- Advertisement -

6 Kebiasaan Sepele, Menyebabkan Penyakit Ginjal Misterius

Ada 6 kebiasaan sepele, bila tidak dihindarkan, bisa menyebabkan penyakit ginjal misterius. Kebiasaan – kebiasaan apakah itu?

Penyakit ginjal sebetulnya bisa dikendalikan dengan melakukan hal-hal yang sehat seperti makan dan olahraga yang teratur. Namun ternyata, banyak warganet yang masih belum sadar dengan kebiasaan sepele yang sebenarnya bisa merusak ginjal sehingga rentan terkena penyakit.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Dilansir dari Kidney, berikut 6 kebiasaan sepele yang dapat memicu penyakit ginjal.

1. Penggunaan garam

Kebiasaan pertama adalah penggunaan garam. Sebaiknya bumbui makanan dengan bumbu dan rempah bukan garam. Seiring waktu akan merasa lebih mudah menghindari penggunaan garam tambahan (natrium) pada makanan.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

2. Terlalu sering menggunakan obat penghilang rasa sakit

BACA JUGA:  6 Alasan Pentingnya Mengkomsumsi Buah Naga Bagi Kesehatan

Obat-obat seperti NSAID (obat antiinflamasi nonstereoid) memang bisa meringankan rasa sakit dan nyeri. Namun dapat membahayan ginjal, apalagi bagi Anda yang memang sudah terkena penyakit itu sebelumnya. Sebaiknya kurangi penggunaan obat yang melebihi dosis yang dianjurkan.

3. Makanan olahan

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Makanan olahan memiliki sumber natrium dan fosfor. Mereka dengan penyakit ginjal harus membatasi fosfor dalam makanannya. Beberapa penelitian mencatat asupan fosfor yang tinggi pada makanan olahan untuk orang tanpa penyakit ginjal akan berbahaya di bagian tubuh tersebut dan tulang mereka.

4. Kurang air putih

Minum air putih yang banyak jadi salah satu cara terbaik menghindari batu ginjal yang menyakitkan. Mereka dengan masalah gagal ginjal perlu membatasi asupan cairan, namun untuk kebanyakan orang 1,5-2 liter air perhari merupakan target yang sehat.

BACA JUGA:  Waspada Terhadap Makanan yang Pemicu Kanker

5. Istirahat tak cukup

Tidur saat malam sangat penting untuk kesehatan, termasuk ginjal. Fungsi ginjal diatur oleh siklus tidur dan bangun yang membantu mengkoordinasikan beban kerja ginjal selama 24 jam.

6. Makan daging terlalu banyak

Protein hewani menghasilkan asam dalam jumlah tinggi pada darah dan membahayakan ginjal. Ini menyebabkan asidosis, yakni kondisi saat ginjal tidak bisa menghilangkan asam dengan cukup cepat.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk menjaga dan merawat kesehatan. (p/wa/ana)

Bagikan

REKOMENDASI UNTUK ANDA
- Advertisment -

POPULER: