Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Workshop Program Pembelajaran e-Learning di Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM) dihadiri oleh Dekan FMIPA UNM Makassar Drs Suwardi Annas, M Si., Ph D. dan dibuka oleh Wakil Dekan I Akademik Dr Awi Dassa, M Si. pada hari Selasa, 28 Januari 2020 di Ruang Seminar Jurusan Kimia di Lantai 2. Kampus UNM Parangtambung.

Dekan dalam sambutannya memberikan pengarahan tentang program perkuliahan semester genap tahun 2019/2020 akan akan dimulai pada tanggal 3 Februari 2020.

Turut hadir dalam workshop ini adalah Wakil Dekan 2 Dra Hj Sumiati Side, M Si., dan Ketua Jurusan Kimia Dr Muhammad Anwar, M Si.  beserta dosen prodi Kimia maupun Pendidikan Kimia yang sempat hadir berjumlah 18 Orang.

Pada kesempatan itu, Dr Awi Dassa, M.Si  menjelaskan  cara mensimulasi absensi online untuk mata kuliah. “Setelah difinalisasi, sudah bisa online. Dan mulai semester ini, akan diberlakukan absensi online,” terangnya.

Baca Juga :   FKIP Unismuh Makassar Jamin Lulusannya Diterima Masyarakat Global

Dr Rusli, M.Pd. (Dosen Matematika FMIPA) hadir sebagai pemateri. Dalam pemaparannya, ia menjelaskan tentang  perlu ada unsur pedagoginya.

“Memberikan perkuliahan dengan tatap muka. Dengan tugas (problem solving), dengan up load bahan ajar (teks, gambar, video, dan lain-lain). Tugas latihan per Kegiatan belajar (essay) dan latihan soal (sebaiknya pilihan ganda ). Supaya capaian ketuntasan bisa 80%,” paparnya.

Salah satu dosen kimia yang ikut pelatihan ini adalah Dr Mohammad Wijaya, M Si. memberikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan ini dan memberikan semangat untuk terus mengupdate bahan ajar.

“Kalau perlu bahan ajar yang kita buatkan diberikan kepada mahasiswa, dan jurnal yang terkait dengan mata kuliah yang diajarkan dan terbaru, diantaranya mata kuliah kimia fisik dan kimia lingkungan yang erat berhubungan penerapan ilmu di masyarakat,” ungkapnya.

“Ini memberikan angin segar untuk proses pembelajaran secara online sehingga bisa menjadikan kampus merdeka,” tambahnya.

Baca Juga :   Bawaslu Sulsel dan UIN Alauddin Jalin Kerjasama Tawarkan Deklarasi Anti Hoax Jelang Pemilu

Pada kegiatan pelatihan ini dilakukan diskusi dan tanya jawab tentang mengakses e-learning dan membuka file dengan memasukan foto, gambar dan dokumen bahan ajar serta jadwal perkuliahan semester genap ini bisa dirubah tanggal perkuliahan sesuai jadwal yang diberikan.

Hadir mendampingi pemateri Nasrul Ihsan, S.Si, M.Si (Dosen Fisika dan Sekretaris ICT UNM sebelumnya). Hasil workshop pembelajaran e-learning akan ditindaklanjuti dengan workshop kedua yang akan direncakan pada pertemuan kedua perkuliahan, untuk mengetahui sejauh mana hasil perkembangan pembelajaran ini.

Pada Worhsop selanjutkan akan diadakan di jurusan biologi, fisika, matematika, geografi , statistika dan IPA. (FP)