7 Manfaat Matahari sebagai Sumber Energi Terbesar Bumi

Mengapa Matahari Disebut sebagai Sumber Energi Terbesar di Bumi? tahukan kamu, bahwa energi yang ada di sekitar dapat dirasakan sepanjang waktu.

Energi dapat hadir dari berbagai sumber yang berbeda. Matahari merupakan salah satu sumber energi terpenting dan terbesar di planet bumi.

Matahari menghasilkan sinar yang dapat menghangatkan bumi. Hal tersebut memungkinkan terjadinya udara dan air yang bersirkulasi.

- Iklan -

Berikut ini 7 alasan matahari disebut sebagai sumber energi

1. Matahari Membuat Bumi Tetap Hangat

Matahari menduduki peran penting untuk memberikan suhu yang pas bagi kelangsungan organisme di planet bumi. Matahari menjaga temperatur bumi agar menjadi tempat tinggal yang nyaman.

Bumi sebagai planet ketiga menerima energi matahari dalam jumlah yang pas untuk membuat air tetap cair.

Air sendiri merupakan salah satu penyokong kehidupan yang ada di bumi. Matahari akan bergerak memanaskan permukaan bumi dan bumi akan memanaskan udara di atasnya.

- Iklan -

Kemudian panas matahari memungkinkan adanya siklus hujan, angin, cuaca, dan iklim. Selanjutnya, angin akan dimanfaatkan oleh manusia menjadi sumber energi terbaru yang ramah lingkungan.

2. Matahari Membantu Tumbuhan Berfotosintesis

Cahaya yang dihasilkan matahari dapat dimanfaatkan secara langsung oleh tumbuhan untuk melangsungkan fotosintesis. Dimana fotosintesis berperan penting sebagai penghasil oksigen dan sumber pangan tumbuhan.

Fotosintesis sendiri dapat diartikan sebagai proses tumbuhan mengolah makanan untuk kelangsungan hidupnya. Bagi tumbuhan, cahaya matahari merupakan sumber nutrisi terbaik yang harus dipenuhi untuk melakukan fotosintesis.

- Iklan -
Baca Juga:  Benda Manakah dalam Ilmu Fisika yang Memiliki Kecepatan

Zat hijau daun akan menyerap energi cahaya matahari bersama dengan kandungan air dan mineral di dalam tanah. Sebagai makhluk hidup, tumbuhan merupakan produsen utama di planet bumi. Dapat disimpulkan bahwa tumbuhan berfotosintesis menggunakan energi matahari.

Setelah itu, tumbuhan akan membentuk dasar rantai makanan yang dapat menyediakan energi bagi semua bentuk kehidupan yang lebih tinggi. Kemudian secara tidak langsung energi matahari dapat membuat makhluk hidup yang sudah mati menjadi fosil. Setelah itu, fosil menghasilkan minyak bumi dan batu bara sebagai sumber energi.

3. Matahari Menghasilkan Sumber Energi Listrik

Untuk menopang kehidupan dan mendukung kegiatan sehari-hari, manusia membutuhkan energi. Kondisi bumi yang kian panas membuat manusia beralih memikirkan bahan bakar yang ramah lingkungan.

Matahari merupakan sumber energi dalam jumlah besar yang tidak akan habis. Manusia bisa memanfaatkan sinar matahari dan mengubahnya menjadi energi listrik melalui panel surya yang dipasang di atap rumah.

Sebagai model sumber energi terbaru, pembangkit listrik tenaga matahari memanfaatkan panas matahari. Pembangkit listrik model terbaru ini terdiri dari kaca-kaca besar atau panel yang akan menangkap cahaya matahari ke satu titik.

Kemudian panas matahari yang ditangkap dapat digunakan untuk menghasilkan uap panas bertekanan. Uap panas tersebut dapat dipakai untuk menjalankan turbin penghasil energi listrik.

Baca Juga:  Mengenal Fisika, Mata Pelajaran Ilmu Ukur

4. Matahari Menahan Keseluruhan Sistem

Matahari sebagai bintang terdekat menjadi penyatu planet dan benda angkasa lain di sistem tata surya yang bergerak mengelilinginya. Gaya gravitasi matahari yang sangat besar dapat menahan keseluruhan sistem berputar di luar angkasa.

5. Matahari Mengatur Cuaca dan Menyediakan Lingkungan Layak Huni

Radiasi matahari bermanfaat untuk mengatur cuaca dan menyediakan lingkungan layak huni bagi makhluk hidup. Tanpa adanya matahari, kehidupan tidak akan berjalan.

6. Matahari sebagai Penunjuk Waktu

Untuk menentukan waktu dibutuhkan fenomena pergantian siang dan malam sebagai pedoman. Matahari sebagai benda angkasa yang memiliki peran dominan pada planet-planet lain dapat dijadikan dasar perhitungan waktu. Pada zaman dahulu, manusia meperhatikan gerak matahari untuk melihat waktu.

Terdapat tiga pembagian pokok waktu dalam sejarah, yakni waktu matahari terbit untuk menunjukkan pagi hari, kedudukan matahari tertinggi untuk menunjukkan waktu siang hari, dan matahari turun hingga terbenam menunjukkan waktu sore hari.

Kemudian tiga pembagian pokok waktu tersebut disusul dengan hilangnya matahari menjadi gelap sebagai penanda waktu malam hari.

7. Matahari Sumber Pencahayaan Bumi

Bumi akan menjadi sangat gelap dan dingin tanpa adanya sinar matahari. Bola berisi gas ini dapat membantu menghasilkan cahaya dan menjaga temperatur bumi menjadi tempat tinggal makhluk hidup. Makhluk hidup, baik manusia, hewan, dan tumbuhan akan mati kedinginan tanpa kehadiran sinar matahari.

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU