ADV A1
ADV B1

5 Fakta Menarik Daun Kelor yang Belum Diketahui

FAJAR Pendidikan

-ADV C1 -

Sebagian dari masyarakat kita masih menganggap daun kelor identik dengan hal mistis, bahkan ada yang memakainya sebagai alat untuk mengusir makhluk halus dan digunakan sebagai bahan campuran dalam memandikan jenazah. Tapi tahukah kalian? Daun kelor memiliki fakta menarik yang masih belum kalian ketahui lho!

Berikut ini 5 fakta menarik daun kelor yang jarang diketahui orang-orang :

1. Sebagai salah satu jenis tanaman obat yang diakui oleh dunia medis

-ADV C2 -

Dunia kesehatan telah menggunakan daun kelor, menjadi salah satu bahan obat-obatan. Serbuknya dikemas ke dalam bentuk kapsul, yang dijadikan suplemen kesehatan, karena memang di dalam tumbuhan ini mengandung nutrisi yang cukup tinggi sehingga bermanfaat bagi daya tahan tubuh.

-ADV C3 -

Bahkan lembaga-lembaga internasional telah mengkampanyekan tanaman ini, seperti WHO (World Health Organization), National Geographic, National Institute of Health sebagai cara untuk mengatasi malnutrisi di negara-negara miskin.

BACA JUGA :   Ramalan Zodiak Minggu Ini

2. Kandungan gizi yang begitu lengkap

Vitamin A, vitamin B2, B6, C, zat besi, magnesium, dan protein dalam jumlah yang cukup tinggi dan mudah untuk dicerna oleh tubuh. Tak hanya itu saja, lebih dari 40 anti oksidan serta mineral penting dan menjadi sumber protein yang berkhasiat.

3. Kelor juga telah digunakan di dalam dunia kecantikan

-ADV C4 -

Anti oksidan yang dikandungnya dapat menjaga kulit dari radikal bebas, sehingga kulit terjaga dan tetap segar, bersih, dan berkilau alami. Terdapat kandungan vitamin C untuk dapat menghilangkan flek hitam pada wajah.

Daunnya dapat diolah menjadi masker, untuk diaplikasikan kemudian pada wajah yang terdapat jerawat dan flek hitam tersebut.

BACA JUGA :   Berikut Ciri-ciri Orang Cerdas, Apakah Kamu Termasuk?

4. Daun kelor dibuat ke dalam beragam olahan makanan dan minuman

Di dunia industri pengolahan makanan dan minuman, daun kelor biasanya dibuat menjadi minuman berupa teh hijau dan teh celup. Bubuknya dibuat menjadi beragam camilan.

Jika dikombinasikan dengan cokelat dapat menghasilkan cokelat daun kelor. Dan masih banyak lagi olahan lainnya. Boleh dicoba tuh!

5. Sebagai obat antikanker

Tanaman kelor efektif dan terbukti sebagai obat anti kanker. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa benzyl isothiosianat yang terdapat di dalam tanaman kelor, secara in vitro mampu menginduksi apoptosis terhadap sel kanker ovarium serta dapat menghabisi pertumbuhan sel kanker pankreas.

Semoga dengan kelima pengetahuan di atas, menjadi pelajaran bagi kita. Betapa beragamnya manfaat yang bisa didapat dari tanaman kelor.

 

 

-ADV C5 -
ADV B2
ADV E1

BERITA DAERAH

BACA JUGA

ADV E2
- ADV D1 -
Sponsor
- ADV D2 -

TERKINI