksimalkan Alat Tulis

https://unsplash.com/@cinthiabecher

Jika saat ini alat tulismu hanya terdiri dari pulpen dan penghapus saja, saatnya kamu membeli alat tulis tambahan seperti highlighter dan sticky note atau memo tempel. Ketika ada bagian yang perlu diingat lebih dari bagian lainnya, kamu dapat memberikan tanda pada bagian tersebut. Saat ini ada banyak alat tulis lucu dan keren untuk memotivasi belajar.

4. Membuat Ilustrasi pada Buku

https://unsplash.com/@vicbils

Menempel bagian dalam buku menggunakan stiker atau menghiasnya dengan ilustrasi buatanmu sendiri pastinya akan meningkatkan motivasi belajar. Cara ini juga dapat kamu lakukan untuk mata pelajaran yang dirasa sulit. Misalnya dalam menghafalkan cerita sejarah, kamu bisa menggambarkan tokoh pahlawan beserta kondisi yang dialaminya. Untuk mata pelajaran matematika, adanya gambar yang dipadukan dengan rumus juga bisa membantu belajar.

5. Membaca Referensi Buku Tambahan

https://unsplash.com/@itfeelslikefilm

Ingatlah bahwa ilmu yang kamu dapatkan di sekolah terbatas, sehingga perlu ditunjang referensi bacaan buku lainnya. Tanyakan pada guru terkait buku yang bisa dibaca selain buku wajib dari sekolah. Kamu pun akan mendapatkan sudut pandang baru beserta tambahan pengetahuan yang melengkapi materi dari sekolah.

BACA JUGA :   4 Cara Ampuh Bersihkan Botol Minum yang Menguning Hingga Berlumut

6. Tidak Malu Bertanya

https://unsplash.com/@_visalli

Kebiasaan malu bertanya di dalam kelas padahal tidak paham pelajaran akan menjadi penghambatmu agar sukses. Sebagai siswa, kamu bisa bertanya terkait materi yang kurang dipahami atau membutuhkan penjelasan lebih lanjut. Jika belum terbiasa, kamu dapat menyimpan pertanyaan dan mencari tahu jawabannya sendiri.

7. Mencatat Ringkasan Pelajaran yang Sudah Dipelajari

https://unsplash.com/@craftedbygc

Catatlah apa yang kamu pelajari di sekolah pada hari itu, termasuk ucapan lisan dari guru yang menurutmu penting. Selain bertujuan untuk mengulang kembali hal-hal yang sudah dipelajari, mencatat ringkasan materi pelajaran hari itu secara tidak langsung membuatmu belajar.

8. Tidak Menunda Tugas dan PR

https://unsplash.com/@nicontents

Kerjakan tugas dan PR yang diberikan guru tanpa harus menunggu batas waktu pengumpulannya. Hal ini bisa menjadi salah satu motivasimu agar tetap semangat ketika mendapatkan tugas. Prioritaskan pekerjaan tambahan tersebut dan kesampingkan kesibukan yang lain. Setelah kamu menyelesaikan tugas dan PR dari sekolah, kamu akan mempunyai lebih banyak waktu luang untuk mengerjakan hal-hal lain.

9. Selalu Memperhatikan Pelajaran

https://unsplash.com/@thepaintedsquare

Dibandingkan bermain handphone di kelas atau membuat coretan di buku, sebaiknya kamu memperhatikan apa yang diajarkan oleh guru. Tunda terlebih dahulu keinginan mengobrol bersama teman dan aktivitas lain yang akan membuatmu hilang fokus. Cara ini wajib diterapkan untuk kamu yang memiliki sedikit waktu untuk belajar di rumah.

1
2