ADV A1

5 Pulau Terbaik Asia, Raja Ampat dan Bali Termasuk

FAJAR Pendidikan

Conde Nast Traveler, majalah perjalanan asal Amerika Serikat kembali merilis daftar pemenang “Readers Choice Awards 2021”, 5 Oktober lalu. Ada berbagai kategori yang dinominasikan, salah satunya adalah pulau terbaik.

Conde Nast Traveler merilis “Top Islands: Readers’ Choice Awards 2021” dari berbagai belahan dunia, termasuk negara-negara di Asia. Penilaian dihitung berdasarkan respon dan pilihan pembaca dengan metode vote terhadap 800.000 lebih peserta, di mana salah satu indikator penilaiannya berkaitan dengan pesona dan keindahan.

Tercatat, pulau-pulau di Asia Tenggara masih mendominasi untuk kategori pulau terbaik di Asia. Siargao Island, sebuah pulau kecil yang menawan di Filipina dinobatkan sebagai pulau terbaik di Asia versi “Readers’ Choice Awards 2021” dengan skor 97,77.

Salah satu faktor yang membuat para pembaca memberi rating tinggi karena Siargao memiliki pantai pasir putih yang cantik dan bersih. Siargao juga memiliki hutan tropis yang masih asli dan nyaris tak tersentuh. Hal itu lantaran letaknya yang cukup jauh dan terpencil sehingga apa yang ada di Siargao masih terbilang alami.

BACA JUGA :   4 Alasan Presiden Jokowi Buka Ekspor Minyak Goreng

Sementara dua pulau paling tersohor sebagai destinasi wisata unggulan di Indonesia, Raja Ampat dan Bali, juga masuk daftar dengan menempati peringkat dua dan empat.

Khusus Raja Ampat, memang terkenal dengan keindahan bawah lautnya yang merupakan salah satu dari sepuluh surga bawah laut terbaik di dunia. Namun, untuk menjangkau dan mengeksplor keindahannya, membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Ini membuat Raja Ampat menjadi destinasi wisata alam eksklusif bagi para pelancong yang ingin suasana berbeda dan alami.

Ingin ke Raja Ampat? Tak perlu khawatir, kini terdapat banyak paket wisata yang ditawarkan oleh sejumlah penyedia jasa travel di internet. Di antaranya melihat keindahan Pulau Piaynemo, Wayag, Kampung Wisata Arborek, Yenbuba hingga pasir timbul yang punya keunikan masing-masing.

Seperti keunikan Piaynemo yang menyajikan pemandangan alam jika dilihat dari puncak bukit setinggi 59 meter dari permukaan laut, setelah berjuang mendaki tangga kayu berjarak 122,4 meter. Begitu sampai di puncak, mata pun disuguhi pemandangan menakjubkan, berupa hamparan pulau kecil dengan air laut berwarna biru.

BACA JUGA :   Wanda Hamidah Dilaporkan Atas Perusakan Rumah Mantan Suami

Piaynemo juga dikenal dengan sebutan Wayag kecil karena pemandangannya yang menyerupai Pulau Wayag, ikon wisata Raja Ampat. Tapi posisi Wayag yang berada di tempat paling jauh di bagian utara dan harus ditempuh antara enam sampai tujuh jam, membuat wisatawan yang tidak punya banyak waktu, memilih ke Piaynemo saja.

Destinasi lainnya adalah kampung Wisata Arborek yang juga sekaligus menjadi lokasi untuk snorkeling dan menyelam (diving). Juga ada Yenbuba yang menawarkan keindahan taman lautnya.

Keindahan dunia bawah laut Raja Ampat tak perlu diragukan lagi. Tidaklah berlebihan jika ada yang mengatakan, mengunjungi Raja Ampat, wajib sekali seumur hidup. Ya, menjelajah Indonesia, kurang lengkap jika belum menginjakkan kaki dan menikmati sepotong “surga” di timur nusantara ini. (*)

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI