Apa itu Proyek Blue Lock? Trending Setelah Jepang Libas Jerman 2-1 Piala Dunia 2022

Proyek Blue Lock saat ini menjadi pembahasan hangat usai Timnas Jepang berhasil memahat sejarah baru dengan melibas Timnas Jerman di Piala Dunia 2022 Qatar pada laga pertama penyisihan grup.

Publik sepak bola dibuat penasaran dengan proyek Blue Lock. Namun bagi pencinta anime dan manga pasti sudah akrab sekali dengan Blue Lock, karena sesungguhnya Blue Lock adalah judul anime yang diadaptasi dari manga berjudul sama dan baru-baru dirilis.

Jadi apa itu proyek Blue Lock? Dalam anime dan manga besutan Muneyuki Kaneshiro dan Yusuke Nomua itu dijelaskan proyek Blue Lock adalah program pencarian striker nomor satu Timnas Jepang.

Tersingkirnya Timnas Jepang di Piala Dunia 2018 membuat Pemerintah Jepang merasa prestasi Timnas Jepang di Piala Dunia sangat sulit untuk menembus gelar juara.

- Advertisement -

Kemudian pemerintah bersama Federasi Sepak Bola Jepang memutuskan untuk membuat proyek Blue Lock ini, yaitu mencari striker dengan mengumpulkan 300 striker usia muda kemudian dikarantina dalam satu gedung dengan fasilitas lengkap.

BACA JUGA :   Spanyol Vs Jerman: Prediksi, Line Up, H2H, Jadwal & Analisis Pertandingan

Manga Blue Lock sudah memiliki 21 volume sejak pertama kali diterbitkan pada tahun 2019. Untuk edisi terbarunya, akan terbit bulan Desember.

Manga yang bercerita tentang pelatih Ego Jinpachi dan misinya mencari striker ini juga sudah dibuatkan serial animasi sejak bulan Oktober dan telah merilis tujuh episode.

Saat ini publik sepak bola sedang ramai mengait-ngaitkan keberhasilan Timnas Jepang merobek gawang Timnas Jerman 2 – 1 dengan popularitas Blue Lock.

Menariknya, jersey yang dipakai oleh tim yang berjulukan Samurai Biru itu adalah hasil sentuhan tangan kreatif kreator atau mangaka dari Blue Lock yakni Muneyuki Kaneshiro dan Yusuke Nomura.

Tentunya hal ini akan membuat jersey Timnas Jepang tercatat dalam sejarah dunia sepak bola Jepang dan juga dunia anime.

Bahkan bocoran desain jersey Timnas Jepang pun muncul di sampul kedua manga tersebut. Jersey Timnas Jepang didominasi warna biru sesuai dengan julukannya, Samurai Biru dengan desain origami yang menyerupai burung bangau seperti lambang federasi sepak bola negara Matahari Terbit itu.

BACA JUGA :   Alasan Mengapa Alkohol Dilarang di Piala Dunia 2022 Qatar

Sejarah Timnas Jepang di Piala Dunia

Sebagai salah satu perwakilan Benua Kuning di Piala Dunia, Timnas Jepang memulai debutnya pada tahun 1998 dan perjuangan Tim Samurai Biru harus terhenti di babak penyisihan. Sejak 1998 sampai saat ini Jepang selalu lolos Piala Dunia.

Kemudian di Piala Dunia 2002 Jepang dan Korea Selatan menjadi tuan rumah. Dan berhasil menembus babak 16 besar.

Prestasi tertingginya adalah lolos fase knockout di 16 besar sebanyak tiga kali: 2002, 2010, dan 2018.

Meski belum terlalu banyak mengantongi prestasi di ajang bergengsi dunia empat tahunan itu, prestasi Skuad Jepang di level Asia perlu diperhitungkan. Tercatat sudah empat kali menjuarai Piala Asia dan menjadi tuan rumah pada tahun 1992.

Bagikan

BACA JUGA:

25 Daftar Pemain Timnas Wales di Piala Dunia 2022 Qatar

Artikel ini berisi daftar Skuad Wales di Piala Dunia 2022, profil pelatih, jadwal timnas Wales di Piala Dunia 2022. Skuad timnas Wales di kenal dengan...

Top Skor, Hasil dan Klasemen Piala Dunia 2022: Samurai Biru Menggila, Jerman Tersingkir

Update hasil, klasemen, dan top skor Piala Dunia 2022 per 2 Desember 2022. Laga ketiga grup E dan F Piala Dunia 2022 telah usai....

Skuad Qatar Piala Dunia 2022: Profil, Jadwal & Pelatih

Artikel ini berisi daftar Skuad Senegal di Piala Dunia 2022, profil pelatih, jadwal timnas Qatar di Piala Dunia 2022. Sebagai tuan rumah, Timnas Qatar langsung...

Swiss Vs Kamerun : Prediksi, Line Up, Pelatih dan Live Streaming

Swiss dan Kamerun bertemu untuk pertama kalinya pada hari Kamis, saat kedua negara memulai Grup G Piala Dunia 2022 yang sangat kompetitif. Swiss datang ke...

Skuad Ekuador Piala Dunia 2022: Profil, Jadwal & Pelatih

Artikel ini berisi daftar Skuad Ekuador di Piala Dunia 2022, profil, pelatih, jadwal timnas Ekuador di Piala Dunia 2022. Rangking FIFA per Agustus 2022, Ekuador...

POPULER