3 Contoh Rundown Acara Atau Susunan Acara yang Benar Lengkap Cara Membuatnya

FAJAR Pendidikan

3 Contoh Rundown Acara Atau Susunan Acara yang Benar Lengkap Cara Membuatnya, susunan dari sebuah program dengan cara sistematis mulai dari dilangsungkannya suatu acara yang sudah dibatasi oleh adanya sebuah durasi.

Dilansir dari laman resmi Materibelajar.co.id, berikut ini 3 Contoh Rundown Acara Atau Susuna Acara yang Benar Lengkap Cara Membuatnya. Simak berikut ini :

Pengertian Rundown Acara

Rundown Acara yaitu suatu susunan dari sebuah program dengan cara sistematis mulai dari dilangsungkannya suatu acara yang sudah dibatasi oleh adanya sebuah durasi. Dan umumnya pembuatan sebuah rundown acara itu dilakukan oleh seseorang panitia dari suatu acara.

Di dalam pembuatannya sebuah rundown acara ini biasanya sudah berbentuk tabel serta biasa dipakai di dalam berbagai macam event yang sedang berlangsung ataupun suatu acara, baik itu sebuah acara seminar, televisi ataupun event yang semacam talkshow, acara pernikahan, konser musik, peresmian suatu gedung, serta lain sebagainya.

Adapun fungsi rundown acara itu sendiri yakni supaya di dalam berlangsungnya suatu acara bisa tersusun secara teratur, rapi serta sistematis.

Untuk audiens yang masih sangat awam, rundown acara pula dapat sangat membantu mereka semuanya supaya bisa mengetahui serta memahami tentang jalannya sebuah acara.

Maka adanya rundown, disetiap rincian yang akan dilangsungkannya suatu acara yang akan diatur serta disusun dengan detail, dari awal mulainya acara sampai acara berakhir.

Contohnya saja seperti beberapa menit bagi waktu yang bisa dihabiskan di dalam proses pembukaan, lalu berapakah menit untuk melalukan kata sambutan, berapa menit untuk jeda pada acara tersebut, serta begitu pula seterusnya di dalam menyusun suatu acara yang lain sebagainya.

Maka dengan cara begitu, kita akan mengetahui soal berapa perkiraan waktu yang harus diperlukan agar melangsungkan suatu acara, sehingganya dengan adanya sebuah rundown, kita juga akan jauh lebih menghemat waktu dikarenakan jalan acara telah tersusun dari sebagaimana yang mestinya.

BACA JUGA :   Metamorfosis Lalat Lengkap Proses, Tahapan, Siklus Metamorfosis Lalat

Kemudian di dalam penysunan rundown acara pula dapat dipakai untuk mengkoordinasikan si panitia serta juga si pengisi acara, sehingga bisa saja mengeliminasi adanya sebuah kesalahan yang mungkin saja sebuah waktu dapat saja terjadi.

Sehigga dengan demikian pada pihak penanggung jawab bisa saja mengatur apa saja yang bisa menjadi tugas pokok dari setiap anggotanya. Serta dengan hal itu juga panitia juga akan mengetahui kapan saja waktunya yang harus melakukan di bagian acara yang ini serta kapan harus mengerjakan pada bagian acara yang juga lainnya.

Begitu pula dengan semua pengisi acara yang juga lainnya di mana mereka itu akan mengetahui kapan saja waktunya mereka itu harus mempersiapkan diri untuk maju tampil, sehingga dengan susunan acara ini dapat semakin melancarkan pada dilangsungkannya suatu acara.

Akan tetapi meskipun telah disusun serta diatur dengan detail mengenai acara serta waktu untuk dilangsungkannya, di rundown acara yang pada umumnya sifatnya yang begitu fleksibel, atau dapat saja dikatakan sebuah waktu dapat mengalami suatu perubahan.

Tapi selama hal itu tidak menyimpang jauh dari pada konsep yang telah disusun, maka tentunya hal itu bukanlah sebuah masalah yang sangat berarti. Dibagian ini adalah tanggung jawab dari acara tersebut sendiri supaya kiranya dapat dengan segera mungkin mengkoordinasikan serta mongkominikasikan bersama pihak-pihak yang sudah terkait di dalamnya.

Cara Membuat Roundown Acara

  • Pada Rundown yang kerap kali dikenal dengan sebutan sebuah susunan acara yang sudah di bentuk pantia.
  • Didalam penyusuna acara yang harus disesuai dengan waktu yang sudah di susun lalu si sesuaikan dengan jalannya sebuah acara yaitu (tak mengalami keterlambatan ataupun dipacu supaya dapat lebih cepat)
  • Di pihak Penanggung jawab yang sudah tertera (di dalam tabel) yakni seseorang panitia yang sudah bertanggung atas berjalannya sebuah acara. Kepada penanggung jawab ini sangat disarankan hanya ada satu orang saja dari pada semua bagian acara dikarenakan untuk menghindari perdebatan.
  • Saat acara belum juga dilangsukan sebaiknya itu, dilakukan pada satu hari dari sebelum acara yang dilangsungkan, jadi disemua panitia yang sudah terlibat di dalam sebuah acara ataupun kegiatan itu mesti terlebih dahulu untuk melakukan glad yang bersih, supaya bisa menyesuaikan waktunya yang ada didalam susunana acara
  • Tanamkan sebuah rasa saling percaya diantar panitia, serta pula rasa tanggungjawab diatas segala ditugaskan yang telah diberikan.
  • Terhadap dari penyusun acara ini yang harus selalu bisa meninjau jalannya diacara yang telah dia ataupun mereka rancang
  • Pada berbagai macam Perlengkapan yang sudah di rancang harus di kooordinasikan untuk terlebih dahulu bersama panitia yang terdapat pada bidang perlengkapan
  • Dipihak penanggung jawab sifatnya umum baik pria ataupun wanita, yang sudah dianggap mampu serta siap.
  • Untuk semuan panitia harus melakukan koordinasi dan juga berinteraksi secara baik serta di sesuaikan dari sususnan acara yang telah disusun.
BACA JUGA :   Teori AtomĀ  Mekanika Kuantum Menurut Para Ahli

Contoh Rundown Acara

Di bawah ini ada beberapa contoh yang dapat dijadikan sebagai sebuah acuan didalam menyusun ataupun membuat contoh dari rundown acara atau disebut pula dengan nama susunan acara. Berikut ini adalah penjelasannya.

Contoh Rundown Acara Gathering

Hari ke 1
Waktu Kegiatan
10:00-11:30 Open Gate
11:30-13:00 Persiapan dan ISHOMA
13:00-13:20 Pembukaan
13:20-13:30 Sambutan Dari Ketua Pelaksana
13:30-13:50 Sambutan Dari Ketua Harian
13:59-14:10 Sambutan Dari Ketua Umum
14:10-14:30 Sambutan Dari Ketua
14:30-14:50 Sambutan Dari Ketua Jurusan
14:50-15:10 Sambutan Dari Direktur
15:10-15:30 ISHOMA
15:30-17:30 Diskusi Untuk Pembahasan Organisasi I
17:30-18:45 ISHOMA
19:45-19:55 Pembukaan
20:05-04:45 Acara Bebas Dan Istirahat Tidur
Hari Ke 2
Waktu Kegiatan
04:45-05:30 Shalat Subuh dan Persiapan Acara
05:30-06:30 Senam Pagi
06:30-07:00 Sarapan Pagi dan Persiapan Untuk Acara Selanjutnya
07:00-09:00 Game 1 yakni Bola Sarung
09:00:10:00 Game 2 yakni Tarik Tambang
10:00-11:00 Game 3 yakni Bakiak
11:00-13:00 Bersih-bersih dan ISHOMA
13:00-14:30 SERTIJABĀ IKARA
14:30-15:00 Penutupan dan Pembagian Hadiah
15:00-16:00 Operasi Semut dan Persiapan Pulang

Bagikan: