5 Keutamaan Dua Rakaat Sebelum Shalat Subuh, Lebih Baik dari Dunia dan Seisinya

FAJAR Pendidikan

Dua rakaat sebelum subuh memiliki keutamaan besar yang sangat rugi jika di tinggalkan, Sholat sunnah qobliyah subuh atau sebelum subuh ini sangat di anjurkan untuk di amalkan si setiap sebelum sholat subuh.

Rasulullah SAW sangat menganjurkan qobliyah subuh atau sholat sunnah sebelum subuh. Dua Rakaat sholat sunnah sebelum subuh ini nilainya lebih baik daripada jagad seisinya sebagaimana pesan Rasulullah SAW berikut ini: Keutamaan dua rakaat sebelum subuh

“Dua rakaat shalat fajar lebih baik dari dunia seisinya.”

Walaupun begitu, hal yang harus diperhatikan juga yaitu, anjuran untuk tidak berlama-lama dalam sholat, mengingat predikatnya sebagai sholat sunnah sebelum subuh.

Untuk mengetahui informasi mengenai sholat sunnah sebelum subuh dan keutamaan, simak Keutamaan dua rakaat sebelum subuh yang dilansir dari merdeka.com berikut ini.

1. Bacaan Niat Sholat Sunnah Sebelum Subuh

Niat merupakan landasan dasar dalam setiap menjalankan aktivitas. Begitu juga dengan sholat sunnah sebelum subuh bisa kalian lafalkan sesuai dengan bacaan berikut:

“Ushalli sunnatash-shubhi rak’ataini qabliyyatal lillahi ta’ala.”

Artinya: “Aku niat shalat sunah sebelum Subuh dua rakaat karena Allah Taala.”

BACA JUGA :   Teks Khutbah Jumat Terbaru Edisi 77 Tahun Kemerdekaan RI Bersamaan dengan Bulan Muharram

Bisa juga dengan niat shalat fajar sebagai berikut:

“Usholli sunnatas shubhi rok’ataini mustaqbilal qiblati adaa-an lillaahi ta’aala.”

Artinya: “Saya niat shalat sunnah subuh dua rakaat menghadap kiblat karena Allah Ta’ala.”

Untuk tata cara pengerjaan sholat qobliyah subuh, serupa dengan saat kita melaksanakan sholat subuh.

Selanjutnya, terdapat alasan untuk tidak berlama-lama dalam menjalankan sholat sunnah sebelum subuh mengikuti Rasulullah SAW (liitba’I sunnatir rasul) yang cukup membaca surat Al-Kafirun dalam rakaat pertama (setelah Al-Fatihah) dan Al-Ikhlash (setelah Al-Fatihah) pada rakaat kedua. Atau membaca Alam Nasyrakh (surat Al-Insyirakh) pada rakaat pertama dan Alam Taro (Surah Al-Fiil) pada rakaat kedua.

Secara praktis, tersebut pula dalam Nihayatuz zain anjuran untuk membaca wirid khusus setelah dua rakaat sambil menunggu sholat subuh. Bacaan itu adalah (1) Ya Hayyu Ya Qayyum La Ilaha Illa anta, 40 kali. (2) Surat Al-Ikhlas, 11 kali (3) Surat Al-Falaq, 1 kali (4) Surat An-Nas, 1 kali dan (5) Subhanallah wa Bihamdihi, Subhanallahil Adhim, Asytaghfirullah, 100 kali.

2. Lebih Baik dari Dunia dan Seisinya

Keutamaan yang pertama adalah kebaikannya yang lebih baik dari dunia dan seisinya. Keutamaan sholat sunnah sebelum subuh yang satu ini mungkin sudah banyak diketahui oleh kaum muslimin.

BACA JUGA :   Khutbah Jumat, 12 Agustus 2022, Singkat Tentang "Setiap Kesulitan Ada Kemudahan"

Jika kalian sudah tahu keutamaan ini, seharusnya sadar bahwa keutamaan sholat sunnah sebelum subuh saja sudah begitu besarnya, bagaimana dengan keutamaan shalat subuh itu sendiri?

Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda tentang keutamaan luar biasa dari sholat subuh,

“Seandainya mereka mengetahui keutamaan yang ada pada sholat isya dan sholat subuh, tentu mereka akan mendatanginya sambil merangkak.” (HR. Bukhari dan Muslim).

3. Mengikuti Teladan Rasulullah

Keutamaan sholat sunnah sebelum subuh selanjutnya yaitu, sebagai usaha kita dalam mengikuti teladan dari diri seorang Rasulullah. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memberikan contoh kepada kita agar senantiasa menjaga rutinitas dalam melaksanakan sholat qobliyah subuh.

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dahulu diam antara adzannya muadzin hingga sholat subuh. Sebelum sholat subuh dimulai, beliau dahului dengan dua rakaat ringan.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI