7 Perusahaan Multinasional Bakal Terdampak Perang Rusia – Ukraina

FAJAR Pendidikan

Sedikitnya tujuh perusahaan multinasional bakal  terdampak akibat konflik Rusia -Ukraina yang terus memanas.

Penjualan  produk perusahaan multinasional tersebut, bersinggungan erat dengan kondisi geopolitik kedua negara yang terlibat perang tersebut. Dimana dunia bakal meresponsnya dengan sanksi – sanksi.

Ukraina merasakan “deja vu”. Hal ini  berdasarkan perhitungan ahli strategi JP Morgan, Dubravko Lakos – Bukas, yang telah melakukan kalkulasi.

Tujuh perusahahaan  paling menonjol dari daftar 25 nama yang berisiko mengalami tekanan, mengingat  4% dari penjualan mereka, berasal dari Rusia dan Ukraina.

Ketujuh perusahaan terebut adalah :

SILVAMO CORPORATION ( SLVM )

Perusahaan ini, adalah perusahaan kertas kelas dunia, 16,6 % penjualannya berasal dari Rusia dan Ukraina.

Silvamo Corporation , adalah anak perusahaan Internasional Paper. Produden global terkemuka, kemasan berbasis serat terbarukan, dan produk pulp, dengan operasi manufaktur di Ameroka Utara, Amerika Latin, Aftika Utara dan Eropa.

Perusahaan ini mrmproduksi produk kemasan yang memungkinkan perdagangannya di selutuh dunia, dan pulp untuk popok, tissu dan produk kebersihan  pribadi lainny yang.mempromodikan untuk kesehatan dan kesejahtetaan.

Berkantor Pusat di Memphis  dan Tenn. Mempekerjakan 38.000 rekan kerja. Penjualannya pada tahun 2020, mencapai USD 21 miliar .

KINROSS GOLD CORPORATION (KGC)

Kinross Gold Corporation adah perusahaan pertambangan emas dan perak yang berbasis di Kanada. Didrikan pada tahun 1993. Berkantor pusat, di Toronto, Ontario, dan Kanada.
Tetcatst 14 % penjualannya, berasal dari.Rusia dan Ukraina.

Kinross Gold Corporation , .rnengelola tujuh tambang emas aktif. Menduduki peringkat kelima dari 10 tambang emas teratas, tahun 2019 oleh investing nesw. Tambangnya berlokadi dk Brazil , Ghana, Rusia, Mauritania dan Amerika Serikat.

ARCONIC CORPORATION (ARNC)

Sekitar 9,4 % penjualanbya berasal dari Rusia dan Ukraiba. Perusahaan ini juga diyakini bakal brrdampak dari akibat pecahnya perang Ukraina dan Rusia.

Arconic Corporstion  adalah perusahaan industri Amerika yang menghuduskam diri dalam teknik manufaktur dan logam ringan.

Produk Arconic digunakan di seluruh dunia dalam.kedirgantaraan, otomotif, tansportasi komersial, pengemasan, bangunan dan, konstruksi,  minyak dan gas, perttahanan, elektronik konsumern dan aplikasi industri

PHILIPS MORRIS INTERNATIONAL (PM)

Perusahaan publik internasional asal Swiss yang bergerak di.industri rokok ini, juga dipetkirakan akan mengalami tekanan.Dimana 8 % penjualannya berasal dari Rusia dan Ukraina.

Philips Morris dikenal sebagai industri rokok terbesar di dunia. Banyak produk yang dipasarkan dan sudah mendunia.  Seperti Marlboro, Parliament, Merit, Lark, Chesterfield, L&M, Philip Morris, Muratti,, Bond Street, Next, Red & White.

Sebagai.informasi, afiliasi Philip  Morris International di Indonedia, PT Philip Morris Internationa Indonedia, telah membeli 40 % saham PT. HM Sampoetna, Tblk,  perusahaan rokok tetbesar di Indonedia. Sejak tahun 2005 menaikkan jumlah saham.meteka di.perusahaan tersebut sampai 100 %.

Selain itu, Philip Morris Ientenasional Indonesia , juga memiliki  brand lokal di Indonesia , yakni ST Dupont dan Longbeach, rokok yang sempat populer di Indonedia.  Namun produknya sudah tidak diproduksi sejsk awal tahun 2000an.

Marlboro masih menjadi andalan perusahaan ini. Selain karena peminatnya yang babyak, Marlboro juga mulai  merubah imagenya.dengan lebih  kekinian.

Selain itu, Philips Morris Inernasional juga, memilki produk lokal tembakau cengkeh dari PT HM Sampoerna , yang sudah diakuisisi oleh Philips Morris Indonesia, yakni Djie Sam Soe, produk kretek warisan Indonesia yang sudah melegenda di Infobesia, dan berumur 100 tahun. A Mild, Sampoerna Hijau kretek, Panama Kretek.

PepsiCo (PEP)

Perusahaan yang bergerak di bidang industri makanan ringan,  makanan dan minuman, dengan pendapatan sebesar USD60 miliar, dan memiliki karyawan lebih dari 285.000.PepsiCo juga bajal kena imbasnya. Dimans 4,4 % penjualannya  berasal dari Rusia dan Ukraina.

PepsiCo, memiliki beberapa merek dunia, yang paling terkenal termasuk Pepsi -Cola, Mountaint Dew, Diet Pepsi, Lay’s, Doritos, Tropicana, Gatorade, dan Quaker.

MOHAWK INDUSTRIES (MHK)

Mohawk Industries adalah perusahaan penutup lantai asal Amerika yang berbasis di Calhoun, Georgia, Amerika Serikat

Mohawk memproduksi produk penutup lantai, aplikasi perumahan dan  komersial di Amerika Utara, dan aplikasi perumahan di Eropa.

Fortofolio  manufaktur perusahaan, terdiri dari produk labtai lunak (karpet), produk lantai keras (ubin keramik, porselen, batu alam, dan lantai kayu keras), laminate, flooring, lembaran vinil, dan ubin vinil mewah.

Perusahaan ini memperjakan 37.800 orang, dalam operasi di Australia, Brazil, Kanada, India,  Malaysia, Mexixo, Selandia Baru, Eropa, Rusia dan Amerika Serikat. 4,3 % penjualannya, berasal dari Rusia dan Ukraina.

McDONALD’S (MCD)

Tidak ada yabg tidak kenal, McDonald’S, perusahaan makanan cepat saji Amerika. Memiliki mata rantai terbesar dunia.

Laporan : Nurahayana Kamar.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI