Friday, October 30, 2020

Cokelat Dikenal Baik untuk Otak, Ternyata Kandungan Inilah yang Jadi Rahasianya!

FAJARPENDIDIKAN.co.id – Anak-anak seperti kita pastinya senang sekali mengonsumsi cokelat. Hal ini tentunya karena cokelat memiliki rasa yang manis.

Tidak hanya sebagai makanan saja, cokelat juga punya berbagai manfaat. Misalnya untuk meningkatkan suasana hati, meningkatkan sirkulasi darah, dan masih banyak lagi.

Salah satu manfaat cokelat yang tak kalah penting, yaitu manfaatnya untuk kesehatan otak.

Kok bisa cokelat baik untuk otak? Menurut Rebecca Scritchfield, penulis buku Body Kindness, mengatakan kalau cokelat punya kandungan spesial di dalamya.

Kandungan Itu Bernama Flavonoid

Flavonoid memiliki antioksidan yang berfungsi untuk melindungi sel dan melawan radikal bebas yang bisa merusak sel.

Antioksidan ini juga berfungsi untuk menurunkan kolesterol dan melancarakan aliran darah dalam tubuh kita.

Nah, inilah kenapa kita bisa terhindar dari penyakit jantung. Karena ada flavonoid, cokelat bisa membantu kita menghalau virus dan alergi.

Menurut Rebecca, orang yang sering mengkonsumsi cokelat kaya flavonoid juga akan mengalami peningkatan kemampuan berpikir.


Tidak Semua Mengandung Flavonoid

Namun, tidak semua cokelat mengandung flavonoid.

Kandungan ini lebih banyak ditemukan dalam cokelat yang mengandung kakao murni, dengan persentase lebih dar 70 persen kakao.

Bagaimana dengan Cokelat yang Dicampur Susu?

Cokelat susu juga mengandung flavonoid, tapi jumlahnya sedikit. Sementara cokelat putih tidak mengandung flavonoid sama sekali.

Rebecca juga berpesan kalau cokelat susu banyak mengandung gula, sehingga kita harus memperhatikan jumlah yang kita makan, teman-teman.

5 Cara Memilih Cokelat yang Baik untuk Kesehatan

1. Perhatikan label komposisi saat membeli cokelat

Agar terasa manfaatnya, kita lebih baik memilih cokelat yang memiliki kandungan kakao tinggi.

Cokelat dengan kandungan kakao tinggi biasanya dikenal dengan sebutan dark chocolate atau cokelat hitam.

2. Campurkan cokelat dengan bahan sehat lainnya

Kita bisa menambahkan kacang almond, atau smooties buah supaya lebih nikmat.


3. Jangan berlebihan

Meski sehat, ingat kalau ada kandungan lainnya dalam cokelat, misalnya lemak yang apabila dikonsumsi secara berlebihan tidak baik untuk tubuh kita.

4. Perhatikan waktu makan cokelat

Karena mengandung kafein, sebaiknya kita tidak makan cokelat di sore atau malam hari, ya. Terlalu banyak kafein bisa menganggu waktu tidur kita, lo.

5. Pahit sedikit tidak masalah

Dark chocolate atau cokelat hitam memang agak pahit. Namun, itu bukan masalah, itu justru baik untuk kesehatan. (WLD/*)

- Advertisement -

Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

Seto Mulyadi

Pemerhati Anak

TERKINI

OPINI : Korean Wave, Panutan Anak Jaman Now

FAJARPENDIDIKAN.co.id - "Army……!!! We love you! You're the best!!" begitu pekikan BTS diatas panggung saat konser. Penontonnya? Jangan tanya, bejibun. Fansnya ini...

SMA Islam Athirah 1 Makassar Gelar ‘Character Building’ Bagi Peserta Didik Kelas X

FAJARPENDIDIKAN.co.id - SMA Islam Athirah 1 Makassar menggelar kegiatan Character Building bagi peserta didik kelas X, Rabu (28/10/2020). Kegiatan tersebut digelar secara...

Penyelengaraan Merdeka Belajar, UNM-Unima Teken MoU

Makassar,FAJARPENDIDIKAN.co.id - Universitas Negeri Makassar (UNM) melakukan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) bersama dengan Universitas Negeri Manado (UNIMA), di Ruang Senat, Menara...

Hebat! MAN 2 Bone Antar Madrasah Ungguli Sekolah Umum di Kompetisi Ini

Bone, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Madrasah hebat dan bermartabat memang julukan yang pantas melekat pada madrasah. Betapa tidak, terlihat diera millenial ini, madrasah kian naik...

Polres Bone Perbanyak Edukasi di Operasi Zebra, Tapi…

Bone, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Satuan Lalu Lintas Polres Bone menggelar Operasi Zebra 2020 selama 14 hari, yakni sejak 26 Oktober hingga 8 November 2020...

REKOMENDASI