Selasa, Januari 19, 2021

Dinas Perpustakaan Kota Makassar Raih Penghargaan Top 21

FAJARPENDIDIKAN.co.id – Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Perpustakaan Kota Makassar menerima penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi sebagai salah pemenang Top 21 Inovasi Layanan Publik Penanganan Covid19 dari program DONGKELOR atau Dongeng Keliling Online dari Rumah.

Penghargaan yang diserahkan oleh Kepala BNPB, Doni Monardo didampingi oleh Menteri PANRB, Duta Besar Republik Federal Jerman, Ketua Tim Penilai Inovasi Penanganan Covid19 dan Deputi Bidang Pelayanan Publik diterima langsung oleh Sekretaris Daerah Kota Makassar, Muh. Ansar di Gedung Tribrata Jakarta, Rabu (25/11).

Menteri PAN-RB, Tjahjo Kumolo dalam acara penghargaan tersebut mengatakan: “Sejak awal masa Pandemi Covid19, telah banyak muncul berbagai inisiatif dari kalangan pemerintah, perguruan tinggi, swasta dan masyarakat. Inisiatif ini sangat berguna bagi pemerintah untuk pembelajaran bagi publik.”

Kegiatan penghargaan ini terselenggara atas kerjasama Kementerian PANRB dengan Deutsche Gesselschaft Internasionale Zusammenarbe (GIZ) dan Organisation for Economic Cooperation and Development (OECB).

DONGKELOR inovasi Dinas Perpustakaan Kota Makassar yang lahir ditengah Pandemi Covid19 sebelumnya ikut bersaing dengan 1.204 Inovasi dari berbagai daerah.

Tahap verifikasi DONGKELOR lolos kriteria untuk kategori Pengetahuan Publik. Tanggal 7 Agustus akhirnya DONGKELOR dipilih oleh tim penilai yang diketuai oleh Danang Girindrawardana masuk sebagai 3 terbaik untuk Klaster Pemerintah Kota dan menjadi 21 Top Inovasi Nasional Pelayanan Publik Penanganan Covid19.

Apresiasi ini menambah deretan panjang kinerja Dinas Perpustakaan Kota Makassar yang setiap tahun inovasinya selalu menerima penghargaan baik tingkat Nasional, Provinsi dan Kota.

Inovasi DONGKELOR adalah perluasan dari inovasi sebelumnya yakni Dongkel with Mobile Library. Dongkel with Mobile Library sendiri telah memperoleh penghargaan sebagai 99 Top Inovasi Nasional Pelayanan Publik pada tahun 2017.

Inovasi DONGKELOR tidak saja masuk sebagai Top 21 Inovasi Pelayanan Publik Penanganan Covid19. DONGKELOR juga masuk sebagai 10 Inovasi di Indonesia yang terpilih untuk ditulis di situs resmi Observatory Public Sektor Innovation (OPSI) – OECD Paris sebagai pembelajaran International.

Kepala Dinas Perpustakaan Kota Makassar, Siswanta A. Attas bersama Pustakawan dan inovator, Tulus Wulan Juni yang hadir mendampingi Sekretaris Daerah Kota Makassar ikut merasakan kebahagiaan atas apresiasi dari KemenPAN-RB tersebut karena sebelumnya tidak pernah berpikir kalau DONGKELOR yang tujuannya untuk tetap memberikan pelayanan dan pembinaan kegemaran membaca di tengah Pandemi Covid19 dengan memindahkan dongeng offline ke online berujung apresiasi.

Penghargaan inipun didedikasikan kepada seluruh tim kreatif Dongkel Perpusling dan seluruh pendongeng yang terlibat selama ini bersama Dinas Perpustakaan Kota Makassar serta menjadi Kado terindah di peringatan Hari Guru Nasional dan Hari Dongeng Nasional Tahun 2020.

- Advertisement -

Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

Seto Mulyadi

Pemerhati Anak

TERKINI

Sah! STIE Nobel Jalin Kerja Sama dengan PT Sulsel Citra Indonesia (Perseroda)

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Nobel Indonesia Makassar sepakat melaksanakan kerja sama dengan PT. Sulsel Citra Indonesia (Perseroda), senin 18...

Jasa Raharja Peduli Sasar Masyarakat Terdampak Covid-19 di Empat Lokasi Ini

FAJARPENDIDIKAN.co.id- PT. Jasa Raharja Cabang Sulawesi Selatan mengadakan giat pembagian sembako dengan mengusung tema “Pegawai dan Manajemen Jasa Raharja Berbagi Bantuan Donasi...

Peduli Gempa Sulbar, Sekolah Islam Athirah Galang Donasi

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Sekolah Islam Athirah melalui Tim Athirah Peduli melakukan penggalangan donasi untuk korban terdampak gempa Majene dan Mamuju, Sulawesi Barat,...

PBB Terbitkan Laporan Demografi; Populasi Laki-Laki Jauh Lebih Sedikit

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Baru-baru ini PBB menerbitkan laporang Demografi suku pertama 2019 yaitu manusia berjumlah 7.7 Milyar orang di planet bumi ini.

Opini : Potensi Unggul Generasi Terancam Demi Korporasi

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) bersama Google, Gojek, Tokopedia, dan Traveloka menyelenggarakan program Bangun Kualitas...

REKOMENDASI