Pedoman Peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-94 Tahun 2022

Tema Hari Sumpah Pemuda 2022 adalah "Bersatu Bangun Bangsa".

Pedoman Peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-94 Tahun 2022. Hari Sumpah Pemuda adalah peringatan kongres Sumpah Pemuda yang dilaksanakan pada 27-28 Oktober 1928. Kongres tersebut menghasilkan sumpah setia para pemuda di Indonesia yang berisi tentang semangat persatuan dan rasa cinta terhadap tanah air.

Dilansir situs Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia (Setneg RI), tema Hari Sumpah Pemuda 2022 adalah “Bersatu Bangun Bangsa”. Tahun ini, Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober memasuki peringatan ke-94.

Sebagai tindak lanjut surat Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia nomor BPP.02.02/9.21.26/MENPORA/IX/2021 tanggal 21 September 2022 tentang Panduan Peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-94 Tahun 2022, dengan ini kami sampaikan beberapa hal sebagai berikut.

1. Tema dan logo peringatan HSP ke-94 Tahun 2022:

a. Tema besar Hari Sumpah Pemuda ke-94 “Bersatu Bangun Bangsa”

b. Logo HSP ke-94 Tahun 2022 Logo dapat diunduh pada laman

Logo HSP ke-94 Tahun 2022
Logo HSP ke-94 Tahun 2022
- Advertisement -

Filosofi Logo Hari Sumpah Pemuda 2022
Setiap simbol pada logo Hari Sumpah Pemuda 2022 memiliki makna sebagai berikut.

  • Karakter Logo (Angka 94): Karakteristik penggabungan warna dalam logo Hari Sumpah Pemuda 2022 menggambarkan Indonesia yang memiliki keberagaman suku, bangsa, dan budaya.
  • Garis: Garis putih di dalam angka 9 dan 4 yang mengikuti bentuk logo memiliki arti kesatuan dan mencerminkan keberagaman sekaligus simbol persatuan yang suci.
  • Lingkaran: Bentuk lingkaran diibaratkan kepalan tangan yang menggambarkan semangat persatuan dan kepemudaan.
  • Dua Garis Berjajar: Garis yang saling berjajar dan mengarah ke atas menggambarkan semangat pemuda-pemudi Indonesia untuk terus bangkit bersama sebagai wujud cinta tanah air Indonesia.
BACA JUGA :   16 Ucapan Selamat Hari Guru Nasional 2022, Singkat namun Sarat Makna

Unduh fileLogo di sini

2. Pelaksanaan upacara bendera:

  1. Upacara bendera peringatan HSP ke-94 Tahun 2022 di tingkat pusat dilaksanakan di Kantor Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi pada tanggal 28 Oktober 2022 pukul 08.00 WIB dengan mengenakan pakaian KORPRI terbaru lengkap dengan peci, lencana KORPRI, dan tanda pengenal pegawai.
  2. Upacara bendera peringatan HSP ke-94 Tahun 2022 di daerah dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan ketat dan pembatasan jumlah peserta dengan mengenakan pakaian KORPRI terbaru lengkap dengan peci, lencana KORPRI dan tanda pengenal pegawai.
  3. Susunan acara pada upacara bendera:
    • pembina upacara tiba di tempat upacara;
    • penghormatan kepada pembina upacara;
    • laporan pemimpin upacara;
    • pengibaran bendera merah putih diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya;
    • mengheningkan cipta dipimpin oleh pembina upacara;
    • pembacaan teks Pancasila;
    • pembacaan naskah pembukaan UUD 1945;
    • pembacaan teks keputusan Kongres Pemuda Indonesia tahun 1928;
    • lagu Satu Nusa Satu Bangsa;
    • amanat pembina upacara (membacakan naskah pidato Menteri Pemuda dan Olahraga);
    • lagu Bangun Pemudi Pemuda;
    • pembacaan doa;
    • laporan pemimpin upacara;
    • penghormatan kepada pembina upacara;
    • upacara selesai.
BACA JUGA :   Ini Beberapa Bahan Makanan Yang Tidak Boleh Ditaruh di Kulkas

3. Pimpinan unit kerja di tingkat pusat maupun daerah diimbau untuk:

  1. menyemarakkan Peringatan HSP ke-94 Tahun 2022 dengan memasang atribut logo dan tema HSP pada media dalam dan luar ruang di lingkungan kantor serta tempat-tempat strategis lainnya dalam bentuk spanduk, umbul-umbul, maupun baliho serta pada media sosial; dan
  2. menjadikan bulan Oktober sebagai bulan pemuda yang berisikan kegiatan-kegiatan kepemudaan yang mengarah kepada penumbuhkembangan semangat Bersatu Bangun Bangsa dengan berpedoman pada protokol kesehatan penanganan dan pencegahan Covid-19.

Demikian kami sampaikan untuk dapat menjadi perhatian dan pedoman penyelenggaraan peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-94 Tahun 2022.

Unduh file di sini

Bagikan

BACA JUGA:

5 Sekolah Kedinasan Semi Militer di Indonesia, Lulus Langsung Kerja!

Sekolah Kedinasan Semi Militer di Indonesia dan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan info syarat masuk sekolah kedinasan. Perguruan Tinggi Swasta (PTS) merupakan pilihan lanjutan...

Rencana Pembelajaran Tatap Muka, Bupati Bone Tekankan Ini ke Camat dan Kepsek

Bone, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Bupati Bone Andi Fahsar M Padjalangi meminta para Camat untuk terus memantau perihal Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di wilayahnya masing-masing. Selain itu,...

Rekomendasi 4 Perguruan Tinggi Kedinasan yang Cocok Untuk Anak IPA dan SMK

Sekolah kedinasan adalah perguruan tinggi yang punya ikatan dinas dengan berbagai lembaga pemerintahan sebagai penyelenggara pendidikan, demikian menurut Badan Kepegawaian Negara (BKN) melalui portal...

Perlu Diketahui, Begini Sejarah Bahasa Suku Bugis

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Bahasa adalah sebagai alat berkominikasi sehari-hari kita gunakan dalam bersosialisasi, Nah kali ini ada beberapa sejarah dari tulisan lontara khususnya di suku...

Kenapa Sisi Kiri Wajah Lebih Bagus Buat Selfie ya?

FAJARPENDIDIKAN.co.id-Pernah nggak kamu memperhatikan wajah dengan seksama? Kalau diperhatikan baik-baik, sebagian besar wajah manusia tidak simetris atau tidak sama kanan-kiri, lho. Tidak percaya? Coba...

POPULER