9 Cara Mudah Hilangkan Mata Panda, Dijamin Ampuh

FAJAR Pendidikan

Mata panda atau lingkaran hitam biasanya muncul di sekitar kelopak sampai bagian bawah mata. Munculnya mata panda ini membuat wajah jadi terlihat layu dan tidak segar.

Tidak sedikit orang-orang mencari cara menghilangkan mata panda supaya lingkaran hitamnya memudar.

Sementara merujuk laman Healthline, ada faktor lain yang juga memengaruhi timbulnya lingkaran hitam di mata.

Cara menghilangkan mata panda dapat diatasi dengan berbagai metode. Mulai dari perawatan alami, mengubah kebiasaan menjadi lebih sehat, sampai perawatan khusus yang ditangani oleh dokter.

1. Tidur cukup

Hal sederhana yang sebaiknya Anda lakukan terlebih dahulu yaitu memperbaiki pola tidur. Idealnya untuk orang dewasa tidur cukup selama 7-8 jam per hari.

Pastikan kebutuhan cairan tubuh juga terpenuhi dan jangan sampai dehidrasi karena hal itu membuat kulit jadi mudah kering bahkan terlihat kusam.

2. Memakai pelembap dan tabir surya

Sebelum beraktivitas di dalam ruangan atau luar ruangan, wajib mengaplikasikan pelembap dan eye cream, supaya kulit sekitar wajah dan mata tetap terhidrasi.

Pemakaian tabir surya atau sunscreen tidak kalah penting karena fungsinya mampu menghalau kulit dari paparan sinar UV langsung.

3. Oleskan minyak almond

Cara menghilangkan mata panda dengan minyak almond (iStockphoto/Amarita)
Minyak almond sangat tinggi kandungan vitamin E dan K yang bermanfaat memperbaiki kulit rusak.

BACA JUGA :   Tampilan Eye Cream Bioderma yang Menarik dengan Manfaat Luar Biasa

Untuk mengurangi tampilan mata panda, oleskan minyak almond secukupnya lalu pijat lembut di sekitar bawah mata, diamkan semalam dan bilas di pagi hari.

4. Kompres dengan kantung teh

Mengompres mata dengan kantung teh termasuk salah satu cara alami supaya kantung mata kempis dan lingkar hitam memudar.

Dikarenakan metode ini alami, maka hasilnya tidak instan. Anda dapat kompres mata dengan kantung teh selama 5 menit lalu bilas, lalu aplikasikan pelembap setelahnya.

5. Gunakan kompres dingin

Kompres dingin dapat mengurangi tampilan lingkaran hitam mata panda. Sebab kompres dingin membantu mengecilkan pembuluh darah dengan cepat.

Maka dari itu, cara sederhana ini efektif untuk meredakan kemerahan, pembengkakan di area mata, serta mengurangi warna gelap, merujuk Medical News Today.

Hindari untuk mengompres dengan es batu langsung ke kulit karena dapat merusak kulit dan jaringan di dalamnya. Anda dapat menggunakan kompres dingin khusus.

Apabila tidak ada, cara menghilangkan mata panda menggunakan sendok dingin atau mentimun dingin. Lalu kompres area mata panda selama beberapa menit.

6. Kurangi asupan garam

Terlalu banyak mengonsumsi garam tak hanya meningkatkan risiko penyakit seperti hipertensi dan jantung, tapi juga memicu timbulnya kantung mata dan lingkaran hitam.

BACA JUGA :   Tampilan Eye Cream Bioderma yang Menarik dengan Manfaat Luar Biasa

Mengutip laman SF Gate, terlalu banyak konsumsi garam dan kurang minum dapat mengganggu keseimbangan natrium dan kalium dalam tubuh. Kemudian tubuh jadi bekerja lebih keras untuk menahan air dan menyebabkan lingkaran di bawah mata.

Untuk itu, periksa kembali pola makan Anda. Kurangi asupan garam dari makanan-makanan seperti acar, makanan kalengan, frozen food, keripik, dan makanan cepat saji.

7. Stop kebiasaan merokok

Kebiasaan merokok dapat melemahkan kulit, termasuk kulit wajah. Ini karena racun dalam asap rokok merusak kolagen dan elastin–jaringan yang membuat kulit tetap kencang dan kenyal.

Selain itu, zat nikotin dalam rokok membuat kulit menjadi dehidrasi dan kering.

8. Terapi laser

Apabila ingin mendapatkan hasil instan dan permanen, tidak ada salahnya mencoba terapi laser dengan menggunakan energi panas untuk menguapkan sel-sel yang rusak.

Proses terapi laser hanya boleh dilakukan berdasarkan saran dokter. Manfaat terapi ini efektif mencerahkan warna kulit yang lebih gelap sekaligus merangsang produksi kolagen.

9. Blefaroplasti

Blefaroplasti adalah metode yang cocok untuk menghilangkan kantung mata yang juga disertai dengan keluhan lingkaran hitam.

Nantinya lemak yang menumpuk di kelopak mata bawah ini akan melalui proses pembedahan oleh ahli bedah okuloplasti atau ahli bedah kulit.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI