Rabu, Januari 20, 2021

7 Cara Alami Membersihkan Paru-Paru dari Tumpukan Lendir Polusi

FAJARPENDIDIKAN.co.id – Seorang Reporter, Arini Sa’adah, dalam sebuah hasil wawancaranya dengan  ahli medis, membuat laporan :  Paru – paru adalah organ yang mampu membersihkan dirinya sendiri setelah terpapar polusi udara. Meskipun begitu, kita perlu menerapkan gaya hidup sehat untuk menjaga paru-paru supaya tetap bersih.

Dream paru – paru sebagai organ penting manusia perlu dibersihkan secara teratur. Menjaga kesehatan paru-paru , perlu dilakukan bagi orang yang sering terpapar polusi udara, memiliki kondisi kronis pada pernafasan seperti sakit asma, paru obstruktif kronis dan fibrosis kistik. Dan yang paling utama, kerja keras dari kamu yang aktif merokok. 

Para perokok pasif juga, tidak bisa bersikap santai. Kamu bisa saja menghirup polusi udara dan racun lainnya, yang dapat merusak paru-parumu. Apapun kondisinya, anjuran menjaga kesehatan paru – paru, sangat penting untuk kesehatan tubuh kita. 

Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) melaporkan, polusi udara menjadi penyebab 4,2 juta kematian di seluruh dunia, setiap tahunnya. Paru-paru dikenal sebagai organ yang mampu membersihkan dirinya sendiri. Polusi udara menyebabkan banyak lendir yang terdapat di dalam paru-paru. Lendir ini berfungsi untuk menangkap mikroba dan patogen yang membantu mengurangi sesak dan berat pada paru-paru efek dari polusi. 

Nah, setiap orang sebenarnya dapat membersihkan lendir yang terkumpul di dalam paru-parunya. Beberapa metode yang ada, dapat membantu membuka saluran udara, meningkatkan kapasitas paru-paru, dan mengurangi peradangan serta mengurangi efek polusi dan asap yang ada di dalam paru-paru. 

Mengutip laman Medical News Today, berikut 7 cara alami untuk membersihkan paru-paru dari lendir polusi : 

Terapi Uap, Terapi uap, dilakukan dengan cara menghirup uap air untuk membuka saluran dan membantu paru-paru  mengeringkan lendir. Selain itu, udara panas dan dingin dapat membantu mengeringkan selaput lendir di dalam saluran udara. 

Kemudian uap, menambah kehangatan dan kelembaban udara yang  tentu saja dapat meningkatkan pernafasan serta membantu melonggarkan lendir di dalam saluran udara pada paru-paru. 

Menghirup uap, dapat membuat anda bisa bernafas lebih mudah setelah terpapar polusi udara.

Mengontrol Batuk, Cara alami untuk membersihkan paru-paru selanjutnya, adalah dengan batuk.

Batuk, sebenarnya, cara tubuh untuk mengeluarkan racun yang telah terperangkap dalam lendir di paru-paru. Batuk yang terkontrol, dapat melonggarkan kelebihan lendir di paru-paru, dan menghembuskannya melalui saluran udara.

Dokter menyarankan supaya penderita COPD atau Chronic Obstructive Pulmonary untuk melakukan latihan berikut ini,  untuk membantu membersihkan paru-paru mereka. Dengan terapi seperti ini, mereka dapat membersihkan paru-paru mereka. Caranya : 

Duduk di kursi dengan bahu santai, dan kedua kaki rata menyentuh lantai. Kemudian lipat lengan anda di atas perut lalu secara perlahan, tariklah nafas melalui hidung. Buanglah nafas ke depan, dorong lengan ke perut, dan bentuklah dua atau tiga kali saat menghembuskan nafas. Biarkan mulut tetap terbuka dan secara perlahan tariklah nafas melalui hidung lagi. Ulangi langkah ini dengan tidak berlebihan.

Menguras Lendir dari Paru-Paru, Cara menguras lendir dari paru-paru, disebut dengan Teknik Drainase Postural. Dapat dilakukan dengan posisi berbaring. Latihan menguras lendir ini, dapat meningkatkan kerja pernafasan dan membantu anda mengatasi serta mencegah infeksi paru-paru. 

Cara tersebut secara alami, untuk membersihkan paru-paru dan lendir akibat polusi udara. 

Posisi punggung : Berbaring di lantai atau tempat tidur, kemudian tempatkan bantal di bawah pinggul untuk memastikan bahwa dada lebih rendah dari pinggul. Selanjutnya, secara perlahan tarik nafas melalui hidung dan buang nafas melalui mulut. Setiap nafas harus memakan waktu dua kali lebih lama dari yang dihirup,  disebut pernafasan 1 : 2 lanjutkan selama beberapa menit. 

Posisi ke samping : Berbaringlah di satu sisi. Sandarkan kepala di lengan atau bantal. Tempatkan bantal di bawah pinggul. Praktekkan pola pernafasan 1 : 2. Lanjutkan selama beberapa menit, dan ulangi latihan ini pada sisi lain.

Posisi di perut, letakkan tumpukan bantal di lantai. Lalu berbaringlah dengan perut di atas bantal. Jaga posisi pinggul tetap di atas dada. Lipat lengan di bawah kepala untuk penyangga, praktekkan pola pernafasan 1 : 2. Lanjutkan latihan ini selama beberapa menit.

OlahRaga Teratur, Olahraga, sangat berguna bagi kesehatan fisik, dan mental seseorang. Olahraga membuat otot bekerja lebih keras sehingga meningkatkan laju pernapasan tubuh. Artinya, akan menghasilkan pasokan oksigen yang lebih banyak ke otot.

Hal ini dapat meningkatkan sirkulasi, membuat tubuh lebih ringan dan dapat menghilangkan gas karbon dioksida pada tubuh.  Dengan olahraga teratur, orang dengan penyakit paru-paru kronis, dapat memperoleh manfaat dengan syarat, konsultasi langsung dengan dokter.

Konsumsi Teh Hijau, Selain untuk diet, ternyata  teh hijau juga dapat digunakan secara alami untuk membersihkan paru-paru. Teh hijau mengandung antioksidan yang dapat mengurangi peradangan di paru-paru. Selain itu, juga dapat melindungi jaringan  paru-paru dari efek bahaya polusi udara dan asap beracun.

Konsumsi Makanan Anti Inflamasi, Cara alami untuk membersihkan paru-paru adalah dengan mengkonsumsi makanan anti inflamasi. Paru yang mengalami peradangan, akan menyebabkan kesulitan bernafas, dan menyebabkan dada terasa berat serta sesak. 

Radang pada paru-paru dapat diatasi secara alami dengan mengkonsumsi makanan anti inflamasi. Makanan yang dimaksud, terdiri dari sayuran hijau, kunyit, buah ceri, buah blueberry, minyak zaitun, kacang kenari, kacang polong dan berbagai kacang-kacangan yang lain.

Perkusi Dada. Cara alami ini untuk membersihkan paru-paru yang terakhir, adalah dengan cara perkusi dada. Perkusi ini merupakan cara yang juga efektif untuk menghilangkan kelebihan lendir dari paru-paru. 

Seorang profesional kesehatan, biasanya akan menggunakan tangan yang ditangkupkan untuk secara teratur supaya dapat mengetuk dinding dada. Cara ini berfungsi untuk mengeluarkan lendir yang terperangkap di paru-paru. Ahli kesehatan menyarankan dengan cara menggabungkan langkah perkusi dada ini dengan drainase postural, supaya dapat membersihkan lendir di dalam saluran paru-paru secara maksimal. 

Itulah 7 cara alami untuk membersihkan paru-paru. Penggunaan Teknik pembersihan dapat mengeluarkan secara efektif, lendir dari paru-paru. Merupakan gaya hidup yang bagus untuk menjaga kesehatan dan paru-paru, serta mengurangi resiko gangguan kesehatan. (P/ana) 

- Advertisement -

Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

Seto Mulyadi

Pemerhati Anak

TERKINI

Istri Bupati Barru Hasnah Syam Berikan Bantuan Para Korban Gempa Sulbar yang Mengunsi di Barru

Barru, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Memegang amanah sebagai "Istri Kepala Daerah" sekaligus "Tokoh Nasional" merupakan dua anugerah yang dapat memberi manfaat besar bagi sebanyak...

Sah! STIE Nobel Jalin Kerja Sama dengan PT Sulsel Citra Indonesia (Perseroda)

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Nobel Indonesia Makassar sepakat melaksanakan kerja sama dengan PT. Sulsel Citra Indonesia (Perseroda), senin 18...

Jasa Raharja Peduli Sasar Masyarakat Terdampak Covid-19 di Empat Lokasi Ini

FAJARPENDIDIKAN.co.id- PT. Jasa Raharja Cabang Sulawesi Selatan mengadakan giat pembagian sembako dengan mengusung tema “Pegawai dan Manajemen Jasa Raharja Berbagi Bantuan Donasi...

Peduli Gempa Sulbar, Sekolah Islam Athirah Galang Donasi

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Sekolah Islam Athirah melalui Tim Athirah Peduli melakukan penggalangan donasi untuk korban terdampak gempa Majene dan Mamuju, Sulawesi Barat,...

PBB Terbitkan Laporan Demografi; Populasi Laki-Laki Jauh Lebih Sedikit

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Baru-baru ini PBB menerbitkan laporang Demografi suku pertama 2019 yaitu manusia berjumlah 7.7 Milyar orang di planet bumi ini.

REKOMENDASI