ADV A1

6 Keutamaan Membaca Al-quran di Bulan Ramadhan

FAJAR Pendidikan

Keutamaan Membaca Al-quran di Bulan Ramadan. Amalan di bulan Ramadhan membawa banyak amalan ibadah. Memperbanyak amalan ibadah pada bulan suci Ramadhan akan menjadi momentum untuk mendapatkan berkah dan ampunan.

Salah satu amalan yang banyak dikerjakan yaitu tadarus Al-quran. Rasulullah mengatakan, mereka yang membaca Al-quran di bulan suci Ramadhan, maka pahalanya akan berlipat ganda.

Dalam sebuah hadis riwayat Imam Tirmidzi, Rasulullah SAW bersabda,”Barang siapa yang membaca satu huruf dari Al-quran maka baginya mendapat satu kebaikan, dan satu kebaikan tersebut dilipat-gandakan menjadi sepuluh kalinya.”

Pahala membaca Al-quran pun semakin bertambah apabila mampu membaca sebanyak 100 ayat. Sabda Rasulullah dalam hadis riwayat Ahmad mengatakan,”Siapa yang membaca 100 ayat pada suatu malam, dituliskan baginya pahala sholat sepanjang malam.”

Hadis tersebut menunjukkan betapa besarnya keutamaan membaca Alquran, apalagi bila dikerjakan di bulan Ramadhan yang merupakan bulan diturunkannya Alpquran.

Berikut ini lima keutamaan membaca Alquran di bulan Ramadhan dikutip dari Dream.co.id:

BACA JUGA :   Renungan Harian Katolik, Minggu 19 Juni 2022: Makanan yang Menyelamatkan

1. Pahala Berlipat

Seseorang yang rutin membaca Alquran akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda.

Dari Aisyah ra, Rasulullah SAW bersabda, “Yang mahir membaca Al-quran bersama malaikat yang terhormat dan yang membaca Al-quran sedangkan ia terbata-bata serta mengalami kesulitan, maka baginya dua pahala.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Selain itu, Rasulullah SAW bersabda sebagai berikut: “Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Alquran maka ia akan mendapat satu kebaikan dan dari satu kebaikan itu berlipat menjadi sepuluh kebaikan. Aku tidak mengatakan alif lam mim sebagai satu huruf. Akan tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf.” (HR. Bukhari).

2. Obat Penyakit Hati dan Fisik

Membaca Al-quran dapat menjadi obat bagi penyakit hati dan fisik. Cara yang sering dilakukan untuk mengobati diri dengan melakukan ruqyah.

Allah SWT berfirman, “Dan Kami turunkan di dalam Alquran suatu yang menjadi obat (penyakit manusia) dan rahmat bagi orang-orang yang beriman.” (QS al-Israa’: 82)

BACA JUGA :   Doa Meminta Hujan Berhenti kepada Allah SWT dalam Islam

Selain itu, Allah SWT berfirman, “Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan (membaca) petunjuk Allah (Al-quran). Ingatlah, hanya dengan (membaca) petunjuk Allah (Al-quran), hati menjadi tenteram.”  (QS ar-Ra’du: 28)

3. Rumah Menjadi Bercahaya

Dengan rutin membaca Alquran di rumah, maka rumah tersebut lebih bercahaya. Tak hanya itu, rumah yang senantiasa dibacakan Alquran akan terasa lebih tenang dan damai. Rasulullah SAW bersabda:

“Perumpamaan rumah yang disebut nama Allah di dalamnya dan rumah yang tidak disebut nama Allah di dalamnya adalah seperti perumpaan orang yang hidup dan orang yang mati.”

Bahkan Imam an Nawawi berkata: “Dalam hadits ini terdapat anjuran untuk (banyak) berzikir kepada Allah SWT (termasuk membaca Al Quran dan zikir-zikir lainnya) di rumah dan hendaknya rumah jangan dikosongkan dari berzikir (kepada-Nya).”

Dalam riwayat at-Tirmidzi juga terdapat sebuah hadis yang berbunyi: “Sesungguhnya setan tidak akan masuk ke rumah yang dibaca di dalamnya surat Al-Baqarah.”

Subscribe ke akun YouTube FAJAR PENDIDIKAN untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran kamu lainnya.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI