Penyegaran SMM ISO 9001:2015, FKM Jadi Role Model di Unhas

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) menggelar Pelatihan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 bagi pejabat struktural dan tenaga kependidikan di lingkup FKM Unhas. Kegiatan ini berlangsung di Ruang Senat selama dua hari, pada tanggal 28 Februari – 01 Maret 2019.

Menurut panitia, kegiatan ini dimaksudkan sebagai penyegaran pengetahuan peserta terkait sistem manajemen mutu ISO 9001 dari versi 2008 ke 2015. “Peserta terdiri atas 17 orang dosen dan 18 orang tenaga kependidikan. Kita berharap melalui penyegaran ini peserta mendapatkan informasi dan semangat baru demi meningkatkan mutu proses yang lebih baik,” harap Muhammad Rachmat.

Prof Dr Nunuk Hariani Soekamto, MS sebagai Ketua Tim Sekretariat ISO Universitas, yang juga merupakan Guru Besar Fakultas MIPA Unhas menjadi pembicara dalam kegiatan tersebut.

- Iklan -
Baca Juga:  Buka Puasa Bersama KPI Macquarie Jadi Ruang Berjumpa Komunitas Muslim Indonesia di Sydney

Ia mengapresiasi kegiatan ini, mengingat pentingnya meningkatkan kepuasan pelanggan, dalam hal ini mahasiswa, dosen, alumni dan stakeholder yang berimplikasi pada peningkatan mutu FKM khususnya dan Unhas pada umumnya.

“Hal ini memerlukan komitmen pimpinan dan itu telah ditunjukkan dengan dilakukannya penyegaran rutin di FKM Unhas,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Prof Dr Ir Ambo Tuwo, DEA sebagai pemateri kedua, banyak berbagi pengalaman saat menerapkan SMM ISO 9001 di Program Pascasarjana Unhas, sehingga berhasil mendapatkan sertifikasi pada tahun 2009.

- Iklan -

Ia berpesan agar setiap orang yang terlibat dalam menajemen bekerja secara ikhlas. “Penerapan sistem manajemen mutu membutuhkan pengorbanan. Karena itu, bekerjalah dengan ikhlas agar Tuhan akan membalasnya dengan kebaikan-kebaikan yang tidak terduga,” pesan Prof Ambo.

Baca Juga:  Buka Puasa Bersama KPI Macquarie Jadi Ruang Berjumpa Komunitas Muslim Indonesia di Sydney

Ia juga menjelaskan tentang hal-hal baru dalam ISO 9001:2015. FKM Unhas diharapkan menjadi role model bagi fakultas lain dalam menyelenggarakan kegiatan pelatihan ISO 9001:2015.

Sementara itu, Dekan FKM Unhas, Dr Aminuddin Syam, SKM., MKes., M Med Ed., mengatakan bahwa Pelaksanaan ISO setiap semester bertujuan untuk memotret  proses pelaksanaan aktivitas administratif  sivitas akademika FKM unhas.

- Iklan -

“Dengan pelaksanaan ISO,  assesor diharapkan mampu memberikan rekomendasi kepada  manajemen fakultas untuk perbaikan dan kesempurnaan administrasi sehingga bisa tercipta budaya mutu bagi setiap pelaksana di tingkat fakultas,” tutup Aminuddin Syam. (FP)

 

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU