ADV A1
ADV B1

3 Langkah Awal Belajar UTBK, Kamu Harus Tahu!

FAJAR Pendidikan

Lantas, bagaimana cara belajar UTBK yang cepat dan efektif? Ada tiga langkah awal yang bisa kamu manfaatkan saat belajar materi UTBK, antara lain:

1. Membangun Kebiasaan Belajar

Saat membangun kebiasaan belajar yang efektif, kamu harus menerapkan manajemen waktu yang lebih efisien. Agar lebih mudah, kamu bisa membuat jurnal belajar dengan fokus untuk mengerjakan apa yang bisa dikerjakan hari ini, merencanakan apa yang bisa dikerjakan besok dan meninggalkan kegiatan yang kurang penting.

-ADV C2 -

Setelah membuat jurnal belajar, cobalah untuk mengevaluasinya. Cari tahu apa saja materi yang telah kamu kuasai dalam jurnal tersebut, mana materi yang belum dan materi yang susah untuk dikuasai. Lewat cara ini, kamu bisa menganalisa kemampuanmu menjawab soal-soal UTBK secara lebih baik.

2. Menganalisa Medan

-ADV C3 -

Ibarat prajurit yang sedang berperang, agar peluang lolos UTBK makin tinggi, kamu harus menganalisa medan yang akan kamu hadapi. Caranya, kamu harus mulai fokus pada soal-soal yang kemungkinan diujikan pada UTBK, hingga jurusan apa yang sesuai dan berpotensi lolos. Kamu bisa mulai dari jurnal belajar yang sudah kamu buat. Dari jurnal tersebut, kamu sudah bisa menentukan kemampuanmu menguasai materi UTBK. Tidak ada salahnya jika kamu mengikuti try out sebagai simulasi.

BACA JUGA :   3 Tips Peluang Masuk PTN Favorit SNMPTN 2022

3. Membuat Perencanaan yang Matang

Yang terakhir, setelah membangun kebiasaan belajar dan menganalisa medan, mulailah untuk merancang perencanaan yang matang. Rencana ini dapat memotivasi kamu lebih giat dan semangat menghadapi UTBK. Ingat kembali, apa tujuanmu mengikuti UTBK? Bayangkan bagaimana saat kamu lolos masuk PTN yang kamu impikan?

Materi Apa yang Lebih Dulu Dipelajari?

-ADV C4 -

Nah, setelah menerapkan 3 langkah awal belajar UTBK, selanjutnya kamu bisa mulai memetakan materi apa saja yang harus lebih dulu dipelajari. Bagi kamu yang sering bertanya belajar TPA atau TPS dulu? Sebaiknya kamu mulai memahami materi TPS terlebih dahulu. Kenapa begitu?

BACA JUGA :   Waspada Asap Rokok Saat Hamil, Bisa Buat Anak Jadi Stunting

Sesuai namanya, Tes Potensi Skolastik (TPS) biasanya membutuhkan waktu pengerjaan lebih lama. Berbeda dengan materi Tes Potensi Akademik (TPA) yang biasa kamu pelajari di sekolah, TPS bukan materi yang bisa dihafal, karena memerlukan penalaran dan pemahaman untuk menjawab soal-soalnya.

Selain itu, soal-soal TPS bakal keluar di semua kelompok ujian. Bahkan beberapa Ujian Mandiri yang digelar PTN dan PTS mengujikan materi berbasis soal TPS. Walaupun tidak bisa dihafalkan, materi TPS memiliki tingkat kesulitan yang lebih rendah dari materi TPA, sehingga peluangmu mendapatkan nilai tinggi pun semakin besar.

Nah, itulah beberapa cara cepat belajar UTBK yang bisa kamu praktikkan di rumah. Semoga bisa menjadi referensi bagi kamu yang mempersiapkan diri menghadapi UTBK sejak awal.

Selamat mencoba!

-ADV C5 -
ADV B2
ADV E1

BERITA DAERAH

BACA JUGA

ADV E2
- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI