Satu Tahun Usia, Fakultas Vokasi Unhas Terus Kembangkan Produk Inovasi Pangan

Fakultas Vokasi Universitas Hasanuddin (Unhas) telah memasuki usia ke satu dan dalam rangka dies natalisnya yang pertama Fakultas Vokasi terus meningkatkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Pendidikan Vokasi yang mengutamakan keterampilan adalah menciptakan aneka inovasi bagi kemajuan dunia usaha dan industri (DUDI) sehingga peran aktif Fakultas Vokasi bagi Unhas, Indonesia serta Internasional terus ditingkatkan.

“Saat ini Fakultas Vokasi Universitas Hasanuddin akan berusia satu tahun pada tanggal 4 Juli 2023 dan kami terus bebenah untuk memajukan Fakultas vokasi agar pencapaian sesuai dengan tagline kami yakni Vokasi Kuat Menguatkan Unhas, Indonesia dan Global,hal ini memiliki arti penting dalam hal tridarma,” kata Wakil dekan Fakultas Vokasi Unhas, Dr Ida Leida Maria, SKM., MKM, M.Sc.PH yang sekaligus Ketua Panitia Dies Natalis Fakultas Vokasi Unhas ke -1.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa salah satunya dalam meningkatkan kompetensi keterampilan dan menciptakan generasi pencipta, kreatif dan inventor, hal ini tidak bisa dilakukan hanya dengan mengedepankan kognitif saja namun perlu dilatih untuk praktek keterampilan ilmunya di lapangan dan menciptakan kreasi dan inovasi baru yang berguna bagi masyarakat menciptakan aneka inovasi bagi kemajuan dunia usaha dan industri (DUDI) serta peningkatan kesejahteraan masyarakat pada umumnya.

- Iklan -
Baca Juga:  BEM Fakultas Psikologi Unibos Gelar Pelatihan Karya Tulis

Dengan demikian Dr. Ida mengharapkan dengan semangat inovasi di Pendidikan Vokasi, maka akan lahir produk-produk baru yang sangat bermanfaat beberapa produk yang di kembangkan oleh mahasiswa dan Dosen Fakultas Vokasi salah satunya adalah Produk Susu Jagung dan Produk Olahan Roti dengan menggunakan bahan baku dari tepung singkong (free gluten), serta keripik dari dangke.

Product inovasi yang dilakukan oleh Mahsiswa Agribisnis Pangan dengan bimbingan Irwan, S.TP., M.TP.dan Ariella Ramadhani Putri, S.P., M.Si. adalah membuat COMVOI (Corn Milk Vokasi) yang merupakan Minuman Susu jagung yang dibuat dengan mengekstrak jagung kemudian ditambahkan susu UHT (Ultra Hight Temperature), kental manis dan beberapa bahan lainnya.

- Iklan -

Adapun manfaat dari produk ini adalah untuk penyerapan nutrisi dari makanan, terutama nutrisi yang jumlahnya sedikit, salah satunya yaitu kalsium yang merupakan mineral yang sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Susu jagung ini memiliki kandungan gizi mikro yang tinggi, seperti besi (Fe), Karoten, Fosfor, Kalium, Kalsium, Vitamin B1, Vitamin B2, Seng, Serat, Protein, Karbohidrat , lemak jelas Irwan, S.TP., M.TP

Baca Juga:  IAIN Bone kembali 'Panen' Guru Besar, Kini Total 9 Gubes

Produk lainya adalah BRAVO (Bread Vokasi) yang merupakan produk olahan roti dengan menggunakan bahan baku dari tepung singkong yang termodifikasi atau sering dikenal dengan MOCAF (Modified Cassava Flour) dan tepung beras. Keunggulan dari BRAVO yaitu free gluten, karena produk ini sama sekali tidak menggunakan tepung terigu, sehingga aman dikonsumsi oleh orang yang alergi terhadap gluten.

Walaupun produk BRAVO tidak menggunakan tepung terigu sebagai bahan utama, roti yang dihasilkan tetap elastis dan empuk ketika digigit, tentu dengan rasa yang enak pula. Hal ini berkaitan dengan modifikasi proses dan formula yang dilakukan. “BRAVO, Food For You, Food For Us And Food For Health Fresh From The Oven”. jelas Ariella Ramadhani Putri, S.P., M.Si sebagai dosen pembimbing

- Iklan -

Produk-produk inovasi ini dan lainnya akan di pamerkan pada acara puncak Dies Natalis Fakultas vokasi ke 1 pada tanggal 8 juli 2023 dan di harapkan dapat memeriahkan acara tersebut.(*)

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU