5 Cara Mengatasi HP Android yang Lemot, Mudah Anti Ribet

FAJAR Pendidikan

Perangkat android yang lemot tentu sangat menggangu kinerja anda. Terlebih jika anda kerap menggunakan ponsel android ini untuk berbagai keperluan hingga bekerja. Berikut cara mengatasi hp android yang lemot dalam artikel ini.

Sebenarnya penyebab lemot ini sendiri dikarenakan beberapa faktor. Sebagian besar faktor penyebabnya karena memori internal yang penuh. Selain itu RAM yang penuh juga bisa menjadi penyebab android lemot. Mengatasi hp android yang lemot pun bisa anda coba dengan beberapa cara yang sederhana.

Cara Mengatasi HP Android yang Lemot

1. Kurangi penggunaan widget

Widget memang berfungsi memperindah tampilan homescreen android anda. selain itu anda juga bisa menggunakannya sebagai jalan pintas untuk membuka aplikasi. Namun jika widget terlalu berlebihan akan menyebabkan konsumsi RAM bertambah besar dan membuat android lemot. Kurangi penggunaan widget untuk mempercepat peforma smartphone anda.

BACA JUGA :   Download Happy Mod Uptodown Apk Versi Terbaru Juni 2022, Gratis Klik Disini!

2. Hentikan aplikasi yang tidak terpakai

Menginstall aplikasi yang terlalu banyak akan menyebabkan memori penyimpanan dan RAM penuh. Hal ini akan membuat ponsel mengalami peforma yang lambat. Hapus aplikasi yang tidak terpakai agar memori internal lebih lega. Efeknya smartphone pun menjadi lebih cepat tanpa lemot.

3. Update software

Jika anda menerima notifikasi update software sebaiknya segera update software tersebut. Hal ini bertujuan agar perangkat ponsel tidak mengalami kelambatan dalam kinerja. Pasalnya software yang sudah lama akan membuat kinerjanya tidak seimbang dengan fitur-fitur baru yang tersedia. Oleh sebab itu anda mesti rajin mengupdate software tersebut untuk memperlancar peforma ponsel anda. Masuk ke menu setting kemudian pilih about dan sistem update. Kemudian pilih menu check for updates.

BACA JUGA :   Roket yang Tabrak Bulan Menciptakan Lubang Besar, Diduga Punya China

4. Gunakan aplikasi serbaguna

Aplikasi serbaguna berfungsi agar memori internal lebih hemat dan tidak cepat penuh. Jika perangkat android anda sudah di-root maka gunakan aplikasi Apps2SD. Dalam satu aplikasi tersebut anda bisa mendapatkan fungsi partisi SD Card, link aplikasi ke memory card, hingga bakcup aplikasi secara mudah. anda juga bisa mendapatkan banyak fungsi serupa pada aplikasi Clean Master.

5. Perhatikan jumlah memori

Kapasitas memori internal juga berpengaruh besar pada peforma smartphone anda. jika kapasitas memori internal sudah sedikit sebaiknya hindari menyimpan data di memori internal. Jika anda kerap menyimpan banyak memori sebaiknya gunakan SDCard untuk memaksimalkan penyimpanan data tanpa membuat perangkat smartphone penuh.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI