8 Cara Ampuh Melatih Anak Berpuasa, Ibu Harus Tahu

FAJAR Pendidikan

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Cara Melatih Anak Berpuasa

1. Berpuasa Setengah Hari

Berpuasa setengah hari

Cara pertama yaitu dengan membiasakan anak untuk berpuasa setengah hari terlebih dahulu. Hal ini dilakukan karena anak kecil tidak bisa tiba-tiba menjalani puasa full selama satu hari penuh. Karena puasa satu hari akan mudah membuat dia kaget di awal dan tidak mau lagi belajar berpuasa.

Puasa setengah hari bisa dilakukan ketika mulai sahur hingga tengah hari, tepatnya ketika waktu makan siang tiba. Lakukan cara ini untuk beberapa kali dan lakukan secara bertahap. Tujuannya agar anak semakin terbiasa untuk berpuasa.

BACA JUGA :   Tampilan Eye Cream Bioderma yang Menarik dengan Manfaat Luar Biasa

2. Mengajarkan Makna Puasa pada Anak

Sebagai anak kecil yang masih belum mengetahui banyak hal, tentu saja peran orang tua sangat dibutuhkan di sini. Anak kecil harus diajarkan apa saja makna, manfaat, serta hikmah dari puasa yang sedang mereka jalani. Tak lupa juga untuk menjabarkan kebaikan apa saja yang dianjurkan untuk mereka lakukan selama berpuasa.

Selain mengajari makna, manfaat, serta hikmah dari puasa, jangan lupa untuk mengenalkan banyak hal kepada anak. Adapun contohnya seperti tradisi yang biasa dilakukan ketika bulan Ramadhan tiba. Tradisi-tradisi tersebut yakni, ngabuburit, tarawih, sahur, tadarus, bersedekah, melakukan zakat fitrah, ronda malam, dan masih banyak lagi.

3. Awali Dulu dengan Jenis Puasa Jajan

Anak kecil memang tidak pernah lepas dari kegemarannya dalam hal jajan makanan kesukaannya. Untuk melatih anak puasa sejak dini, cobalah praktekkan cara ini kepada mereka. Tujuannya agar mereka menjadi lebih terbiasa seiring perkembangannya.

Cara yang satu ini cukup mudah untuk dilakukan, karena hanya melatih anak puasa dari jajan favorit mereka. Pertama, ketahui dulu makanan kesukaan mereka, lalu ingat apa saja makanan-makanan tersebut. Mulailah melatih anak berpuasa jajan dari yang mereka sukai, lakukan secara bertahap saja.

BACA JUGA :   Tips Melamar Kerja via Email, Ikuti Ini Agar Dilirik HRD!

4. Menyiapkan Makanan Kesukaannya Ketika Berpuasa

Menyiapkan makanan kesukaan anak saat buka puasa

Dalam satu hari penuh telah menjalankan ibadah puasa, hal terpenting yaitu momen berbuka puasa. Bagi anak kecil, mereka akan menantikan momen ini setelah satu hari berpuasa. Maka dari itu, siapkan menu makanan kesukaan mereka ke dalam menu buka puasa.

Tujuan dari cara ini yaitu supaya menumbuhkan semangat anak-anak, memberikan mereka penghargaan, serta motivasi puasa. Agar lebih menyenangkan, ajak mereka untuk ikut membantu menyiapkan menu buka puasa bersama kamu. Supaya mereka semakin termotivasi untuk bisa menyelesaikan puasanya selama satu hari penuh.

5. Menjadi Tauladan yang Baik Bagi Anak

Cara kelima ini yaitu ikut berkontribusi untuk menjadi contoh teladan yang baik bagi mereka. Seperti kata yang sering kita dengar, anak akan mencontoh apa yang dilakukan orang tuanya. Dengan menjadi tauladan yang baik, kamu juga bisa melatih anak-anak untuk menyelesaikan  ibadah puasa mereka.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI