5 Manfaat Terapi Berjinjit untuk Kesehatan

Berjinjit bukan hal asing bagi manusia. Jinjit adalah sebuah aktivitas yang memanfaatkan jari kaki untuk menumpu seluruh badan.

Berjalan dengan cara berjinjit dalam waktu yang sangat lama memang dapat menyebabkan serangkaian masalah kesehatan pada kaki, terutama bagian betis dan pinggul seperti yang terjadi pada wanita yang selalu atau sering memakai sepatu hak tinggi.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Meski sering disepelekan, berjinjit bisa memberikan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Kegiatan berjinjit bisa dilakukan setiap hari, minimal 1-2 kali per hari. Anda pun bisa melakukannya saat sedang duduk, bekerja, mengantri, dan kegiatan lainnya. Berikut 5 manfaat kesehatan dari terapi berjinjit.

BACA JUGA:  Diperingati Setiap Tanggal 30 Maret, Ini Sejarah Hari Bipolar Sedunia 2023

1. Perkuat Pergelangan Kaki

Bagian kaki terdiri dari tendon atau otot berukuran besar, seperti tendon Achilles (penghubung otot betis ke tulang tumit), otot fleksor hallucis longus (penghubung bagian dalam pergelangan kaki ke jempol kaki), dan otot fleksor digitorum (penghubung bagian dalam pergelangan kaki ke jari kaki lainnya). Tanpa otot-otot tersebut, pergerakan sederhana seperti berjalan akan sangat sulit dilakukan.

Seperti yang dilansir healthyliving.com, terapi berjinjit secara rutin membuat Anda akan sering melatih ketiga otot tersebut bergerak bersamaan sehingga dapat memperkuat pergelangan kaki. Efeknya, kondisi stres hingga cedera pada tumit akibat terlalu lama berdiri atau berlari maupun tekanan yang berlebihan dari alas kaki yang dipakai akan berkurang drastis.

BACA JUGA:  Diperingati Setiap Tanggal 30 Maret, Ini Sejarah Hari Bipolar Sedunia 2023

 2. Tingkatkan Keseimbangan Tubuh

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Dilansir sci-hub.se, terdapat penelitian pada 2015 mengenai pengaruh berjinjit pada keseimbangan 25 penari dan 25 non-penari. Berdasarkan penelitian tersebut, diketahui bahwa para penari lebih sering menggunakan otot fleksor hallucis longus, sehingga data keseimbangan tubuh yang dihasilkan lebih tinggi daripada non-penari.

 3. Atasi Penyakit Plantar Fasciitis

Dalam laman webmd.com dijelaskan bahwa plantar fasciitis adalah nyeri di bagian tumit atau bagian tengah kaki yang disebabkan oleh ligamen tebal yang menghubungkan tumit ke bagian depan kaki (plantar fascia).

Bagikan

VIDEO UNTUK ANDA

REKOMENDASI UNTUK ANDA

TERKINI

- Advertisment -