Ainun Mardia, Mahasiswa Unismuh Makassar Lolos Pertukaran Mahasiswa di Universitas Airlangga Surabaya

Laporan: Nurhikma Ramadhani Mahasiswa Ilmu Komunikasi Unismuh Makassar

Pertukaran mahasiswa merupakan salah satu kesempatan sangat berharga bagi para mahasiswa untuk meningkatkan pengalaman akademik, budaya, dan sosial mereka. Proses seleksi untuk menjadi peserta pertukaran mahasiswa seringkali sangat kompetitif dan hanya sedikit mahasiswa yang berhasil lolos.

Ini adalah kisah inspiratif tentang mahasiswa yang berhasil lolos pertukaran mahasiswa, menunjukkan dedikasi, kerja keras, dan semangat mereka yang tak kenal lelah dalam mencapai tujuan mereka.

Salah satu contoh mahasiswa yang berhasil lolos pertukaran mahasiswa tahun 2023 adalah Ainun Mardia, seorang mahasiswa semester empat dari Jurusan Ilmu Komunikasi Fisip Universitas Muhammadiyah Makassar.

- Iklan -

Kepada media awal Juni 2023, Ainun menegaskan telah menghadapi berbagai tantangan selama proses seleksi yang ketat, termasuk verifikasi dan validasi data serta survei kebinekaan.

Namun, dengan tekad kuat dan persiapan yang matang, Ainun berhasil melewati semua tahapan tersebut dan diterima di Universitas Airlangga (UNAIR) Surabaya. Kunci keberhasilan Ainun adalah usahanya dalam belajar tentang kebinekaan.

Dia juga aktif dalam organisasi mahasiswa di luar kampus, yang membantunya meningkatkan pemahaman tentang budaya dari tempat yang akan dituju. Semua upaya kerasnya tersebut membantu Ainun dalam proses seleksi.

- Iklan -
Baca Juga:  Bela Negara dan Capacty Building GenBI Wilayah Sulawesi Selatan

Selain itu, Ainun juga menunjukkan keunggulan akademik yang luar biasa selama studi. Dia berpartisipasi dalam berbagai prestasi di bidang studinya.

Keaktifannya dalam kegiatan akademik tersebut menjadi salah satu faktor penting yang mendukung lolosnya Ainun dalam seleksi pertukaran mahasiswa.

Komitmen dan semangatnya untuk mencapai prestasi akademik yang tinggi telah memberikan dampak positif pada penilaian panitia seleksi. Namun, perjalanan Ainun tidak hanya sebatas pencapaian pribadi.

- Iklan -

Dia juga menjadikan pengalaman pertukaran mahasiswa sebagai kesempatan untuk memberikan manfaat pada komunitas lokal di tempat pertukarannya. Ainun juga aktif terlibat dalam organisasi forum lingkar pena dan volunteer event.

Memilih UNAIR karena melihat mata kuliah yang ditawarkan sangat menarik dan juga merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia.

Program yang diikuti Ainun adalah, Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka dimana program ini merupakan inisiatif pemerintah yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa Indonesia untuk belajar dan berkuliah di luar negeri tanpa harus membayar biaya kuliah.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas pendidikan mahasiswa Indonesia serta memperluas wawasan mereka dalam konteks global.

Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka didukung oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. Melalui program ini, mahasiswa yang terpilih akan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti program pertukaran ke berbagai perguruan tinggi mitra di luar dan dalam negeri.

Baca Juga:  HMJ-EI UIN Alauddin Makassar Bersemangat Tutup Pekan Ilmiah dan Olahraga

Mereka dapat memilih program studi yang sesuai dengan minat dan bidang keilmuan mereka, serta mendapatkan pengalaman belajar di lingkungan akademik yang berbeda.

Salah satu aspek yang membuat Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka menarik adalah bahwa mahasiswa yang berhasil terpilih akan mendapatkan beasiswa yang mencakup biaya kuliah, biaya hidup, akomodasi, dan juga tiket pesawat pulang pergi.

Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka merupakan upaya nyata dalam meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia dan mempersiapkan generasi muda yang kompeten dan berwawasan global.

Melalui program ini, diharapkan semakin banyak mahasiswa Indonesia yang memiliki kesempatan untuk mengakses pendidikan berkualitas di dalam atau luar negeri, memperluas wawasan mereka, serta berkontribusi dalam pembangunan bangsa.

Ainun adalah contoh nyata bagi para mahasiswa lain yang bermimpi untuk mengikuti pertukaran mahasiswa. Kunci keberhasilannya adalah kombinasi antara persiapan yang matang, dedikasi, semangat, dan doa. (*)

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU