5 Manfaat Nostalgia untuk Kesehatan Mental, Penting Untuk Tahu

FAJAR Pendidikan

Manfaat Nostalgia untuk Kesehatan Mental, Penting Untuk Tahu. Sebagian orang yang memiliki sifat sentimental dan hobi bernostalgia. Sampai-sampai, mereka tak mau menyingkirkan barang-barang yang memiliki banyak kenangan walau sudah tak diperlukan. Orang-orang ini kerap dicap terlalu berperasaan.

Namun jangan salah, faktanya nostalgia justru bisa memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan mental, lho. Dilansir dari laman Halo Sehat berikt penjelasannya

Manfaat nostalgia untuk kesehatan mental

Kenangan akan masa lalu dapat menimbulkan rasa nyaman dan senang dalam hati Anda. Tak cuma meningkatkan rasa bahagia, nostalgia ternyata juga bisa memberikan berbagai manfaat yang tak kalah penting untuk kesehatan mental.

1. Mencegah kesepian

Biasanya, nostalgia tidak terlepas dari kehadiran orang lain. Sebuah penelitian pernah mengungkapkan, bernostalgia sering menjadi cara seseorang untuk merasa lebih baik ketika sedang kesepian.

Nostalgia membangkitkan kenangan akan hal-hal yang pernah Anda lalui bersama orang-orang terdekat. Kenangan ini sering diikuti dengan refleksi tentang hubungan Anda dengan orang tersebut.

BACA JUGA :   Mengenal Ganja Medis, Manfaat dan Efek yang Ditimbulkan

Sebagai contoh, Anda teringat akan kejutan yang diberikan seorang teman pada momen ulang tahun Anda. Lantas, Anda jadi tak terlalu merasa sendirian karena tahu bahwa Anda masih memiliki teman-teman baik yang bisa dihubungi setiap Anda membutuhkannya.

Pernahkah Anda ketika mendengarkan lagu tertentu justru membuat Anda teringat mantan? Walaupun tidak berirama sedih, lagu tersebut bisa membawa kembali kenangan ketika Anda berdua bersama. Rupanya, ada penjelasan ilmiah terkait hal ini. Simak ulasannya di bawah ini.  Alasan mendengar lagu tertentu membuat Anda ingat mantan Beberapa tahun belakang ini, beberapa penelitian menunjukkan bahwa mendengarkan musik dapat merangsang

2. Lebih menghargai hidup

Berbeda dengan ingatan biasa, nostalgia melibatkan respons emosional Anda. Ketika suatu peristiwa menjadi nostalgia, berarti peristiwa tersebut memiliki makna dan aspek-aspek berharga yang memberikan pelajaran atau kesan yang lebih dalam untuk Anda.

Ada kalanya nostalgia berupa kenangan masa-masa sulit yang pernah Anda jalani. Kesannya memang tidak selalu menyenangkan, tapi dapat menjadi pengingat yang menguatkan Anda saat sedang sedih.

BACA JUGA :   Apa itu Bulimia Nervosa?

Toh, ternyata Anda masih bertahan sampai sekarang walau telah diterpa kesusahan.

Melalui nostalgia, Anda belajar lebih bersyukur dengan apa yang dimiliki. Selain itu, Anda juga jadi optimistis untuk melakukan hal yang lebih berarti di masa depan.

3. Meningkatkan pertahanan diri dari stres

Orang-orang yang kerap menggunakan nostalgia sebagai cara untuk merasa bahagia dipercaya memiliki tingkat ketahanan yang tinggi. Artinya, ketika mereka mengalami stres, mereka akan lebih mudah bangkit kembali dan tidak terlarut dalam emosi negatif.

Bahkan, hal ini juga bermanfaat ketika mereka menghadapi tantangan yang sulit. Misalnya, mereka mengingat saat-saat berhasil lulus ujian yang ketat di masa lalu.

Ingatan tersebut akan meyakinkan bahwa mereka bisa melalui tantangan yang baru dengan sama baiknya seperti dulu. Tak disadari, nostalgia semacam ini dapat memberikan keberanian dan rasa percaya diri.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI