5 Cara Alami Atasi Gejala Panas Dalam

FAJAR Pendidikan

Panas dalam sebenarnya bukanlah suatu penyakit yang bahkan tidak dikenal dalam dunia medis. Kondisi ini biasanya terjadi akibat berbagai hal, misalnya seperti infeksi bakteri hingga terlalu banyak makan pedas atau asam yang kemudian membuat asam lambung naik. Jika Anda mengalami hal ini, berikut adalah cara alami dan sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi gejalanya.

1. Berkumur-kumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam adalah cara alami dan paling mudah untuk mengatasi gejala pada tenggorokan dan mulut. Garam dapat membantu menghilangkan bakteri dan kuman yang menyebabkan mulut luka serta tenggorokan sakit.

BACA JUGA :   Penyakit Kanker Seharusnya tidak Mematikan, Kok Bisa?

Anda bisa mencampurkan air hangat sebanyak 240 ml dengan 1 sendok teh garam atau setara dengan 5 gram dalam satu gelas. Kemudian, kumur-kumur sambil mendongak menggunakan larutan garam tersebut selama 30 detik. Setelah itu buang airnya dan jangan ditelan. Anda bisa melakukannya satu jam sekali, ketika gejala masih dirasakan.

2. Jadikan campuran lemon, jahe, dan madu sebagai obat kumur

Anda bisa menggunakan setengah gelas air hangat, dicampurkan dengan 1 sendok teh bubuk jahe, 1 sendok teh madu, dan air dari setengah jeruk lemon. Gunakan campuran air tersebut untuk kumur-kumur saat gejala panas dalam menyerang. Kumur lah sambil mendongak agar larutan mencapai bagian tenggorokan Anda.

BACA JUGA :   Tetap Waspada, 78 % Negara Sudah Dijangkiti Cacar Monyet

Ketiga bahan alami ini, lemon, madu, serta jahe, memiliki kandungan zat antioksidan dan antibakteri yang mampu membunuh bakteri-bakteri di sekitar mulut dan tenggorokan.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI