Unhas dan Bappenas Selenggarakan Pelatihan Perencana Muda Angkatan ke-22

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Universitas Hasanuddin (Unhas) melalui Pusat Pengembangan Kebijakan Pembangunan (P2KP) melakukan kerja sama dengan Pusat Pembinaan, Pendidikan, dan Pelatihan Perencana (Pusbindiklatren) Bappenas menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan Fungsional Penjenjangan Perencanaan (DFPP) Muda Angkatan XXII.

Kegiatan ini berlangsung di Ruang Teknokratik, Prof Dr H M Sjukur Abdullah, Kampus Tamalanrea, Makassar, Senin, 19 Agustus 2019.

Kegiatan ini dibukan oleh Sekretaris Unhas, Prof Dr Ir H Nasaruddin Salam, MT., yang mewakili Rektor Unhas. Turut hadir Sekretaris P2KP Unhas, Dr Sultan Suhab, SE., M Si., yang mewakili Kepala P2KP Unhas, serta 20 peserta dari berbagai daerah di Indonesia.

- Iklan -

Dalam sambutannya, Prof Nasaruddin Salam menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh Unhas sebagai pelaksana kegiatan ini. Prof. Nasaruddin juga menjelaskan tentang kondisi sumber daya manusia yang dimiliki Unhas, serta komitmen untuk mengembangan SDM. 

Baca Juga:  UIN Alauddin Makassar Terakreditasi Unggul

“Dosen di Unhas kurang lebih ada 1.800 dengan kualitas bervariasi. Ini adalah potensi yang menjadi kekuatan kita, dan kekuatan organisasi pada umumnya.  Untuk mencapai peningkatan dalam suatu instansi, peranan SDM sangat strategis,” jelas Prof. Nasaruddin.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris P2KP dalam laporannya menjelaskan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 20 peserta dari beberapa jabatan fungsional perencana yang ada di Indonesia. Dengan rincian, delapan orang peserta dari Kementerian, dan 12 peserta dari lembaga pemerintah baik pusat maupun daerah, tiga diantaranya berasal dari pemerintah daerah di Sulawesi Selatan.

- Iklan -
Baca Juga:  Buka Puasa Bersama KPI Macquarie Jadi Ruang Berjumpa Komunitas Muslim Indonesia di Sydney

“Ini adalah angkatan 22 untuk tingkat muda. Kita mendapatkan peserta yang betul-betul siap masuk ke jabatan fungsional. Saya pikir yang hadir dari latar belakang yang berbeda bisa saling sharing nantinya,” jelas Sultan.

Untuk konsep kegiatan sendiri, para peserta akan dibekali materi yang telah disiapkan. Juga ada kunjungan lapangan ke Kabupatan Pangkep untuk mempelajari pencapaian pemerintah setempat untuk keluar dari status kabupaten tertinggal.

Kepala Pusbindiklatren Bappenas, Dr. Guspika, MBA, melalui video conference mengucapkan terima kasih atas kerjasama yang baik antara Unhas dan Pusbindiklatren Bappenas. Dalam sambutannya, ia ingin menggandeng Unhas untuk terus melakukan kerjasama dalam mengembangkan SDM khususnya dalam perencanaan pembangunan. Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan DFPP dijadwalkan akan berlangsung selama satu bulan, sejak tanggal 19 Agustus sampai dengan 20 September 2019. (FP/Rls)

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU