Cara Sederhana Mengatasi Telinga Tersumbat, Gunakan Ini!

FAJAR Pendidikan

Telinga yang tersumbat biasanya bisa mereda dengan sendirinya atau mereda saat kamu menguap, menelan, mengunyah, dan meniup hidung. Namun jika telinga yang tersumbat tak kunjung mereda, ada beberapa metode yang bisa dicoba untuk melegakannya. Berikut ini adalah beberapa metode rumahan yang bisa kamu coba:

1. Gunakan Uap

Uap dapat membantu membuka telinga yang tersumbat jika penyebabnya adalah infeksi atau alergi. Pertama-tama, kamu bisa memanaskan air dalam panci sampai mendidih. Kemudian angkat panci dan letakkan handuk di atasnya. Tarik napas dalam-dalam untuk menghirup uapnya. Kamu juga bisa mandi air hangat untuk mendapatkan manfaat yang sama.

BACA JUGA :   Mengenal Ganja Medis, Manfaat dan Efek yang Ditimbulkan

2. Coba Minyak Esensial

Banyak minyak dianggap memiliki sifat antibiotik, antiseptik, atau anti-inflamasi. Beberapa minyak esensial yang direkomendasikan untuk membantu membersihkan lendir, mengurangi peradangan, atau mengobati infeksi meliputi tea tree oil, minyak kayu putih, dan minyak ppermint. Jenis minyak ini umumhya dapat dihirup sebagai uap atau ditempatkan di dekat hidung sehingga uapnya terhirup.

3. Gunakan Kompres Hangat

Kompres hangat juga bisa kamu coba untuk mengeringkan saluran hidung dan mengurangi jumlah lendir di telinga. Caranya, tuangkan air panas ke waslap bersih lalu  diperas dan tempatkan di bawah telinga yang sakit selama sekitar 5 hingga 10 menit.

BACA JUGA :   10 Negara Legalkan Ganja Medis, Serta Manfaatnya

4. Berkumur Air Garam

Larutan air garam dinilai juga mampu mengurangi lendir di hidung dan telinga. Untuk melakukan kumur air asin, kamu perlu menambahkan sedikit garam ke dalam air dan mencampurnya. Setelah tercampur, kumur-kumur selama beberapa detik lalu memuntahkannya.

Sumber: Halodoc.com

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI