- Advertisement -

8 Manfaat Teh Tawar Bila Diminum Secara Rutin

Teh ternyata membawa manfaat yang sangat luar biasa, bila diminum secara rutin. Bisa mencegah penyakit mematikan. Bahkan tak hanya Teh, Kopi juga.

Karena kedua minuman ini,  mengandung kafein, komponen utama yang membuat tubuh tetap terjaga, siap, dan stabil. Keduanya juga mengandung kalori, apalagi jika ditambahkan  sedikit gula dan susu atau creamer.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Mengapa sebahagian orang suka minum teh tanpa gula? Karena gula bisa memberikan efek linglung pada pagi hari. Namun, dengan menambahkan sedikit gula dan susu ke dalam teh bisa merusak manfaat kesehatan dari minuman ini. Oleh karena itu,  perlu mengetahui manfaat kesehatan dari teh tanpa susu dan gula.

Bicara soal kalori, minum teh tanpa susu dan gula bukan berarti tidak memberikan kalori. Namun, kalori dalam setiap cangkir teh seduhan bisa dihilangkan dengan olahraga ringan nol menit seperti berlari, berjalan, dan berenang. Artinya kalori dalam secangkir teh tanpa susu dan gula tidak akan memengaruhi kesehatan.

Berbicara tentang manfaat kesehatan dari teh tanpa susu dan gula, bukan berarti tidak ada. Namun, mengonsumsi teh ringan, polos dan sedikit pahit akan member, manfaat kesehatan lainnya.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Drhealthbenefits.com.

Menurunkan berat badan

Ketika kita berbicara tentang menurunkan berat badan, bukan hanya tentang menurunkan berat badan untuk mendapatkan bentuk tubuh yang bagus. Sebaliknya, itu juga termasuk menurunkan berat badan karena alasan kesehatan.

BACA JUGA:  Waspada Terhadap Makanan yang Pemicu Kanker

Perlu diketahui, obesitas bisa menyebabkan banyak penyakit berbahaya seperti serangan jantung, penyakit kronis diabetes, dan lain-lain. Manfaat teh hitam juga bisa didapatkan jika mengonsumsinya tanpa susu dan gula di dalamnya.

Menjaga kesehatan mulut

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Sebuah penelitian yang dilakukan Asosiasi Riset Kesehatan Perdagangan Teh menunjukkan, minum teh tanpa susu dan gula efisien dalam mengurangi plak. Artinya, teh tanpa susu dan gula mampu menghambat pertumbuhan bakteri yang mendorong pembentukan gigi berlubang dan pembusukan.

Menjaga kesehatan jantung

Analisis Meta tentang konsumsi teh hitam dan teh hijau pada tahun 2009 menunjukkan, orang yang minum setidaknya 3 cangkir teh atau lebih tanpa susu dan gula memiliki risiko stroke 21 persen lebih rendah. Artinya, minum teh tanpa susu dan gula akan meningkatkan kesehatan jantung dan efektif mencegah penyakit kardiovaskular.

Mencegah kanker

Banyak penelitian selama bertahun-tahun menyimpulkan bahwa antioksidan dari teh efektif mencegah kanker.

Sebuah penelitian dari lembaga kanker Amerika Serikat menunjukkan bahwa pasien yang minum lebih dari dua cangkir teh hitam tanpa pemanis tanpa susu dalam sehari memiliki risiko 30 persen lebih rendah terkena kanker ovarium.

Mencegah osteoporosis

Seiring bertambahnya usia, tulang kita mungkin kehilangan kepadatannya. Namun, banyak ilmuwan menyimpulkan, minum teh hitam tanpa susu dan gula mampu mengembalikan kepadatan tulang dan mencegah osteoporosis.

BACA JUGA:  6 Alasan Pentingnya Mengkomsumsi Buah Naga Bagi Kesehatan

Hal ini dimungkinkan karena teh mengandung beberapa komponen yang mampu menggantikan kalsium. Perlu diketahui, kalsium adalah pendukung utama tulang yang kuat.

Dari penelitian tersebut, para ilmuwan menyarankan orang-orang terutama yang berusia di atas 30 tahun untuk secara teratur memasukkan teh hitam tanpa gula dan susu ke dalam menu makanan sehingga orang bisa mencegah osteoporosis.

Mengurangi risiko diabetes

Salah satu faktor potensial diabetes adalah metabolisme yang tidak normal. Saat itulah gula tidak bisa diubah dengan baik menjadi energi dan membuat gula darah berfluktuasi. Dalam hal ini teh tanpa susu dan gula mampu mengobati gangguan metabolisme pada tahap awal.

Ilmuwan menyimpulkan, minum teh tanpa susu dan gula mampu membantu sistem metabolisme dan selanjutnya menurunkan risiko diabetes. Karena teh mengandung katekin dan theaflavin yang meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin.

Meredakan asma

Meredakan asma adalah salah satu manfaat kesehatan dari teh tanpa susu dan gula yang berfungsi sebagai anti peradangan. Asma adalah suatu kondisi karena tabung bronkial bengkak dan meradang.

Pembengkakan dan peradangan membuat menghirup dan menghembuskan napas menjadi sulit. Dalam hal ini, minum teh hitam tanpa susu dan gula mampu mengurangi gejala asma karenatingginya kadar kafein yang meringankan kerja paru-paru. (nkripost/ana)

Bagikan

REKOMENDASI UNTUK ANDA
- Advertisment -

POPULER: