Wednesday, July 8, 2020

Murid SMK Sudah Terlanjur UN, Mas Menteri: Maaf Kalau Kalian Kecewa

FAJARPENDIDIKAN.co.id-Sejumlah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) telah selesai menjalankan Ujian Nasional (UN) 2020. Namun, kini pelaksanaan UN telah dibatalkan dan tak akan lagi dilanjutkan.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim meminta maaf atas Ujian Nasional jenjang SMK yang sudah terlanjur digelar di beberapa daerah. Permintaan maaf ini Nadiem sampaikan untuk siswa hingga guru-guru di SMK tersebut.

“Saya mohon maaf ini tidak bisa terjadi sebelumnya (pembatalan sebelum UN SMK digelar 16 Maret),” kata Nadiem dalam video conference, Senin (24/3/2020). 

Nadiem mengatakan, pembatalan yang terkesan mendadak ini merupakan hasil tinjauan hari per hari yang dilakukan Kemendikbud. Pihaknya melihat pandemik virus korona atau coronavirus disease 2019 (covid-19) meluas begitu cepat.

“Perubahan cepat setiap hari, status daruratnya berubah. Seperti dilihat lompatan kasus terjadi. Acuan data yang positif ini dinamis per harinya,” tambah Nadiem.

Dia mengerti ada kemarahan dari siswa maupun orang tua atas pembatalan ini. Terlebih beberapa orang tua telah berinvestasi berupa memberikan bimbingan belajar tambahan kepada anaknya untuk menghadapi UN.

“Saya sangat apresiasi teman-teman yang mengerjakan UN SMK. Saya apresiasi effort mereka. Tapi ini masalahnya darurat covid-19,” ungkap Nadiem.

Namun, Nadiem kembali mengingatkan, jika UN bukanlah standar kelulusan. UN juga bukan lagi menjadi standar Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

“Kita siapkan opsi Ujian Sekolah seperti melihat record pembelajaran siswa dalam lima semester terakhir mereka untuk kelulusan. Toh 2021 juga akan berubah format menjadi asesmen kompetensi minimum,” pungkas Nadiem.

- Advertisement -

Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

Seto Mulyadi

Pemerhati Anak
MAJALAH FAJAR PENDIDIKAN

TERKINI

Tiga Peserta UTBK Berkebutuhan Khusus Ikut Ujian di UNM Makassar

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Tiga peserta Ujian Tes Berbasis Komputer (UTBK) dengan berkebutuhan khusus mengikuti ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)...

Pendaftaran UMPTKIN 2020 Ditutup, UIN Alauddin Peringkat Pertama Kampus Paling Diminati

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) tahun 2020 telah resmi ditutup pada Minggu (5/7/2020). Dari...

Pustakawan dan Organisasinya

REFLEKSI HUT IPI KE 47 | 7 JULI 1973 -  7 JULI 2020Oleh: Tulus Wulan Juni (Pustakawan Madya Dinas Perpustakaan Kota Makassar)

Dosen Unhas Segera Lakukan Rapid Test, Berikut Jadwalnya

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Upaya melakukan pemutusan rantai penularan Covid-19, sebanyak 1.652 dosen Universitas Hasanuddin dari seluruh fakultas dan program studi akan segera...

Dear Mahasiswa, Ini Syarat Penerima Bantuan Keringanan Biaya Kuliah di Masa Pandemi

FAJARPENDIDIKAN.co.id-Pemerintah mengeluarkan aturan keringanan uang kuliah tunggal bagi mahasiswa yang terkena dampak Covid-19. Melalui Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 25 Tahun...

REKOMENDASI